3 Jenis Kaca Spion Mobil Terlengkap Beserta Fungsinya 2020

Jenis Kaca Spion Mobil – Berkendara dengan aman dan nyaman tentu menjadi hal yang selalu di inginkan oleh setiap pengguna jalan. Sayangnya kesadaran masyarakat akan hal tersebut sepertinya masih cukup minim sehingga seringkali mengabaikan beberapa hal penting yang memiliki peranan besar dalam keselamatan berkendara.

Salah satunya berkaitan dengan penggunaan kaca spion. Seperti yang kita semua ketahui dan pahami, kaca spion pada sebuah kendaraan merupakan piranti yang memiliki peranan cukup vital terkait dengan keselamatan berkendara. Tidak terkecuali pada kendaraan roda empat atau mobil yang kalian miliki.

Bukan hanya sebagai bagian dari sistem keselamatan, ternyata fungsi utama dari kaca spion mobil juga berbeda-beda sesuai dengan jenis kaca spion mobil yang digunakan. Namun hal ini sepertinya masih kurang dipahami karena masih banyak masyarakat yang mungkin menyamaartikan semua jenis spion yang ada pada kendaraan, terutama mobil.

Lalu bagimana dengan flikermania ? apakah sudah tahu dan paham dengan hal tersebut ? jika belum, tidak usah khawatir karena pada kesempatan kali ini otofik.com akan membagikan secara lengkap dan datail seputar macam-macam kaca spion yang ada pada mobil. Jadi silahkan simak artikel ini sampai akhir yah.

Jenis Kaca Spion Mobil Beserta Fungsinya

Jenis Kaca Spion Mobil Beserta Fungsinya

Perbedaan jenis kaca spion pada mobil juga membuat fungsi utamanya berbeda. Namun hal terpenting yang harus kalian ingat adalah untuk membuat pengemudi dapat mengemudi mobil dengan aman dan nyaman ada baiknya gunakan spion mobil yang memiliki kaca cembung dengan lapisan amalgama perak.

Kenapa Kaca Spion Pakai Cermin Cembung ?

Kenapa Kaca Spion Pakai Cermin Cembung

Mungkin banyak dari kalian yang belum memahami hal tersebut. Padahal penggunaan cermin cembung pada spion mobil akan membantu mempermudah para pengemudi untuk melihat bagian belakang mobil. Karena pada dasarnya cermin cembung sendiri memiliki sifat divergen atau menyebarkan cahaya.

Dengan begitu otomatis cermin cembung pada spion akan membentuk sifat bayangan yang maya, tegak dan diperkecil. Sehingga cermin ini benar-benar bisa menjadi pilihan yang cocok untuk digunakan sebagai kaca spion mobil. Namun anehnya, beberapa produsen mobil di dunia justru memilih penggunaan kaca spion dengan cermin datar.

READ  10 Jenis Jenis Mobil dari Ciri, Contoh, Karakter & Gambar

Hal ini diklain cukup berbahaya bagi keselamatan para pengemdi. Pasalnya cermin datar akan menghasilkan bayangan maya, tegak, dan sama besar yang justru akan membuat pengemudi tidak akan leluasa dalam melihat sisi belakang. Selain itu cermin datar juga bisa menghasilkan titik buta atau blin sport yang berpotensi mengekibatkan kecelakaan.

Jenis Kaca Spion Mobil

Nah setelah mengetahui alasan kenapa sebaiknya kaca spion mobil menggunakan cermin cembung. Ada baiknya kalian juga paham dengan beberapa jenis kaca spion mobil. Agar nantinya bisa memanfaatkan atau menggunakannya sesuai dengan jenis dan kegunannya. Dan berikut jenis-jenis kaca spion mobil yang perlu kalian ketahui.

1. Kaca Spion Luar (Door Mirror/Side View Mirror)

Kaca Spion Luar

Jenis kaca spion yang pertama perlu kalian ketahui adalah kaca spion luar atau Door Mirror atau juga disebut Side View Mirror. Sesuai dengan namanya, kaca spion yang satu ini terletak pada pilar A atau pada ujung atas pintu. Pada penggunaannya kaca spion ini digunakan untuk melihat bagian belakang mobil beserta sisi samping mobil.

