20 Jenis Sensor Pada Mobil : Fungsi dan Penjelasannya 2020

Jenis Sensor Pada Mobil – Mobil keluaran baru yang di desain dengan begitu mewah dan modern sudah di lengkapi dengan berbagai macam komponen elektronika yang akan mempermudah setiap pengoperasian mobil tersebut. Salah satu komponen yang mungkin begitu penting dari mobil-mobil modern tersebut adalah sensor mobil.

Dimana sensor-sensor tersebut terpasang begitu rapi yang akan memberikan informasi kepada setiap pengguna tentang kondisi mobil yang sedang mereka gunakan. Bahkan dalam satu rangkaian elektronik yang ada pada sebuah mobil modern, tercatat ada begitu banyak jenis sensor yang digunakan. Yang tentu saja saling berhubungan satu sama lain.

Tidak hanya akan memberikan informasi penting kepada para pengendara, adanya sensor pada mobil juga akan menambah keamanan dan juga kenyamaan saat berkendara. Dengan begitu bisa dipastikan kondisi sensor mobil yang baik tentu akan membuat semua fungsi rangkaian elektronik yang ada didalamnya bisa bekerja dengan sempurna.

Dan jika terjadi kerusakan pada salah satu sensor tersebut biasanya akan membuat sebagian rangkaian elektronik mengalami masalah. Bahkan jika kerusakan sensor terjadi pada sensor penting akan dapat membuat kinerja mobil tidak akan maksimal. Bicara mengenai sensor mobil, seperti kami sampaikan ada cukup banyak jenisnya.

Jenis Sensor Pada Mobil Beserta Fungsinya

Jenis Sensor Pada Mobil

Tentunya untuk membuat para pengguna lebih bisa menghafal apa saja sensor yang ada pada sebuah mobil modern seperti sekarang ini. Tidak ada salahnya kali ini otoflik.com rangkumkan secara rinci macam dan jenis sensor pada mobil yang harus kalian pahami. Tentunya lengkap dengan fungsinya.

Tipe-Tipe Sensor Pada Mesin Mobil

Tipe Sensor Pada Mobil

Secara umum, sensor mesin adalah alat elektronik mekanis yang akan memantau berbagai macam parameter mesin mobil. Dan pada beberapa jenis mobil, mesin menggunakan berbagai jenis sensor.

Meski ada begitu banyak jenis sensor pada mobil, namun secara umum satu rangkaian mobil terdiri dari Thermocouple, Resistance Temperature Detectore (RTDs) serta sensor Hall Effect.

Selain dari ketiga tipe sensor tersebut, sebenarnya masih ada cukup banyak jenis sensor pada mobil yang harus kalian ketahui. Maka dari itu berikut akan kami rangkumkan beberapa jenis sensor yang ada pada sebuah mobil

Jenis-Jenis Sensor Pada Mobil

1. Intake Air Temperature (IAT)

Intake Air Temperature

Jenis yang pertama adalah IAT atau Intake Air Temperature, fungsi dari sensor yang satu ini yaitu untuk mengukur suhu udara yang nantinya akan masuk kedalam intak manifold. Dan biasanya sensor ini terletak berdekatan dengan komponen filter udara.

2. Throtle Position Sensor (TPS)

Throtle Position Sensor

Kemudian sensor TPS atau Throtle Position Sensor. Yang dimana sensor ini merupakan sensor untuk mengukur sudut buka katup gas. Ketika sensor ini bekerja, maka secara otomatis sedikit banyaknya bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar telah di tentukan oleh sensor ini. Biasanya sensor ini bisa kita jumpai pada mobil modern yang sudah menggunakan sistem EFI.

READ  14 Cara Mengurus SIM Hilang Online Offline 2020 : Syarat & Biaya

3. Mass Air Flow (MAF)

Mass Air Flow

Mass Air Flow atau sering juga di sebut sensor MAF juga menjadi salah satu sensor penting pada sebuah mobil. Pasalnya sensor ini berfungsi untuk menghitung masa udara yang akan masuk kedalam intake melalui alira udara sehingga bisa dipastikan asupan udara pada ruang bakar benar-benar akan pas dan sesuai.

