10 Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak dan Fungsinya

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak – Motor akan bisa berjalan karena kita tahu adanya sebuah mesin. Mesin tersebut juga akan bisa bekerja dengan adanya perpaduan komponen yang saling berhubungan. Dan sama seperti beberapa pembahasan komponen lain yang sudah pernah kita bahas. Pada sebuah mesin motor tentu ada banyak sekali komponen.

Dan salah satu dari banyaknya komponen tersebut adalah Kepala Silinder. Yang dimana ini merupakan bagian yang mungkin keberadaannya akan sangat penting untuk bisa membuat mesin pada motor bisa hidup dan bekerja. Pada bagian ini ada banyak sekali kegiatan yang akan berlangsung selama mesin menyala. Satu diantaranya adalah pembakaran.

Proses pembakaran pada sebuah mesin akan terjadi pada ruang bakar yang ada di dalam kepala siliner ini. Jadi benar apabila kepala siliner memang memiliki peranan yang begitu penting dalam keberlangsungan kerja sebuah motor. Dan sesuai dengan judul yang kami tulis, kali ini akan kita bagikan informasi mengenai komponen kepala silinder motor 4 tak.

Loh kenapa motor 4 tak ? dan apa sih perbedaan motor 4 tak dan motor 2 tak itu? Untuk menjawab hal tersebut silahkan simak informasi lengkapnya di bawah ini. Nanti akan kami jelaskan secara rinci apa saja yang perlu kalian ketahui mengenai hal tersebut. Termasuk juga komponen dan juga fungsi dari kepala silinder motor 4 tak itu sendiri.

Fungsi dan Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak

Pada dasarnya didalam sebuah motor 4 tak terdapat banyak komponen seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Dan yang jelas meski memiliki istilah kepala, bukan berarti bagian ini hanya bertugas atau berfungsi sebagai sebagai penutup blok mesin utama saja. Melainkan ada beberapa fungsi yang lain.

Apa Itu Kepala Silinder ?

Kepala silinder merupakan bagian yang terdapat pada sebuah mesin baik itu mesin motor atau mobil. Yang dimana posisi dari kepala silinder terdapat pada bagian depan dari mesin itu sendiri. Dan biasanya kepala silinder ini di buat dengan menggunakan bentuk siri-sirip yang akan berguna untuk memberikan proses pendiginan yang lebih sempurna.

READ  Pulser Motor : Pengertian, Jenis, Fungsi & Cara Kerja

Hanya saja bentuk dari kepala silinder tersebut mungkin hanya akan berlaku untuk jenis motor yang menggunakan sistem pendingin udara. Karena jika menggunakan sistem pendingin radiator yang menggunakan air radiator motor. Maka biasanya bentuknya pun akan berbeda dan bahkan tidak memiliki sebuah sirip.

Fungsi Kepala Silinder

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dengan banyaknya komponen kepala silinder motor 4 tak yang begitu banyak. Setidaknya hal tersebut juga membuat fungsi dari kepala silinder juga bukan sekedar sebagai penutup mesin. Melainkan masih memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Lalu apa saja fungsi kepala silinder pada sebah motor 4 tak ?

  1. Sebagai tempat pembakaran (Ruang Bakar).
  2. Sebagai tempat untuk bekerjanya sebuah katup.
  3. Sebagai tempat pengaturan intake dan exhaust udara.
  4. Sebagai tempat untuk meletakan atau memasang sebuah busi motor.
  5. Sebagai penutup block silinder.
  6. Dan sebagai tempat water jacket atau metal pendingin

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak

Dari beberapa fungsi kepala silinder yang kami sebutkan diatas, tentu bisa di gambarkan bahwa pada sebuah kepala silinder ada banyak komponennya. Dan bagi kalian yang penasaran dengan apa saja komponen kepala silinder motor 4 tak, berikut otoflik.com rangkumkan secara lengkap dan detail berserta fungsinya.

1. Poros Nok

Poros Nok

Komponen yang pertama adalah Poros Nok. Ini merupakan sebuah komponen kepala silinder yang mempunyai fungsi untuk memberikan tekanan valve lifter yang berada pada bagian. Dimana tekanan tersebut di berikan agar katup bisa terbuka.