Jika dilihat dari sistem pengoperasiannya, sampai dengan saat ini spion luar mobil dapat di bedakan menjadi dua yaitu kaca spion yang dapat di atur secara otomatis dengan memanfaatkan rangkaian elektronik dan juga yang dapat di atur secara manual.

2. Kaca Spion Mobil Dalam

Kaca Spion Dalam

Kemudian jenis kaca spion mobil yang berikutnya adalah kaca spion mobil bagian dalam. Mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui bahwa dibagian dalam mobil terdapat satu spion yang terletak dibagian kaca atas ataupun dibagian plafon mobil. Namun tahukah kalian fungsi dan manfaat dari kaca tersebut ?

Secara simple, kaca spion mobil bagian dalam tersebut dibuat untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pada pengemudi untuk melihat bagian belakang mobil yang tembus pandang lewat kaca pintu bagian belakang. Bahkan untuk membuatnya terasa lebih nyaman dilihat, ada juga yang dirancang dengan kemampuan mereduksi pancaran sinar lampu.

3. Kaca Spion Mobil Tambahan

Kaca Spion Tambahan

Dan jenis kaca spion mobil yang terakhir adalah kaca spion tambahan. Yang dimana kaca spion tersebut umumnya di berikan oleh beberapa produsen otomotif ternama dunia seperti Honda, BWM, Suzuki, atau yang lainnya sebagai alat bantu tambahan ketika kalian melewati jalan sempit atau ingin memarkirkan mobil.

READ  3 Pembersih Kerak Mesin : Jenis, Fungsi & Cara Penggunaan

Terutama ketika kalian ingin melakukan parkir mobil paralel. Dengan begitu kalian akan dapat melihat posisi roda depan sisi penumpang dengan trototar atau pinggi jalan yang dilaluinya. Dengan begitu akan membuat pengemudi dapat meminimalisir terjadinya gesekan antara roda dan trotoar. Biasanya spion ini diletakan dibagian atas fender sisi depan dengan ukuran kecil dan dibuat dengan bentuk cembung.

Fungsi Kaca Spion Mobil

Fungsi Kaca Spion Mobil

Selain fungsi utama dari tiap-tiap jenis kaca spion seperti yang sudah kami jelaskan diatas, ada juga beberapa fungsi lain dari kaca spion pada sebuah kendaraan baik mobil ataupun motor. Diantaranya adalah :

1. Sebagai Pedoman Posisi Kendaraan

Pertama sebagai pedoman posisi kendaraan. Dengan melihat kaca spion maka kalian akan dapat memposisikan mobil kalian sesuai dengan posisi yang tepat yaitu tidak terlalu mepet dengan kendaraan yang lain.

2. Membantu Manuver Saat Parkir

Kedua sebagai media untuk membantu setiap pengemudi yang ingin melakukan manuver saat parkir. Sehingga kalian tidak akan menabrak pembatas parkir atau mobil yang lainnya.

3. Melihat Kondisi di Belakang

Kemudian spion mobil juga memiliki fungi untuk mengetahui kondisi jalan atau lalu lintas dibagian belakang. Karena saat berkendara terutama menggunakan mobil, kita diharuskan untuk selalu waspada terhadap apapun itu termasuk lalu lintas dibelakang kendaraan kita.

4. Mencegah Tabrakan Saat Pindah Jalur

Dan fungsi yang selanjutnya adalah sebagai pencegah terjadinya tabrakan saat kalian ingin berpindah jalur. Dengan begitu ketika kalian memanfaatkan kaca spion mobil, tentu akan meminimalisir terjadinya tabrakan saat berpindah jalur.

Bagaiman sudah cukup lengkap kan informasi yang otoflik.com sampaikan diatas ? Setelah memaham jenis-jenis spion mobil, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah selalu merawat kaca spion dari kotoran seperti debu atau bahkan kaca spion berminyak agar selalu bersih dan membuat kalian tidak kesulitan melihat spion.

Semoga dengan adanya rangkuman singkat mengenai fungsi dan jenis kaca spion mobil yang kami tulis diatas, kalian lebih bisa memahampi pentingnya sebuah kaca spion pada sebuah kendaraan terutama mobil dan motor.

Tags: , , ,