RPM Mobil Mentok di 3000 ? Penyebab & Cara Mengatasinya

RPM Mobil Mentok di 3000 – Penggunaan mobil sebagai alat transportasi memang lebih banyak dipilih masyarakat, terutama bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Tentunya memilih mobil sebagai media perjalanan akan menjadi pilihan paling tepat.

Advertisements

Hal tersebut karena mereka akan dapat membawa semua keluarga dalam satu kali perjalanan. Namun disisi lain menggunakan mobil sebagai alat transportasi harian juga memungkinkan kalian harus tetap menjaga dan merawatnya dengan ekstra.

Jika tidak, berbagai macam masalah bisa saja timbul dan membuat performa atau bahkan fungsi dari mobil tersebut tidak akan lagi bisa bekerja dengan baik. Mobil sendiri punya cukup banyak bagian penting yang berperan penting untuk membuat rpm mesin bekerja sesuai ketentuan.

Advertisements

Namun apa jadinya jika tiba-tiba rpm mobil mentok di 3000 bahkan tidak sampai 4000?. Yang jelas hal ini akan membuat banyak masalah, termasuk mesin menjadi brebet. Bahkan jika hal tersebut terjadi, lampu MIL atau lampu check engine pun akan terus menyala.

Penyebab Cara Mengatasi RPM Mobil Mentok di 3000

Itu tandanya memang ada kerusakan pada komponen mesin mobil. Untuk mencari penyebabnya bisa menggunakan alat scanner. Jika tidak ada, kalian bisa membaca manual ARTI KEDIPAN LAMPU MIL tersebut. Kembali ke topik pembahasan tentang RPM mobil mentok di 3000, apa sebenarnya penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?.

Apa Itu RPM?

Apa Itu RPM

Sebelum kita masuk ke poin pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi RPM mobil mentok di 3000 dan tidak mau naik. Mungkin ada baiknya kita kenali dulu apa itu RPM pada mesin kendaraan. Karena kami yakin meski sering mendengar, ada beberapa orang yang belum tahu apa itu RPM.

RPM sendiri merupakan singkatan dari Revolutions Per Minute atau Rotasi Per Menit. Dimana dalam pengukurannya setidaknya hal ini akan bisa ketahui dengan memanfaatkan alat ukur bernama Tachometer. Dimana alat ukur ini akan mengukur banyaknya putaran per detik.

Atau kecepatan sudut poros yang berputar. Dan biasanya besaran angka ditunjukkan oleh Tachometer akan dikalikan 1.000. Jadi jika jarum menunjukan angka 3, maka artinya mesin mobil akan berputar sebanyak 3000 kali dalam 1 menit.

READ  25 Pajak Motor Vixion Pertahun Semua Tipe Tahun Produksi 2021

Berapa Putaran Ideal RPM Mobil?

Berapa Putaran Ideal RPM Mobil

Jika di tanya berapa putaran ideal RPM mobil dalam 1 menit? tentu saja hal ini akan bervariasi jawabannya. Karena RPM mobil sendiri akan dipengaruhi dari kapasitas mesin dan juga beberapa faktor lainnya, termasuk dalam kondisi idle, saat AC menyala atau tidak.

Namun secara ideal, RPM mobil saat kondisi idle itu biasanya ada di angka 700 rpm. Angka tersebut akan di dapat pada kondisi AC yang tidak menyala. Sedangkan jika kondisi AC mobil menyala, RPM mobil biasanya akan mentok di 1000 rpm.

Sebagai contoh, jika data spesifikasi suatu mesin mobil memiliki torsi puncak 120 Nm pada 4000 rpm. Itu artinya torsi puncak atau maksimum yang akan didapat mesin mobil tersebut adalah 120 Newton Meter yang bisa dicapai ketika putaran mesin mencapai 4000 rpm.

Namun apa jadinya jika RPM mobil mentok di 3000? Seperti di awal kami singgung. Kondisi putaran mesin mobil atau RPM mentok dan tidak naik lagi akan membuat mesin brebet. Parahnya akan membuat MESIN MOBIL MOGOK dan tidak mau hidup.

