13 Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi

Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil – Beberapa mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan teknologi canggih dan modern, baik dari sisi kenyamanan dan juga keamanan. Contohhnya saja ketika mobil hendak parkir, pengemudi sudah dimudahkan dengan adanya sensor parkir.

Sensor parkir terdapat dua jenis yang sudah digunakan oleh beberapa merk mobil ternama di Indonesia, pertama sensor parkir Infrared dan kedua sensor parkir kamera. Beberapa JENIS SENSOR yang ada telah disematkan di beberapa MOBIL MPV TERBAIK dan jenis mobil terbaru lainnya.

Memiliki fungsi untuk mendeteksi area belakang mobil yang dapat menghindari kejadian menabarak dan lain sebagainya, penggunaan sensor sangatlah penting sekali. Oleh karena itu tak heran jika banyak pemilik mobil seperti Avanza, Xenia dan lainnya memasang sensor parkir secara manual.

Namun, ada beberapa pengguna yang mengalami kejadian seperti sensor parkir mobil tidak bunyi. Permasalahan seperti ini memang sangat wajar dan sering terjadi, adapun beberapa penyebab kenapa sensor tersebut tidak berbunyi atau tidak berfungsi. Untuk mengatasinya cukup mudah, kalian cukup cari saja apa sumber masalahnya.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil

Penyebab dan Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil

Kerusakan sensor parkir yang sering terjadi dikarenakan salah satu komponen rusak, misalnya saja pada bagian buzzer mengalami kerusakan maka solusinya mengganti dengan yang baru. Nah untuk kalian yang penasaran kenapa sensor tidak berbunyi maupun bunyi terus, dapat simak pembahasn dari Otoflik.com seperti berikut.

READ  10 Cara Modifikasi Motor Kencang dan Keren Biaya Murah

Penyebab Sensor Parkir Tidak Bunyi

Apabila permasalahan seperti tersebut sedang kalian alami, maka langkah paling tepat untuk mengatasinya cukup mencari sumber masalahnya apa. Berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi terkait permasalahan seperti tersebut.

1. Instalasi Kabel Sensor Parkir Putus

Kabel Putus

Sebelum kalian mengambil langkah untuk mengganti sensor yang baru, alangkah baiknya cek terlebih dahulu instalasi kabel sensor. Siapa tahu salah satu kabelnya ada yang putus karena digigit tikus atau lepas dan lain sebagainya.

2. Sensor Parkir Mobil Kotor Atau Rusak

Sensor Parkir Kotor

Periksa bagian sensor parkir pada mobil kalian, karena penyebabnya bisa dikarekan sensor kotor sehingga tidak berkerja seperti semestinya. Selain itu bisa dikarenakan sensor sudah rusak sehingga tidak dapat mendeteksi area dan mengeluarkan bunyi peringatan.

3. Tegangan Listrik Ke Sensor Parkir Tidak Mengalir

Teganag Listrik

Periksa tegangan listrik dengan alat pengukur, apakah aliran sampai ke sensor atau tidak. Pasalnya sensor parkir merupakan sebuah fitur yang membutuhkan aliran listrik agar bisa bekerja seperti semestinya.

4. ECU (modul) Sensor Mundur Rusak

Modul Sensor

Ada cukup banyak penyebab kenapa sensor parkir mobil tidak berbunyi, terkadang salah satu komponen mengalami kerusakan. Kalian dapat melakukan pengecekan ECU atau modul, apakah masih berfungsi atau sudah rusak sehingga harus diganti.

5. Switch Sensor Mundur Rusak

Switch Sensor Mundur

Switch Sensor salah satu komponen yang memiliki peran cukup penting pada fitur tersebut, dari sekian banyak pengguna yang mengalami kejadian sensor tidak berbunyi. Pada komponen Switch Sensor mundur rusak atau putus, sehingga menyebabkan sensor tidak mengeluarkan bunyi.

6. Buzzer Speaker Mati

Buzzer Speaker Mati

Ketika semua sudah di cek dan masih normal, tetapi tidak bunyi ketika mobil hendak parkir. Kalian dapat mencurigai pada bagian buzzer speaker, karena ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

7. Fuse lampu Mati

Fuze Rusak

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan fuse lampu mati, hal ini dapat menyebabkan aliran listrik tidak masuk untuk menyuplai ke sensor parkir. Alhasil sendor tidak berfungsi untuk mendeteksi area bagian belakang dari mobil.

READ  Sistem Kemudi Mobil : Jenis, Fungsi dan Komponen 2020

8. Salah Satu Bagian Terlepas

Salah Satu Bagian Terlepas

Yang terakhir bisa dikarenakan salah satu bagian dari sensor lepas, seperti cop kabel lepas atau salah satu komponen yang tidak tersambung. Ini menjadi sumber masalah yang tak terduga dari beberapa pengguna, karena sebelumnya tidak dicek terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil

Ketika sudah mengetahui sumber masalahnya, maka kalian dapat dengan mudah untuk mengatasi sensor parkir tidak berfungsi. Nah berikut ini beberapa cara memperbaiki sesuai dengan penyebabnya karena apa.

1. Menyambung Instalasi Kabel yang Putus

Menyambung Instalasi Kabel yang Putus

Apabila penyebabnya dikarenakan salah satu kabel terputus, maka cara memperbaikinya cukup sambung kembali kabel tersebut. Setelah itu kalian cek kembali, sebelum semua komponen dipasang kembali.

2. Membersihkan Sensor Parkir yang Kotor

Membersihkan Sensor Parkir yang Kotor

Sedangkan penyebabnya dikarenakan sensor parkir kotor, caranya mengatasinya sangat mudah sekali. Karena cukup dibersihkan saja, dalam melakukan pembersihan, lebih baik semua komponen kalian berishkan agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Periksa Tegangan Listrik yang Mengalir Ke Sensor Parkir

Cek Tegangan Listrik

Cara memperbaiki yang bisa kalian lakukan sendiri ialah memeriksa suplai tegangan listirk, kalian dapat cek dengan alat ukur. Karena seperti yang kita ketahui, jika komponen ini tidak bisa bekerja apabila suplai listrik kurang atau tidak stabil.

4. Mengganti Komponen Sensor Parkir yang Rusak

Komponen Sensor Parki

Jika sumber masalah yang terjadi dikarenakan salah satu komponen mengalami kerusakan, cukup lakukan pergantian dengan yang baru. Kami jamin sensor parkir mobil kalian berfungsi kembali seperti sebelumnya.

5. Melakukan Pengecekan Setiap Komponen yang Tersambung Ke Sensror Parkir

Komponen

Apabila dirasa semua bagian-bagian dari sensor parkir mobil normal dan aman, maka langkah yang harus dilakukan cukup melakukan pengecekan  dari kabel, komponen, cop dan kelistrikannya saja. Apakah semua komponen yang ada didalam sensor parkir sudah terpasang dengan benar sesuai dengan semestinya.

Demikianlah informasi yang dapat Otoflik.com sampaikan kepada kalian semua mengenai cara memperbaiki sensor parkir mobil yang tidak berbunyi. Semoga dengan menyimak informasi diatas masalah sensor parkir tidak berbunyi bisa segera kalian atasi sendiri dengan mudah.

 

Tags: , , , ,