5 Jenis Oli Motor di Indonesia & Wajib Kamu Tahu, Apa Pentingnya?

Jenis Oli Motor – Ada begitu banyak hal yang bisa kita pelajari saat bicara tentang otomotif, khususnya sepeda motor. Selain urusan desain, modifikasi, fitur dan juga berbagai macam kelengkapannya. Ternyata membahas motor pun akan merambah ke berbagai macam peripheral lainnya jika memang kita menginginkannya.

Hal tersebut karena di dalam sistem kerja sepeda motor ada berbagai macam komponen lengkap dengan pendukungnya. Dan untuk kesempatan yang baik ini, otoflik akan membagikan pembahasan mengenai jenis jenis oli motor yang ada di Indonesia dan mungkin perlu kalian pahami.

Karena setiap jenis oli motor pun punya fungsi dan peruntukannya masing-masing. Jadi jangan anggap bahwa semua oli motor sama saja. Sedikit kami ingatkan, bahwa oli motor merupakan juga termasuk salah satu komponen yang punya peran penting di dalam kinerja mesin motor.

Dimana fungsi utamanya sebenarnya sama saja dengan fungsi oli pada mesin mobil. Yakni untuk memberi pelumasan pada bagian-bagian mesin motor yang saling bersinggungan. Tujuannya agar kinerja mesin dapat maksimal meski digunakan secara terus menerus.

Jenis Jenis Oli Motor Terlengkap Beserta Penjelasannya

Jika motor tidak memiliki oli, maka akan ada banyak sekali masalah yang timbul. Mulai dari motor mati mendadak, tidak bisa dihidupkan atau bahkan MESIN MOTOR CEPAT PANAS. Untuk itulah mengganti oli secara berkala menjadi hal paling penting, namun pastikan dulu bahwa kalian juga tahu jenis jenis oli motor.

Pentingnya Tahu Jenis Oli Motor

Pentingnya Tahu Jenis Oli Motor

Memiliki peruntukan atau fungsi yang sama, akan tetapi bila kita lihat secara mendetail, ternyata ada perbedaan antara oli motor jenis satu dengan jenis lainnya. Hal ini serupa layaknya JENIS OLI MOBIL yang sudah pernah kami sampaikan sebelumnya.

Bicara mengenai jenis oli, secara spesifik sebenarnya oli motor di Indonesia punya beberapa jenis dan macamnya. Beberapa di antaranya seperti oli sintetik, semi sintetik, mineral, dan oli full sintetik ester. Dari semua jenis tersebut sebenarnya punya fungsi dan kelebihan kekurangannya masing-masing.

Maka dari itu sesuai judul pembahasan di atas, di bawah ini akan otoflik rangkum secara detail apa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis oli motor tersebut. Namun sebelum itu, sebagai pengguna memahami pentingnya tahu jenis oli pun sangat bermanfaat. Alasannya :

  1. Dapat dengan mudah jenis oli mesin motor yang tepat dan pas untuk digunakan pada mesin roda dua kalian.
  2. Pemilihan oli motor yang tepat akan dapat membuat kinerja mesin semakin maksimal.
  3. Meminimalisir overheat terjadi pada mesin ketika memakai jenis oli yang tepat dan pas.
  4. Selain itu juga dapat membuat setiap komponen di dalam rangkaian mesin motor jauh lebih awet dan tahan lama.
READ  65 Harga Oli Motul Samping Matic Motor & Mobil Murah Terbaru 2021

Jenis Oli Motor di Indonesia

Setelah memahami betapa pentingnya mengetahui jenis oli pada sepeda motor terutama untuk oli mesin seperti di atas otoflik.com sampaikan. Ada beberapa jenis oli yang bisa kalian pahami dan ketahui. Apa saja itu? berikut sudah kami rangkum secara spesifik mengenai jenis oli pada sepeda motor terutama untuk oli mesin.

Oli Sintetik

Oli Sintetik

Jenis oli yang umum dan mudah kita temui di pasar Indonesia untuk memberi pelumasan pada komponen mesin motor adalah “Oli Sintetik”. Sebagai info tambahan, pelumas jenis ini pertama kali di kembangkan ole Dr. Hermann Zorn serta Dr. WA Zisman bertempat di Amerika Serikat beberapa tahun lalu.

