√ Alarm Mobil Bunyi Terus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Alarm Mobil Bunyi Terus – Semakin tinggi tingkat kriminal yang ada sekarang ini membuat kita sebagi pemilik mobil untuk terus berhati-hati. Bukan hanya menjaga diri dari berabgai macam tindakan kejahatan yang ada di jalanan. Kita juga perlu melakukan penjagaan terhadap mobil kita.

Hal tersebut karena mobil sendiri menjadi salah satu aset berharga karena harganya yang mahal. Oleh karena itu tidak semua orang bisa memiliki mobil sebagai sarana transportasi pribadi. Bicara soal keamanan mobil, saat ini kita bisa menerapkan sistem alarm pada mobil untuk berjaga-jaga.

Penggunaan alam mobil menjadi salah satu tindakan yang paling tepat untuk menjaga mobil dari tindak kejahatan. Karena ketika ada sesuatu yang tidak beres otomatis alarm akan langsung berbunyi. Namun pernah tidak kalian mengalami masalah pada alarm mobil seperti alarm bunyi terus?.

Masalah tersebut mungkin bukanlah hal baru dalam dunia otomotif. Akan tetapi ketika masalah alarm mobil bunyi terus tentu cukup menyebalkan. Karena kita tahu bahwa suara alarm mobil sendiri sangatlah keras dan hanya bisa berhenti apabila kita mematikannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

Penyebab dan Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

Jika saat ini kalian sedang mengalami hal tersebut, tidak usah merasa khawatir. Karena sesuai dengan judul diats kali ini otoflik akan membagikan informasi mengenai penyebab dan juga cara mengatasi alarm mobil bunyi terus. Jadi silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Alarm Mobil Bunyi Terus

Meski fungsinya cukup penting untuk membantu sistem keamanan mobil. Terkadang alarm yang bunyi terus juga membuat kita sedikit kewalahan dan kerepotan. Belum lagi ketika sedang berada jauh dari mobil. Lantas apa saja sih yang menjadi penyebab alarm mobil bunyi terus.

1. Sensor Pintu Tidak Berfungsi

Sensor Pintu Mobil Tidak Berfungsi

Salah satu penyebab mengapa alarm mobil selalu bunyi terus menerus adalah sensor pintu tidak berfungsi. Jika sensor mobil tersebut mengalami masalah atau bahkan rusak tentu saja membuat sensitivitas mobil menjadi sangat tinggi.

READ  25 Mobil Termahal di Dunia 2020 Sepanjang Masa Tercanggih

Bahkan ketika sensor pintu mobil tidak berfungsi, maka bukan hanya alarm mobil saja yang akan error, melainkan juga saklar lampu dibagian pintu juga tidak bisa bekerja dengan semestinya. Hal ini otomatis akan membuat alarm mobil selalu bunyi terus menerus.

2. Pintu Mobil Terbuka

Pintu Mobil Terbuka

Bukan hanya dikarenakan sensor pintu yang sudah tidak berfungsi, penyebab lain yang membuat alarm mobil terus menerus bunyi meski tidak ada faktor apapun juga bisa disebabkan karena pintu mobil yang tidak tertutup dengan rapat.

Meski terdengar sepele, terkadang banyak orang yang tidak menutup pintu mobil dengan rapat. Hal ini tentunya akan membuat sensor yang ada mengirimkan sinyal ke bagian sistem keamanan, sehingga alarm mobil pun akan bunyi. Jadi pastikan sebelum meninggalkan mobil pintu harus tertutup rapat.

3. Komponen Alarm Rusak

Komponen Alarm Rusak

Penyebab yang berikutnya juga bisa di karenakan oleh komponen alarm yang rusak. Ini memang tidak selalu terjadi pada semua jenis alarm mobil. Namun tidak sedikit orang yang mengalami hal ini karena disebabkan oleh sebaian komponen alarm ada yang sudah rusak.

Rusaknya komponen alarm sendiri disebabkan oleh banyak sekali faktor, seperti halnya kualitas alarm yang memang tidak bagus. Atau juga bisa dikarenakan masa pakai serta pemasangan yang tidak baik.

Jika karena pemasangan tidak baik, coba simak panduan cara pasang alarm mobil yang sudah pernah otoflik.com sampaikan. Pastikan ikuti semua langkah-langkah yang ada sesuai dengan informasi yang ada agar hasil maksimal.

4. Baterai Central Lock Habis

Baterai Central Lock Habis

Lalu penyebab alarm mobil bunyi terus menerus yang berikutnya adalah kondisi baterai central lock habis. Jika kondisi tersebut tengah kalian alami, maka sebaiknya segera melakukan penggantian baterai.

Karena jika kondisi seperti ini kalian biarkan maka alarm pun akan terus berbunyi hingga kalian membuka pintu mobil secara manual. Jadi pastikan selalu periksa kondisi baterai central lock yang ada pada remot alarm mobil.

5. Sensor Kap Mesin Rusak

Sensor Kap Mesin Rusak

Untuk sebagian jenis mobil baru yang ada saat ini hampir rata-rata sudah dilengkapi dengan sebuah sensor pada bagian kap mesin. Jika sensor tersebut rusak maka sistem alarm akan mengeluarkan bunyi sebanyak 3 kali atau bahkan lebih.

READ  32 Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil Lengkap dan Paling Benar 2020

Meski bukan merupakan alarm keamanan, akan tetapi sistem alarm ini akan cukup membantu para pemilik mobil untuk terus memperhatikan bagian-bagian mobil yang ada. Dengan begitu kondisi mobil pun akan terus terawat.

Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

Diatas merupakan beberapa penyebab yang membuat sistem alarm mobil bunyi terus meski tidak ada faktor mencurigakan. Nah setelah mengetahui beberapa penyebabnya, lalu bagaimana cara mengatasi alarm mobil yang bunyi terus baik siang hari, tengah malam atau saat distarter.

1. Rubah ke Mode Silent

Ada beberapa metode atau cara mematikan alarm mobil yang bunyi terus menerus. Salah satu metode tersebut adalah dengan merubah atau mengganti mode yang ada pada central lock ke mode silent.

Dengan merubah ke mode silent tentunya akan membuat alarm tidak akan bunyi hingga kalian kembali merubah ke mode normal. Jika tidak segera kalian lakukan maka tentu saja akan membuat suara alarm mengganggu banyak orang.

2. Ganti Baterai Remot

Seperti diatas kami jelaskan, salah satu penyebab alarm mobil bunyi terus menerus adalah karena baterai remot central lock sudah mau habis atau bahkan sudah habis.

Satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan ketika mengalami hal tersebut tentunya dengan mengganti baterai remot central lock tersebut. Dan pastikan saat menggantai gunakan baterai dengan tipe dan jenis yang sesuai agar remot bisa berfungsi kembali.

3. Lakukan Cara Manual

Cara mematikan alarm mobil yang bunyi terus menerus seperti pada mobil Toytota Avanza ataupun jenis mobil lainnya juga bisa dilakukan dengan cara manual. Cara ini merupakan cara paling mudah dilakukan.

Dimana kalian hanya perlu membuka pintu mobil secara manual menggunakan kunci kontak. Setelah itu segera masukan kunci kontak ke dalam lubang starter lalu bokak-balik kunci dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali. Pastikan kalian melakukannya secara cepat.

Demikian kiranya informasi yang dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab dan cara mengatasi alarm mobil bunyi terus. Semoga dengan menyimak informasi diatas masalah alarm mobil bunyi secara terus menerus bisa segera kalian atasi.

Tags: , , ,