7 Penyebab Ring Piston Motor Cepat Aus : Gejala & Cara Mengatasi

Penyebab Ring Piston Motor Cepat Aus – Sepeda motor memiliki cukup banyak bagian penting serta vital terutama pada sektor mesin atau jantung pacunya. Semua bagian vital tersebut sudah seharusnya dijaga  serta dirawat kondisinya untuk tetap membuat motor mendapatkan performa maksimal.

Advertisements

Dari sekian banyaknya komponen penting di dalam dapur pacu motor, tentu kita semua sepakat bahwa Piston merupakan salah satu bagian paling berharga di dalam sebuah mesin. Dan di dalam piston sendiri masih ada beberapa komponen penting lain memiliki peran cukup vital untuk keberlangsungan jantung pacu itu sendiri.

Tidak lain dan tidak bukan komponen yang otoflik maksud adalah ring piston. Memiliki bentuk seperti cincin serta tipis dan berlapis. Namun perannya di dalam jantung pacu motor terbilang sangat besar. Karena selain sebagai penahan oli agar tidak masuk ke ruang bakar,

Advertisements

Ring piston sendiri menjadi satu bagian dengan peran penting untuk menjaga kompresi agar tetap utuh. Sehingga tenaga dihasilkan tidak hilang. Untuk membuatnya tetap terjaga, maka kondisi ring piston harus benar-benar dijaga agar tidak aus & cepat rusak.

Penyebab Ring Piston Motor Cepat Aus dan Rusak

 

Nah bicara mengenai aus dan rusaknya ring piston pada sepeda motor memang banyak faktor menjadi penyebab. Nah apa saja kiranya faktor penyebab – penyebab ring piston motor cepat aus? Berikut akan otoflik rangkum serta beritahukan apa saja penyebab kondisi ring piston motor cepat aus.

Penyebab Ring Piston Motor Cepat Aus

Seperti kami singgung di atas, ada cukup banyak faktor penyebab membuat ring piston motor cepat aus. Apa saja kiranya penyebab-penyebab tersebut serta apa saja gejala dan bagaimana cara mengatasinya, berikut kami rangkum serta jelaskan di bawah ini.

1. Penggunaan Oli Mesin Tidak Tepat

Penggunaan Oli Mesin yang Tidak Tepat

Penyebab ring piston cepat aus yang pertama yakni karena adanya penggunaan oli tidak tepat. Pemilihan salah atau kurang pas pada motor akan membuat banyak sekali kendala dialami meskipun penggantian sering dilakukan secara rutin.

READ  √ Ukuran Oli Shock Depan Motor : Takaran & Untung Rugi

Jika kalian menggunakan motor matic, sebaiknya simak rekomendasi OLI MESIN MOTOR MATIC terbaik telah kami sampaikan sebelumnya. Namun jika kalian menggunakan tipe motor sport maupun bebek, sebaiknya gunakan minyak pelumas standar dari merk motor yang kalian punya atau gunakan rekomendasi terbaiknya.

2. Jarang Melakukan Ganti Oli

Jarang Melakukan Ganti Oli

Selain karena pemilihan kurang tepat, ternyata jarang melakukan penggantian oli pun juga menjadi salah satu penyebab ring piston cepat aus. Maka dari itu, seringkali kami sampaikan. Sebagai pemilik sepeda motor, kalian wajib melakukan penggantian setiap bulan atau dua bulan sekali secara rutin.

Pasalnya bukan hanya akan berdampak pada ring piston, jarang melakukan penggantian minyak pelumas juga membuat kondisi dapur pacu akan sering bermasalah. Termasuk MATI MENDADAK, sulit dihidupkan atau bahkan permasalahan lainnya.

3. Mesin Sering Overheat

Mesin Sering Overheat

Advertisements

Selain dari dua penyebab di atas, ternyata penyebab lain kondisi ring piston sering aus juga dikarenakan mesin terlalu overheat atau panas berlebih saat digunakan. Padahal dengan membiarkan mesin overheat, akan membuat performa menurun.

Kenapa? karena saat terjadi panas berlebih komponen bekerja dan memanas otomatis akan mengalami pemuaian. Sehingga akan membuat kinerja ring piston semakin berat serta membuatnya mengalami gesekan lebih berat sehingga lama-lama akan terkikis sera membuatnya aus.

Gejala & Ciri Ring Piston Motor Aus

Di atas merupakan penyebab ring piston motor cepat aus seringkali dialami pengguna motor. Nah pertanyaannya, apa sih yang menjadi indikator atau gejala yang menunjukan ring piston motor aus tanpa kita harus bongkar terlebih dahulu?

1. Keluar Asap Putih

Keluar Asap Putih

Keluarnya asap putih saat motor mulai dihidupkan dan akan terasa lebih tebal jika digeber. Jadi jika kondisi seperti ini tetap kalian biarkan, maka akan banyak dampak lain yang terkena. Termasuk akan membuat komponen lainnya rusak serta harus turun mesin.

Keluarnya asap putih sendiri diakibatkan karena oli masuk ke ruang bakar serta ikut terbakar. Hal ini jelas karena adanya kebocoran pada bagian ring piston. Jadi sebaiknya segera tangani masalah ini ke bengkel-bengkel langganan kalian.

READ  4 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi & Cara Mengatasi 2021

2. Suara Mesin Kasar

Suara Mesin Kasar

Motor kalian saat dihidupkan terasa kasar bunyi mesinnya? hati-hati, itu bisa jadi dikarenakan kondisi ring piston yang aus dan mulai rusak atau lemah. Sebaiknya segera benahi masalah tersebut serta cari tahu penyebabnya dengan cara membawanya ke bengkel.

Karena dengan adanya suara kasar keluar dari dapur pacu akan membuat kenyamanan berkendara tidak akan maksimal. Apalagi ketika motor digunakan untuk jarak jauh, tentu hal ini akan sangat mengganggu sekali.

3. Oli Motor Cepat Habis

Oli Motor Cepat Habis

Pernah tidak sih kalian mengalami OLI MOTOR CEPAT BANGET HABIS padahal belum lama baru di ganti dengan yang baru. Nah jika kalian pernah mengalami masalah seperti ini bisa jadi karena disebabkan oleh kondisi ring piston yang aus.

Kenapa bisa begitu, tentunya karena minyak pelumas seharusnya tetap berada di dalam ruang mesin untuk memberi pelumasan pada komponen ternyata terbawa dan masuk ke dalam ruang bakar sehingga sedikit-demi sedikit akan berkurang dan habis.

Cara Mengatasi Ring Piston Motor Cepat Aus

Cara Mengatasi Ring Piston Motor Cepat Aus

Itu dia beberapa penyebab ring piston motor cepat aus serta gejala yang sering muncul ketika kondisi ring piston mulai tidak normal. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah agar kondisi ring piston motor tidak cepat aus atau bahkan rusak?.

  1. Pastikan selalu rutin mengganti oli mesin motor kalian sesuai dengan buku pedoman perawatan yang ada di dalam paket penjualan.
  2. Memastikan menggunakan oli mesin yang cocok untuk tipe motor kalian.
  3. Sering-seringlah memelihara bagian sistem pendingin motor baik itu air radiator, filter maupun yang lainnya agar sistem pendingin mesin bekerja dengan maksimal.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat otoflik.com rangkum serta sampaikan terkait penyebab ring piston motor cepat aus dan rusak beserta penjelasan gejala atau ciri ciri serta cara mengatasi ring piston cepat aus. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi yang menarik untuk kalian simak.

Advertisements

Tags: , ,