4. Manifold Air Pressure (MAP)

Manifold Air Pressure

MAP atau Manifold Air Pressure ini merupakan sebuah sensor yang digunakan untuk mengukur tekanan udara didalam intake manifold. Secara fungsinya, tentu saja sensor ini menggantikan vacum advancer yang ada pada bagian pengapian konvensional untuk mengatur timin  pengapian sesuai dengan beban mesin ketika bekerja.

5. Crankshaft Position Sensor (CKPs)

Crankshaft Position Sensor

Pada mobil modern untuk menentukan sistem pengapian dan sistem pengisian juga sudah dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan sensor CKPs atau Crankshaft Position Sensor yang biasanya terletak pada bagian blok mesin. Sensor ini secara umum memiliki fungsi untuk mengetahui kecepatan mesin atau RPM mesin ketika mesih dalam kondisi hidup.

6. Camshaft Position Sensor (CMPs)

Camshaft Position Sensor

Hampir sama seperti sensor CKPs, sensor CMPs atau Camshaft Position Sensor juga digunakan pada bagian camshaft namun sensor ini terletak pada bagian kepala silinder. Fungsi utama dari sensor yang satu ini adalah untuk mengetahui posisi top pada salah satu silinder yang ada pada mesin mobil tersebut.

7. Vehicle Speed Sensor (VSS)

Vehicle Speed Sensor

Bagi kalian peengguna mobil yang selalu memperhatikan kecepatan mobil saat berjalan. Maka salah satu komponen sensor pada mobil yang satu ini harus selalu terjaga kondisinya. Sensor bernama Vehicke Speed Sensor (VSS) merupakan sensor yang mungkin cukup penting keberadaannya pada unit mobil.

9. Oxygen Sensor

Oxygen Sensor

Mengetahui emisi yang di keluarkan oleh mesin mobil tentunya menjadi hal penting yang tidak boleh kita biarkan. Maka dari itu beberapa mobil modern atau mobil keluaran terbaru saat ini sudah di lengkapi dengan Oxygen Sensor untuk mendeteksi kadar oksigen didalam gas buang.

10. Oil Pressure Sensor

Oil Pressure Sensor

Oil Pressure Sensor juga menjadi salah satu komponen sensor yang cukup penting keberadaanya pada sebuah mobil. Dimana sensor ini akan mendetekni tekanan oli didalam mesin. Jadi ketika mesin sedang menyala dan tekanan oli didalam mesin berkurang, maka sensor ini akan mengirimkan peringatan lewat lampu indikator mobil.

11. Water Temperature Sensor (WTS)

Water Temperature Sensor

Selain itu ada juga sensor WTS atau Water Temperature Sensor. Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi suhu air pendingin yang mengimplementasikan suhu mesin. Sinyal dari sensor ini akan digunakan untuk menghidupkan cooling fan guna mendinginkan radiator. Dan dalam satu unit mobil biasanya terdapat dua sensor WTS yang terletak sebelum radiator dan setelah radiator.

12. Fuel Level Sensor

Fuel Level Sensor

Meski terletak jauh dari mesin, namun sensor pada mobil ini juga masih berhubungan dengan kinerja mesin. Yang dimana Fuel Level Sensor ini akan mendeteksi sedikit banyaknya jumlah bahan bakar yang ada didalam tangki bahan bakar yang kemudian sinyal dari sensor tersebut akan langsung di kirimkan ke MID dengan fuel bar.

13. Fuel Tank Pressure Sensor

Fuel Tank Pressure SensorTidak jauh berbeda dengan Fuel Level Sensor, sensor yang satu ini juga terletak cukup jauh dari mesin. Namun sensor ini bertugas cukup penting bagi pengendara, karen  sensor ini akan mendeteksi tekanan bahan bakar yang ada didalam tangki bahan bakar.

