6 Cara Parkir Paralel Mobil Matic dan Manual Untuk Pemula

Cara Parkir Paralel – Mengendarai mobil bukan sekedar bisa menggerakan maju dan mundur. Namun ada banyak hal yang perlu untuk dikuasai, termasuk penguasaan teknik dan cara parkir mobil. Pasalnya tidak sedikit para pengguna mobil yang mungkin masih belum menguasai teknik tersebut meskipun sudah bisa mengemudikan mobil.

Adapun bicara mengena parkir sebuah kendaraan khususnya mobil, memang bisa dibilang merupakan hal yang gampang-gampang susah. Selain harus punya kemampuan yang baik dan benar, feeling seorang pengemudi mobil juga harus pas dan kuat ketika ingin melakukan parkir mobil. Terlebih ketika melakukan parkir mobil paralel.

Dimana salah satu jenis parkir mobil yang satu ini benar-benar mengharuskan kita sebagai pengemudi untuk bisa memiliki feeling yang kuat. Meskipun untuk sekarang ini banyak mobil keluaran terbaru yang sudah di lengkapi dengan sensor dan kamera parkir lengkap dengan head unit yang dapat membantu pada saat parkir mobil.

Namun begitu, tetap saja teknik parkir mobil secara paralel bukan sekedar mengandalkan media bantu seperti sensor ataupun kamera parkir, namun kebiasaan yang akan membuat kita semakin mahir. Untuk itu, ketika kalian ingin mengendarai mobil matic ataupun manual, ada baiknya selalu latih diri kalian untuk melakukan segala jenis parkir.

Cara Parkir Paralel Mobil Matic dan Manual Untuk Pemula

Cara Parkir Paralel Mobil Matic dan Manual

Jika di lihat secara umum, cara parkir paralel mobil tidak ada bedanya dengan cara parkir mobil pada umumnya. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dan dipelajari. Lalu seperti apa cara parkir mobil secara paralel yang baik dan benar ?

READ  2 Cara Blokir STNK Motor & Mobil Yang Sudah Dijual Secara Online 2020

Apa Itu Parkir Paralel Mobil ?

Apa Itu Parkir Paralel Mobil

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara parkir paralel mobil matic ataupun manual, mungkin ada baiknya kita kenal dulu apa sih yang dimaksud dengan parkir paralel itu. Parkir paralel mobil adalah salah satu jenis parkir mobil yang mengharuskan untuk bisa berhenti dalam posisi saling berjajar memanjang seperti antrean mobil ketika ingin memasuki pintu tol.

Meski terlihat mudah, namun jangan anggap remeh jenis parkir mobil secara paralel. Pasalnya ketika kalian menemui lokasi parkir paralel berada di tengah-tengah mobil yang berada di depan atau di belakangnya kalian benar-benar membutuhkan ketrampilan untuk bisa memasukan mobil kalian kedalam lokasi parkir tersebut.

Cara Parkir Paralel Mobil Matic dan Manual

Nah bagi kalian yang mungkin baru bisa mengendarai mobil, mungkin informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian jadikan sebagai referensi disaat ingin belajar memarkirkan mobil secara paralel.

1. Lurus & Sejajarkan Mobil

Lurus Sejajarkan Mobil

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika menemui lokasi parkir paralel yaitu meluruskan dan sejajarkan mobil kalian dengan mobil yang sudah parkir dengan jarak sekitar setengah meter. Setelah itu silahkan kalian pindahkan persneling ke posisi mundur (R) lalu putar setir ke arah kanan hingga mentok.

2. Mundurkan Mobil dengan Sudut 45°

Mundurkan Mobil dengan Sudut 45°

Jika langkah diatas sudah kalian lakukan, silahkan kalian mundurkan mobil secara perlahan sampai mobil membentuk sudut 45º. Bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara mengetahui sudut sudah mencapai 45º, silahkan perhatikan spion sebelah kiri pada saat memundurkan mobil. Apabila pada kaca spion sudah terlihat bagian tengah mobil belakang, bisa dikatakan kalian sudah membentuk sudut 45º.

3. Luruskan Setir

Luruskan Setir

Selain dengan menggunakan metode diatas, untuk mengetahui posisi bagian tengah mobil yang berada dibagian belakang, kalian juga bisa memanfaatkan tampilan kamera mundur mobil yang ada dibagian head unit. Jika dirasa sudah cukup, kalian harus meluruskan posisi roda dengan memutar strir kemudian mundurkan mobil secara perlahan.

READ  5 Cara Over Kredit Motor Resmi yang Mudah dan Cepat

4. Perhatikan Bagian Mobil

Perhatikan Bagian Mobil

Hal penting yang tidak boleh kalian lewatkan saat melakukan parkir mobil secara paralel ketika sudah menjalankan mobil mundur lurus adalah memperhatikan bagian depan dan belakang mobil. Pada tahapan ini, silahkan kalian hentikan mobil apabila posisi depan mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang berada didepannya.

5. Putar Setir Penuh ke Kiri

Putar Setir Penuh ke Kiri

Yang dimana ketika posisi ujung mboil kalian sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang berada didepan menjadi pertanda bahwa kalian harus memutar stir kemudi ke arah kiri  hingga mentok atau penuh.

Setelah itu silahkan kalian mundurkan lagi mobil secara perlahan hingga seluruh bodi mobil sudah masuk kedalam area parkir paralel yang disediakan. Pastikan untuk terus memperhatikan kaca spion.

6. Luruskan Roda Depan

Luruskan Roda Depan

 

Setelah seluruh bagian mobil dirasa sudah sejajar dengan mobil yang berada dibagian depan dan belakangnya silahkan kalian atur kembali posisi stir untuk meluruskan posisi roda. Jika belum silahkan kalian putar kembali stir kearah kanan secukupnya lalu majukan mobil dan mundurkan dengan memutar stir ke arah kiri secukupnya lalu mundurkan perlahan hingga mendapati posisi sejajar atau lurus.

Melihat teori yang kami rangkuam diatas, memang bisa dibilang cara parkir paralel ini mengharuskan kita memiliki feeling dan ketrampilan yang baik. Jadi bagi kalian para pemula yang mungkin menemui tipe lokasi parkir mobil seperti ini jangan takut, justru harus kalian latih sesering mungkin.

Hal tersebut untuk membuat kalian akan lebih memahami dan membentuk feeling yang kuat pada saat mengendari mobil. Kiranya seperti itu langkah-langkah cara parkir paralel mobil matic atau manual yang bisa otoflik.com sampaikan. Semoga bisa menjadi referensi yang menarik.

Tags: , ,