Mesin Motor Bunyi Klotok Klotok, Begini Cara Mengatasinya

Mesin Motor Bunyi Klotok Klotok – Untuk saat ini sepeda motor adalah sebuah pilihan sarana transportasi yang cukup banyak di pilih orang karena selain harga yang terjangkau untuk beberapa jenis dan tipenya, sepeda motor juga merupakan sebuah kendaraan yang cukup mudah di kendarai. Bahkan efektifitas penggunaan motor pun jauh lebih tinggi karena memang sepeda motor bisa digunakan di berbagai medan jalan yang ada baik kondisi jalan yang lengan ataupun jalanan perkotaan yang sering macet.

Banyak sekali jenis sepeda motor yang dapat kita jumpai mengaspal di berbagai jalanan di Indonesia. Bahkan bagi mereka memiliki sepeda motor lebih dari satu menjadi acuan agar bisa lebih efektif dalam melakukan kegiatan sehari-hari ketimbang menggunakan mobil. Namun dengan seringnya penggunaan motor yang hampir tidak berhenti setiap harinya juga harus di imbangi dengan perawatan yang seimbang agar kondisi motor selalu dalam keadaan prima.

Kondisi sepeda motor yang tidak terawat dengan baik tentu akan banyak menimbulkan masalah yang tidak bisa kita duga, seperti halnya kondisi teknis yang membuat mesin motor bunyi klotok klotok. Jika sudah terjadi kasus seperti itu, sebaiknya segeralah bawa ke bengkel untuk diperbaiki. Biasnaya kalau tidak segera di perbaiki akan membuat motor semakin parah dan bisa merambat keberbagai komponen lainnya yang membuatnya tidak bisa digunakan lagi sebelum benar-benar di perbaiki.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Bunyi Klotok Klotok

Cara Mengatasi Mesin Motor Bunyi Klotok Klotok

Cara Mengatasi Mesin Motor Bunyi Klotok Klotok

Tentunya ada banyak sekali penyebab mesin motor bunyi klotok klotok yang bisa terjadi tanpa kita duga. Namun sebaiknya ketika kalian sudah mendengar masalah tersebut pada mesin motor kalian, segeralah untuk di perbaiki agar tidak membuat performa mesin menjadi menurun. Dan berikut ada beberapa data yang mungkin serinkali menjadi penyebab mesin motor bunyi klotok klotok sekaligus cara megetasinya.

1. Komponen Mesin Motor yang Aus

Salah satu penyebab mesin motor bunyi klotok klotok yang sering terjadi adalah ausnya komponen-komponen penyusun mesin motor. Tingakat keausan yang sudah tinggi secara tidak langsung akan membuat perforam mesin menurun karena kerja komponen yang aus tersebut tidak lagi sempurna. Dan biasanya jika sudah terjadi aus, mesin motor berbunyi klotok klotok sebagai tanda bahwa bagian tersebut harus cepat di ganti.

Dan biasanya penyebab mesin motor bunyi klotok klotok adalah karena karet pada rumah kopling sudah aus atau bahkan bisa terjadi pada leher gearbox yang juga telah aus. Selain itu jika bunyi klotok klotok terjadi pada bagian kanan mesin juga disebabkan karena sepatu ganda dan mangkuk kopling juga sudah aus yang seringkali ditandai dengan kondisi motor yang kurang bertenaga. Cara mengetasi yang paling tepat untuk masalah ini biasanya segera di ganti bagian atau komponen yang sudah aus dengan yang baru.

READ  25 Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

2. Ring Seher dan Stang Seher Terdapat Masalah

Suara kasar yang terjadi pada mesin motor memang banyak sekali penyebnya, oleh karena itu bila kita tidak mengetahuinya segeralah memanggih mekanik agar bisa teratasi. Dan bicara soal itu, biasanya penyebab mesin motor bunyi klotok klotok juga dikarenakan ring seher dan juga stang seher yang bermasalah. Kedua komponen tersebut merupakan komponen yang cukup penting keberadanannya.

Sehingga cara mengatasi yang paling tepat adalah mencopot stang dan ring seher yang rusak serta menggantinya dengan yang masih baru. Adapun fungsi dari stang seher dan ring seher sendiri untuk menjadi penahan kompresi yang terjadi pada mesin sehingga apabila terjadi kerusakan pada kedua bagian terebut otomatis selain kondisi mesin akan menurun, mesin motor juga bisanya mengeluarkan bunyi kasar atau bunyi klotok klotok.

3. Kesalahan Pemakaian yang Sembarangan

Kondisi motor yang terawat dengan baik tentu tidak akan banyak menimbulkan masalah yang berakibat kita tidak bisa lagi menggunakan motor tersebut sebelum benar-benar masalah tersebut di perbaiki. Tentunya agar mesin motor tidak mengeluarkan bunyi klotok klotok cara yang paling tepat adalah penggunaan yang lebih baik dan benar.