READ  4 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi & Cara Mengatasi 2020

14. Brake Pedal Sensor

Brake Pedal SensorTerlepas dari performa mesin, sensor pada mobil yang berikutnya adalah sensor Brake Pedal. Yang dimana sensor ini akan mendeteksi apakah pedal rem berada pada posisi terinjak atua bahkan tidak. Yang dimana komponen  ini biasanya begitu penting pada beberapa mobil matic. Pasalnya ketika pedal rem tidak terinjak maka mobil tidak akan bisa start.

15. Fuel Rail Pressure Sensor

Fuel Rail Pressure Sensor

Selanjutnya ada yang namanya Fuel rail Pressure Sensor. Fungsi utama dari sensor ini adalah untuk menentukan pompa tekanan tinggi yang nantinya akan digunakan untuk memompa agar tidak terjadi over pressure pada bagian fuel rail. Dengan adanya sensor ini tentu saja tidak akan ada yang namanya kelebihan bahan bakar di dalam ruang pembakaran.

16. Fuel Temperature Sensor

Fuel Temperature Sensor

Fuel Temperatur adalah suhu yang ada pada bahan bakar yang akan melewati fuel line. Untuk tetap menjaga kondisi suhu bahan bakar terseut, disertakanlah sebuah sensor Fuel Temperature agar kondisi suhu tetap terpantau. Pasalnya jika tidak ada sensor ini maka khususnya mesin diesel akan terpengaruh kinerjanya.

17. Fuel Line Pressure Sensor

Fuel Line Pressure Sensor

Kemudian ada juga sensor Line Pressure, sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mendeteksi tekanan bahan bakar didalam sistem bahan bakar. Semoga ini bertujuan untuk mengatur kinerja fuel pump yang ada pada rangkaian mobil agr tekanan dari darlam sistem bahan bakar tidak melemah atau drop atau tidak berlebih.

18. Refrigerant Pressure Sensor

Refrigerant Pressure Sensor

Jika bicara mengenai sistem AC mobil, kita tahu bahwa ada banyak sekali komponen AC mobil yang terdapat didalam rangkaian tersebut. Salah satu diantaranya adalah Refrigerant Pressure Sensor. Yang dimana sensor ini berbentuk cairan yang akan berfungsi untuk menyerap panas latent didalam sistem AC mobil.

19. Turbo Boost Sensor

Turbo Boost Sensor

Kemudian ada juga yang namanya sensor Turbo Bost. Sesuai namanya, sensor ini biasanya hanya akan bisa kita temukan di mobil modern yang sudah dilengkapi turbo dengan variable noozle. Fungsi utama dari sensor ini yaitu untuk mendeteksi tekanan udara yang disemburkan oleh turbocharger karena ketika tekanan tersebut kurang atau lebih akan berpengaruh terhadap performa mesin.

20. Knock Sensor

Knock Sensor

Dan sensor pada mobil yang terakhir adalah Knock Sensor. Fungsi utama dari sensor ini yaitu untuk mendeteknsi ketukan atau knocking pada mesin mobil. Dimana ketukan atau knocking tersebut akan terjadi akibat pembakaran yang mungkin tidak sempurna. Alhasil akan membuat mesin mengeluarkan suara ketukan ketika mesin tersebut hidup.

Itulah beberapa sesnor yang terdapat pada satu unit mesin mobil. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dari sekian banyak sensor yang ada hampir semuanya tidak memiliki fungi dan cara kerja yang sama. Namun keseluruhan sensor tersebut akan berfungsi untuk memberikan sinyal atau informasi kondisi mobil yang kalian gunakan.

Mak dari itu, pastikan seluruh sensor pada mobil yang sudah kami jelaskan diatas, pastikan selalu dalam kondisi yang baik. Untuk mengetahuinya kalian dapat melakukan pengecekan di bengkel-bengkel langganan kalian. Dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang menarik untuk kalian simak.

Tags: ,