7 Fungsi Manifold Absolute Pressure Sensor & Efek Jika Rusak

Fungsi Manifold Absolute Pressure Sensor – Tingkat perkembangan industri otomotif bisa dikatakan cukup cepat, berbagai macam teknologi baru pun terus bermunculan untuk membuat sebuah kendaraan punya fungsionalitas lebih baik bila dibandingkan dengan jenis kendaraan dulu.

Advertisements

Dengan terus dikembangkannya sistem dan juga teknologi dalam industri otomotif, membawa kita pada era modern. Dimana hampir semua jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat kini sudah mengusung sebuah mesin dengan sistem EFI atau Electronic Fuel Injection.

Penggunaan mesin EFI sendiri di klaim mampu memberikan hasil lebih baik. Karena pada dasarnya kendaraan injeksi akan berfungsi dengan bantuan cukup banyak sensor yang sudah terhubung ke sistem komputerisasi. Inilah yang membuat hasil kerja jauh lebih baik dan minim kesalahan.

Advertisements

Nah bicara mengenai mesin EFI, tentu besar kaitannya dengan salah satu sensor penting bernama Manifold Absolute Pressure atau lebih familiar dengan sensor MAP. Hal ini karena fungsi manifold absolute pressure sensor pada mesin EFI sendiri bisa dikatakan cukup penting, terutama pada sistem pembakaran.

Fungsi Manifold Absolute Pressure Sensor Efek Jika MAP Sensor Rusak

Tidak heran jika ada banyak masalah akan timbul ketika kondisi manifold absolute pressure sensor rusak. Apa saja kiranya efek yang akan timbul ketika sensor MAP rusak dan apa sebenarnya fungsi manifold absolute pressure sensor pada kendaraan dengan teknologi EFI?.

Apa Itu Manifold Absolute Pressure

Dengan begitu pentingnya fungsi manifold absolute pressure sensor pada mesin EFI yang ada di dalam motor maupun mobil kalian, sebelum kita membahas lebih lanjut apa saja fungsi utama dari komponen satu ini. Tak ada salahnya jika otoflik sampaikan lebih dulu apa itu sebenarnya manifold absolute pressure sensor.

Mengutip langsung dari halaman Wikipedia, Manifold Absolute Pressure atau MAP sendiri merupakan sebuah komponen dalam bentuk sensor yang biasanya digunakan dalam sistem kontrol elektronik mesin dengan jenis pembakaran internal menggunakan bahan bakar injeksi.

Letak Manifold Absolute Pressure Sensor

Itulah yang dimaksud dengan Manifold Absolute Pressure Sensor, meski dari penjelasan singkat di atas terdengar cukup sepele. Namun bila kita lihat secara fungsionalitasnya, fungsi manifold absolute pressure sensor pada mesin injeksi terbilang begitu penting dan sangat besar kaitannya dengan sistem pembakaran.

Itu artinya jika kondisi manifold absolute pressure sensor rusak, maka kemungkinan besar mesin tak akan bisa menyala atau bahkan RPM mentok di angka tertentu. Itulah sebabnya kalian juga harus tahu dimana letak manifold absolute pressure, jadi ketika rusak kalian dapat mengetahui dan menggantinya dengan mudah.

Nah bicara mengenai letak dari MAP sensor, sebenarnya manifold absolute pressure sensor dipasang terpisah dari intake manifold dan menempel pada bagian rumah filter udara dan akan tetap terhubung ke bagian intake manifold dengan menggunakan selang karet.

Fungsi Manifold Absolute Pressure Sensor

Jika sampai disini kalian susah bisa memahami apa itu sensor MAP pada mesin injeksi serta letak sensor penting satu ini. Lantas apa sih sebenarnya fungsi manifold absolute pressure sensor itu?. Dibawah ini sudah kami siapkan beberapa fungsi utama dari MAP Sensor, jadi silahkan kalian lihat dan pelajari yah.

Advertisements

1. Mendeteksi Kevakuman Intake Manifold

Selain memiliki fungsi untuk mengukur tekanan seperti otoflik.com sampaikan di atas, fungsi manifold absolute pressure sensor lain perlu kalian ketahui yaitu untuk mendeteksi tingkat kevakuman di bagian intake manifold.