Yah dengan mengunakan atau memakai motor dengan baik dan benar setidaknya akan menjaga kondisi motor tetap dalam kondisi yang baik. Sebagai contoh, dalam penggunaan motor yang baik dan benar sebaiknya kalian selalu memeriksa kondisi aki motor agar tetap dalam keadaan baik terlebih bagi mereka yang menggunakan aki basah yang setidaknya membutuhkan perawatan eksta agar cairan aki tidak sampai habis.

4. Usia Pakai atau Usia Motor

Tidak hanya dari beberapa kerusakan komponen mesin motor yang ada seperti kalian lihat pada informasi ini. Biasanya mesin motor bunyi klotok klotok juga dikaenakan usia motor yang sudah tua atau sudah usang. Tentunya dengan usia yang sudah tua akan banyak sekali macam-macam komponen yang mulai tidak setabil seperti pada kondisi barunya. Sehingga kalian perlu menggantinya dengan suku cadang yang lebih fresh.

Dan tentunya salah satu cara agar kondisi komponen bisa tetap dalam keadaan baik adalah dengan menjaganya atau merawatnya dengan baik dan benar. Biasanya hal yang paling sering dilupakan dalam merawat kondisi mesin motor adalah penggantian oli motor yang sudah seharusnya selalu rutin kalian ganti agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada bagian mesin motor.

5. Tensioner Mengalami Kerusakan

Tensioner yang terdapat pada setiap sepeda motor memiliki fungsi yang cukup besar agar motor bisa berjalan dengan lancar dan baik. Yang mana Tensioner merupakan komponen pada mesin motor yang mempunyai tugas untuk menjaga ketegangan rantai agar sesuai dengan yang di butukan oleh mesin. Dan biasanya ketika Tensioner mengalami kerusakan secara tidak langsung akan membuat mesin motor bunyi klotok klotok.

READ  10 Cara Modifikasi Motor Kencang dan Keren Biaya Murah

Selain itu, apabila kita sudah mengetahui hal tersebut namun tetap membiarkannya makan kondisi lebih parah pun bisa terjadi karena apabila Tensioner sudah mulai rusak biasanya akan membuat posisi gear noken bisa bergeser dan menyebankan bertabrakannya piston dengan payung klep. Alhasil mau tidak mau kita sebagai penggunannya harus merelakan turun mesin pada motor tersebut untuk bisa diperbaiki. Namun sebelum itu terjadi akan lebih baik kalian mengetasinya dengan segera mengganti Tensioner yang rusak tersebut agar tidak terjadi masalah lain.

6. Piston Megalami Masalah

Piston merupakan salah satu komponen mesin motor atau komponen mesin mobil yang sangat penting keberadaanya. Jadi sudah semestinya kita sebagai pemilik sepeda motor atau mobil harus selalu menjaga kondisinya agar tetap dalam keadaan yang baik dan prima. Salah satunya tentu saja dengan selalu rutin mengganti oli motor atau oli mobil dengan yang baru.

Dengan kondisi piston yang tidak terawat, biasanya akan banyak sekali masalah baru yang di timbulkan salah satunya adalah mesin motor bunyi klotok klotok. Ataupun hal serupa yang bisa di terjadi pada mesin mobil. Untuk mengatasi apabila bunyi klotok-klotok pada mesin motor atau mobil sudah terjadi sebaiknya bawalah motor tersebut ke bengkel atau memanggil teknisi kerumah agar bisa segera di perbaiki.

7. Rantai Timming Kendor

Kemudian penyebab mesin motor mengelurkan bunyi klotok klotok juga bisa terjadi karena rantai timming yang ada sudah mulai kendor. Tentunya keberadaan rantai timming juga menjadi hal yang cukup penting pada setiap mesin motor. Pasalnya ketika rantai timming mulai kendor, tentunya posisi rantai bisa saja tidak pas pada gigi rantai sehingga membuatnya anjog dan tentunya memberikan dampak yang tidak baik pada kondisi motor selain mesin motor bunyi klotok klotok juga membuat mesin tidak bisa berjalan dengan normal. Cara memperbaiknya tentu saja dengan mengganti rantai timming tersebut dengan yang lebih baru.

Diatas merupakan beberapa penyebab dan tips cara untuk memperbaiki mesin motor bunyi klotok klotok. Setidaknya dengan membaca artikel otoflik diatas kita sebagai pengguna sepeda motor yang memiliki tingkat keaktifan cukup tinggi jauh lebih memperhatikdan kondisi motor agar tidak terkena berbagai banyak masalah. Dan semoga dengan menyimak informasi yang sudah kami sampaikan diatas kalian bisa memilah dan memilih mana hal-hal yang bisa lebih baik untuk sepeda motor kalin mana yang tidak. Dan tentunya kami berharap semoga informasi diatas bisa bermanfaat.