Secara spesifik jenis oli ini merupakan pelumas bertipe artifisial yang dalam pembuatannya memanfaatkan formula terbaru. Oli sintetik sendiri umumnya terdiri dari poly alpha olefin yang merupakan hasil paling dan paling bersih dari oli mineral yang ada.

Kelebihan utama oli jenis ini yakni bebas kandungan karbon reaktif yang bisa saja membuat acid atau asam.  Selain bebas dari kandungan karbon reaktif, ternyata oli sintetik juga bebas dari kandungan sulfur, logam serta oksigen. Selain itu juga sangat sulit menguap dan menjadikan suhu mesin stabil.

Oli Semi Sintetik

Oli Semi Sintetik

Kemudian jenis oli motor yang berikutnya harus dan wajib kalian pahami yakni jenis oli semi sintetik (synthetic blend oil). Dalam pembuatannya jenis oli ini mengaplikasikan oli mineral atau oli yang berada di dalam kandungan minyak bumi serta oli sintetik.

Dicampurnya dua jenis oli tersebut dilakukan dengan adanya perhitungan perbandingan. Hanya saja jenis ini membuat harga oli mesin motor ini tergolong mahal. Secara garis besar kandungan oli semi sintetik sendiri tidaklah jauh berbeda dengan oli jenis sintetik.

READ  8 Penyebab Oli Motor Cepat Habis : Ciri & Tips Cara Mengatasi

Kelebihan utama dari jenis oli ini yakni memiliki kemampuan dengan sangat baik dalam hal kestabilanya. Tidak hanya itu,  renge viskositas yang bisa di dapat dari OLI MOTOR TERBAIK ini juga cukup luas baik pada suhu rendah ataupun suhu tinggi serta punya kadar penguapan rendah.

Oli Full Sintetik Ester

Oli Full Sintetik Ester

Nah khusus untuk para pecinta motor balap, tentunya mendengar jenis oli full sintetik ester sudah tidak lagi asing. Karena sangat direkomendasikan bagi motor yang selalu di geber performanya menjadikan dan memilih jenis oli motor ini sebagai pilihannya.

Bukan tanpa sebab, hal ini karena pelumas full sintetik ester dapat mengakomodir dengan baik saat mesin dalam kondisi rpm tinggi serta membuatnya tetap stabil. Nah oli full sintetik ester sendiri masuk dalam jenis oli motor terbaik karena punya base oli tingkat tertinggi.

Salah satu kelebihan utama jenis oli motor full sintetik ester sendiri benar-benar mampu meminimalisir tingkat keausan pada komponen mesin motor. Bahkan keausan ini bisa dipastikan tidak akan terjadi. Memakai jenis oli ini secara otomatis saat mesin mulai di deber oli akan bekerja secara maksimal.

Oli Mineral

Oli Mineral

Dan jenis oli mesin motor yang terakhir bisa kalian pahami adalah oli berjenis mineral. Dimana jenis oli ini memiliki base pembuatan dari mineral langsung atau langsung dari minyak bumi murni. Untuk menyempurnakannya, jenis oli ini juga ditambah adanya zat aditif.

Diberikannya kandungan zat aditif pada jenis pelumas motor ini akan dapat  menjadikan oli memiliki tingkatan viskositas kurang stabil saat menghadapi suhu mesin yang tinggi. Tak heran apabila jarang sekali motor memakai jenis oli ini.

Penggunaan oli mineral sendiri lebih cocok dan lebih diperuntukan bagi para pengguna motor baru yang sedang melakukan INREYEN. Kenapa demikian, karena semua kandungan di dalam oli motor ini tidak mudah membuat kikisan pada komponen mesin.

Akhir Kata

Sekian dulu informasi mengenai jenis oli motor yang ada di Indonesia lengkap dengan penjelasan masing-masing jenis dan juga kelebihan serta kekurangan tiap-tiap jenis oli yang ada. Semoga apa yang sudah otoflik tulis di atas bisa menjadi referensi menarik serta bermanfaat bagi kalian yang sedang mempelajari jenis-jenis oli pada sepeda motor.

Tags: ,