Poros Nok sendiri terbuat dari poros besi yang mempunyai cam pada seluruh bagian poros dengan dibuat memiliki sudut kemiringan tertentu. Yang dimana kemiringan tersebut nantinya akan bisa menekan kaput secara tepat ketika camshaft sudah mulai berputar.

2. Katup

Katup

Menjadi bagian yang tidak kalah pentingnya, salah satu komponen kepala silinder motor 4 tak ini juga bisa di bilang sebagai tempat keluar masuknya udara luar.

Dan didalam mesin 4 tak, keberadaan katup sudah tentu akan sangat perlu dan harus saling berdampipngan. Dimana satu sebagai katup buang dan yang satunya sebagai katup hisap.

3. Pegas Katup

Pegas Katup

Komponen yang berikutnya adalah Pegas Katup. Komponen ini juga tidak kalah pentingnya dari beberapa komponen yang ada. Pasalnya fungsi dari pegas katup sendiri adalah sebagai bantalan untuk menahan posisi katup agar bisa tertutup dengan rapat.

Bukan hanya itu, pegas katup juga digunakan seabgai alat untuk mengembalikan posisi katup seteah mendapat tekanan dari camshaft.

READ  Seher Motor : Jenis, Harga, Kerusakan & Penyebab

4. Valve Lifter

Valve Lifter

Valve Lifter merupakan sebuah komponen kepala silinder motor 4 tak yang mempunyai bentuk seperti mangkuk yang berada pada bagian atas katup. Fungsi dari Valve Lifter ini seabgau pelindung batang katpu dari gesekan camshaft.

5. Rocker Arm

Rocker Arm

Sementara Rocker Arm juga mempunyai fungsi yang sama seperti Valve Lifter, yaitu seabgai penekan batang katup. Hanya saja yang membedakan mungkin pada bagian bentuknya. Karena untuk Rocker Arm ini dibuat seperti penguktit. Yang dimana komponen ini bertumpu pada kepala silinder dan juga batang katup.

6. Busi

Busi

Komponen yang berikutnya adalah Busi. Tentunya komponen ini sudah tidak perlu kami jelaskan lagi apa fungsinya, karena kita tahu bahwa busi sendiri akan menjadi pematik api pada ruang bakar yang akan membuat campuran udara dan bahan bakar dari karburator motor terbakar di ruang bakar.

7. Intake Manifold

Intake Manifold

Intak manifold merupakan sebuah komponen yang memiliki bentuk seperti tabung yang akan menjadi tempat masuknya sebuah udara yang berasal dari sistem induksi udara. Bentuk dari komponen ini mungkin akan berbeda-beda pada tiap motornya.

8. Exhaust Manifold

Exhaust Manifold

Kemudian ada juga yang namanya Exhaust Manifold. Kebalikan dari Intake Manifold, komponen yang satu ini berfungsi untuk menyalurkan sisa gas buang dari pembakaran didalam ruang bakar untuk di teruskan ke komponen exhaust treatment.

9. Cam Sprocket

Cam Sprocket

Komponen kepala silinder motor 4 tak yang selanjutnya adalah Cam Sprocket atau yang juga sering di sebut seabgai Gigi Tameng.  Dimana komponen ini memiliki fungsi atau tuga seabgai bagian pemutar atau penggerak cam shaft.

10. Ruang Bakar

Ruang Bakar

Dan bagian terakir yang ada pada didalam kepala silinder adalah ruang bakar. Bagian atau komponen yang satu ini tentu saja merupakan komponen paling penging, Karena dibagian inilah nantinya akan terjadi pembakaran yang akan membuat mesin bisa bekerja.

Semua komponen – komponen dari kepala silinder motor 4 tak diats merupakan komponen utama yang mungkin harus kalian ketahui. Yang dimana setiap komponen diatas mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing namun dengan tujuan untuk membuat mesin bisa bekerja.

Nah itulah kiranya informasi yang kali ini otoflik.com dapat bagiakan, semoga apa yang sudah kami tulis dan rangkum diatas bisa menjadi media pembelajaran bagi kalian yang sedang menekui dunia otomotif. Sekian dan Terimakasih.

Tags: , ,