7 Cara Merawat Mesin Diesel Turbo Biar Makin Bertenaga & Awet

Cara Merawat Mesin Diesel Turbo – Sampai dengan saat ini mesin mobil dengan bahan baka gasoline memang menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang, akan tetapi masih banyak juga orang lebih suka dengan menggunakan mobil mesin diesel. Bahkan dengan semakin berkembangmya teknologi seperti sekarang ini ada beberapa tipe kendaraan telah menggunakan mesin diesel turbo, dimana di klaim mampu menghasilkan tenaga lebih power full tetapi irit bahan bakar.

Advertisements

Wajib kalian ingat bahwa mobil dengan mesin diesel turbo wajib mendapat perawatan secara maksimal, pasalnya pada komponen tersebut lebih mudah panas dikarenakan putaran turbin sangat cepat hingga 10.000 rpm kurang lebihnya. Oleh karena itu kami sangat menyarankan agar selalu cek oli mesin apakah masih bagus atau sudah tidak layak dipakai, sebab fungsi dari oli tersebut untuk mendinginkan mesin diesel turbo.

Pada komponen turbo diesel  perlu mendapat perawatan agar performa yang dihasilkan tetap terjaga, jika kalian mengabaikan hal tersebut maka dapat menyebabkan turbo cepat panas dan bahkan membuat oli mesin akan keluar. Tentu hal seperti ini tidak ingin terjadi pada kendaraan kesayangan kalian semua bukan ? Maka dari itu rawat dengan benar agar turbo awet, adapun cara merawat mesin turbo sangat simpel sama seperti CARA MERAWAT RADIATOR MOBIL serta beberapa komponen lain pada sebuah kendaraan.

Advertisements

Meskipun beberapa MOBIL DIESEL TERBAIK sudah menggunakan teknologi yang canggih, tetapi pengguna wajib untuk melakukan perawatan tidak hanya pada saat melakukan service rutin saja. Selain melakukan service secara rutin, kalian juga harus merawat beberapa komponen lain yang diharuskan dilakukan sendiri seperti pengecekan oli mesin dan beberapa tahap tahap lainnya yang akan Otoflik.com ulas pada pertemuan kali ini.

READ  √ Kopling Mobil Keras ? Ini Dia Penyebab dan Solusinya

Cara Merawat Mesin Diesel Turbo Biar Makin Bertenaga Awet

Dalam merawat mesin diesel turbo tidak memakan waktu sangat lama, bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja kok dan untuk mengetahui bagaimana cara merawat mesin diesel turbo yang benar seperti apa. Dibawah ini kami sudah menyiapkan ulasan mengenai langkah apa saja untuk merawat mesin turbo pada kendaraan, agar lebih jelasnya langsung saja simak sebagai berikut.

Fungsi Mesin Diesel Turbo

Fungsi Mesin Diesel Turbo

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, terlebih dahulu menjelaskan fungsi utama dari mesin diesel turbo dengan tujuan agar kalian paham dan bisa memperhitungkan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam merawat mesin diesel turbo. Karena tidak mungkin jika merawat mesin turbo tanpa harus mengetahui terlebih dahulu fungsinya, jika terjadi seperti demikian bukan menjadi awet malah tambah rusak.

Fungsi mesin diesel turbo untuk menekan gas masuk agar menuju ke dalam ruang silinder dan nantinya akan di putarkan oleh turbin , dimana nantinya akan memanfaatkan dari gas buang. Gas buang terbut akan memutarkan turbin dan menghisap udara dari box filter agar menuju ke intek. Sekiranya itu penjelasan mengenai fungsi utama dari mesin diesel turbo yang sudah dibawakan pada beberapa kendaraan terbaru.

Cara Merawat Mesin Diesel Turbo

Lalu berlanjut ke pembahasan utama yakni cara merawat mesin diesel turbo, diatas juga telah dijelaskan  dalam merawat turbo pada mobil cukup sederhana dan bisa dilakukan sendiri. Kira kira apa saja harus dilakukan ? Untuk menjawab rasa penasaran kalian, silahkan simak langsung sebagai berikut.

1. Service Rutin

1 Service Rutin

Cara merawat mesin diesel turbo harus dilakukan pertama ialah lakukan service secara rutin baik itu lewat bengkel resmi dari jenis kendaraan kalian, atau tidak di bengkel langganan. Pada saat service, informasikan kepada mekanik untuk melakukan pengecekan turbo agar mengetahui kondisinya masih oke atau tidak.

Advertisements

2. Selalu Cek Kualitas Oli

2 Selalu Cek Kualitas Oli

Lalu berlanjut cara merawat mesin diesel turbo yang kedua selalu cek oli mesin apakah masih cukup dan masih berkualitas bagus. Jika oli sudah kental dengan warna hitam serta oddo meter menunjukan untuk melakukan pergantian oli, maka segara ganti oli tersebut.

READ  6 Cara Membersihkan Karburator Motor yang Baik dan Benar

3. Teratur Melakukan Ganti Oli

3 Teratur Melakukan Ganti Oli

Ada kalanya untuk melakukan pergantian oli secara rutin meskipun oli pada mesin turbo masih banyak, bahkan banyak orang lebih menyarankan untuk melakukan pergantian oli sebelum habis dan mengental warna hitam. Hal ini bertujuan agar komponen pada turbo diesel tetap bekerja dengan sempurna.

4. Selalu Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

4 Selalu Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Tips merawat mesin diesel turbo yang selanjutnya adalah selalu panaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan dengan tujuan agar pelumas pada mesin kendaraan menyebar ke seluruh bagian bagian terkecil sekalipun. Untuk memanaskan mesin mobil tidak terlalu lama, 5 menit saja sudah cukup baik itu kendaraan mau digunakan ataupun tidak digunakan.

5. Rutin Bersihkan Filter Udara

5 Rutin Bersihkan Filter Udara

Selanjutnya selalu rutin membersihkan filter udara turbo diesel, bisa dilakukan 1 bulan sekali atau dua bulan sekali tergantung dari pemakaian kendaraan setiap harinya. Jika kendaraan sering digunakan untuk bepergian, maka wajib membersihkan satu bulan sekali atau setiap kali service rutin filter udara juga dibersihkan.

6. Pakai Bahan Bakar Sesuai

6 Pakai Bahan Bakar Sesuai

Penggunaan bahan bakar juga harus sesuai dengan ketentuan, itu tidak hanya membuat performa mesin semakin bertenaga saja. Didalam mesin mobil juga terjaga kebersihannya, hal itu dikarenakan menggunakan bahan bakar standar sesuai dengan anjuran dari pabrik.

7. Rutin Cek Kualitas Bahan Bakar

7 Rutin Cek Kualitas Bahan Bakar

Lalu tips merawat mesin diesel turbo ialah selalu mengecek kualitas bahan bakar yang digunakan pada kendaraan kalian, meskipun terbilang cukup sepele. Namun sangat berdampak bagus terhadap mesin diesel turbo pada mobil kalian, jadi jangan beranggapan hal sepele pada mesin mobil.

Akhir Kata

Nah seperti itulah pembahasan lengkap mengenai tips dan cara merawat mesin diesel turbo pada mobil kesayangan beserta fungsi utama turbo diesel yang bisa Otoflik.com sampaikan kepada anda semua. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua sedang membutuhkannya.

Advertisements

Tags: , ,