Penyebab RPM Mobil Mentok di 3000

Dari penjelasan singkat otoflik di atas, tentu saja kalian tidak mau kan memiliki mobil yang bermasalah pada bagian rpm mobil yang mentok di 3000 atau bahkan kurang meskipun bukan dalam kondisi idle?. Namun jika kondisi tersebut memang sedang kalian alami.

Tentu saja ada beberapa faktor yang membuat RPM mobil mentok di 3000. Nah sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi RPM mobil yang tidak mau naik bahkan mentok di 3000. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab utamanya yang harus kalian pahami.

Advertisements

1. MAF Sensor Bermasalah

MAF Sensor Bermasalah

Sensors MAF atau Manifold Absolute Pressure merupakan komponen yang terletak pada bagian rumah filter udara. Fungsi utama dari sensor ini yakni untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar sesuai dengan tekanan di dalam intake manifold.

Berhubungan langsung dengan bagian sistem pembakaran, tentu saja sensor MAF harus selalu dalam kondisi bagus. Jika tidak, biasanya akan membuat sistem terganggu dan membuat lampu MIL menyala dibarengi dengan RPM mobil mentok di angka tertentu baik 3000 atau bahkan 4000.

Tidak hanya membuat rpm mobil mentok di 3000 atau bahkan kurang. Rusaknya sensor MAF pada mobil juga menyebabkan mesin bermasalah. Hal ini karena ECU pada bagian mesin akan memperoleh informasi tingkat udara kevakuman salah.

READ  50 Harga Motor Ninja 2 Tak Baru Bekas Super Kips 2021

2. Sensor Timing Kotor / Bermasalah

Sensor Timing Kotor atau Bermasalah

Penyebab lain ketika RPM mobil mentok di 3000 atau 4000 lainnya juga bisa dikarenakan bagian sensor timing bawah ataupun atas kotor maupun bermasalah. Kondisi sensor timing yang kotor biasanya akan membuat lampu engine tidak akan menyala meskipun kontak sudah di posisi ON.

Selain itu, dari beberapa pengalaman yang ada. RPM mobil mentok di 3000 juga bisa terjadi karena adanya sambungan atau socket kabel sensor pada bagian sensor timing terlepas. Jadi jika posisi sensor sudah dibersihkan namun tetap masih mentok di 3000. Kalian bisa melakukan scanning di bagian sensor timing untuk mengetahui penyebabnya.

3. Pompa Bensin Lemah

Pompa Bensin Lemah

Selain dua penyebab di atas, RPM mobil mentok di 3000 juga bisa saja terjadi karena komponen pompa bensin lemah. Biasanya rusaknya pompa bensin akan sangat terasa pada saat kalian berada di posisi rpm tinggi, karena mesin akan terasa brebet atau pincang dan kehilangan tenaga.

Kondisi ini setidaknya membuat kondisi mesin tidak akan bekerja dengan sempurna. Untuk mengatasi masalah ini, setidaknya kalian hanya perlu mendatangi bengkel langganan dan mintalah penggantian pompa bensin sesuai dengan tipe dan jenis mobil kalian.

Cara Mengatasi RPM Mobil Mentok di 3000

Cara Mengatasi RPM Mobil Mentok di 3000

Setelah mengetahui apa saja penyebab utama RPM mobil mentok di 3000 seperti di atas otoflik.com sampaikan. Lantas bagaimana sih cara mengatasi masalah tersebut?. Berikut akan kami jelaskan secara rinci di bawah ini terkait cara mengatasinya.

  1. Jika rpm mentok dikarenakan adanya kerusakan pada bagian MAF sensor. Maka kalian bisa mengganti sensor tersebut dengan membawa mobil ke bengkel langganan.
  2. Selain itu, kalian juga bisa memperhatikan setiap socket yang ada pada bagian sensor MAF secara langsung. Karena terkadang socket yang kendor atau bahkan terlepas juga akan membuat RPM mobil mentok di 3000.
  3. Kemudian cara lain yang dapat digunakan yakni dengan mengganti pompa bensin yang lemah.
  4. Serta membersihkan sensos timing jika kotor atau menggantinya jika memang diperlukan.

Akhir Kata

Demikian kiranya penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait penyebab cara cara mengatasi RPM mobil mentok di 3000. Semoga penjelasan otoflik.com di atas bisa menjadi gambaran serta referensi yang membantu.

Advertisements

Tags: , , ,