Dan penting untuk dapat kalian ketahui bahwa kondisi tingkat kevakuman intake manifold bisa dikatakan normal biasanya akan dapat kalian lihat pada saat mesin hidup. Semakin kecil tarikan gas maka semakin kecil pula tekanan kevakuman pada intake manifold.

Sebaliknya, semakin besar bukaan gas, maka tingkat kevakuman pun akan semakin besar. Akan tetapi ketika posisi idle, maka valve throttle akan langsung menutup menghambat udara masuk ke dalam silinder.

2. Mengukur Tekanan Udara

Fungsi pertama dari manifold absolute pressure sensor pada mesin EFI yakni untuk mengukur besar kecilnya tekanan udara yang terdapat di dalam intake manifold sistem pembakaran.

Dalam proses pengukuran tersebut, sensor MAP memanfaatkan selang vakum. Nantinya dari selang inilah sensor MAP akan dapat mengetahui nilai kevakuman intake manifold.

3. Mengirim Informasi Tekanan Udara Manifold ke ECU

Fungsi terakhir dari manifold absolute pressure sensor yaitu sebagai komponen yang akan memberikan informasi kepada ECU atau Electronic Control Unit. Adapun informasi yang dikirim adalah data tekanan manifold.

Dan ketika seluruh data informasi sudah ECU terima, nantinya komponen inilah yang menjadi patokan apakah ada kesalahan atau kerusakan sensor MAP.

Kenapa bisa begitu, karena ECU pada mesin injeksi inilah yang memiliki tanggungjawab penuh akan keberhasilan seluruh proses injeksi dari awal hingga akhir.

4. Menentukan Nilai Hambatan Silicon Chip

Seperti apa yang sudah kami sampaikan di atas, fungsi manifold absolute pressure sensor pada mesin EFI sangatlah penting. Dimana selain dari kedua fungsi sudah kami sampaikan di atas, fungsi lain dari MAP sensor sendiri untuk menentukan nilai hambatan silicon chip.

Dimana silicon chip sendiri merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting juga di dalam sensor MAP. Fungsi utama dari silicon chip untuk mengatur jumlah bahan bakar yang akan di injeksi ke dalam ruang pembakaran.

Dimana bila hambatan silicon chip memiliki nilai besar maka nilai tegangan yang akan melaluinya akan semakin besar dan hasil dari semua itu akan membuat jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar akan semakin banyak. Dan begitu juga sebaliknya.

Efek Jika MAP Sensor Rusak

Setidaknya dengan kalian mengetahui informasi yang sudah kami sampaikan di atas akan mendapatkan gambaran bagaimana kondisi mesin injeksi atau mesin EFI ketika komponen bernama MAP senor rusak.

Namun bila memang kalian belum mendapatkan gambaran terkait apa saja efek yang timbul ketika fungsi manifold absolute pressure sensor rusak, di bawah ini sudah otoflik rangkum beberapa kemungkinan besar kendala atau efek samping jika sensor MAP rusak.

  • Pertama sudah bisa dipastikan bahwa pemakaian bahan bakar akan menjadi lebih boros.
  • Kedua akselerasi mesin berjalan lebih lambat.
  • Ketiga saat masuk ke putaran idle, mesin terasa kasar.
  • Keempat campuran bahan bakar dan juga udara terlalu gemuk atau tidak sesuai.
  • Kelima biasanya membuat knocking  karena timing pengapian terlalu maju.
  • Keenam sudah bisa dipastikan akan membuat tenaga mesin lebih lemah dibandingkan pada saat sensor MAP benar.
  • Dan terakhir  dapat membuat lampu injeksi mesin EFI menyala.

Akhir Kata

Itulah kiranya penjelasan yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini terkait apa itu MAP sensor, gejala atau efek ketika MAP sensor rusak serta fungsi manifold absolute pressure sensor pada mesin injeksi atau mesin EFI.

Semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat menjadi pelajaran yang dapat kalian jadikan sebagai referensi ketika memang kalian belum memahami secara pasti apa saja fungsi dari salah satu sensor penting di dalam kendaraan injeksi ini.

Advertisements

Tags: , , ,