6 Komponen Washer Mobil : Gambar, Fungsi dan Cara Kerja

Komponen Washer Mobil – Mobil masih menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak dipilih sebagian besar orang di kalangan menengah ke atas. Alasannya bukan lagi karena untuk gaya hidup, tetapi karena fungsionalitas sebuah mobil sendiri bisa dibilang begitu besar.

Tidak heran jika saat ini popularitas mobil sebagai salah satu moda transportasi darat begitu tinggi di tanah air. Bahkan di era modern seperti sekarang ini, jika kalian ingin memiliki sebuah mobil, akan disuguhi begitu banyak pilihan JENIS MOBIL untuk bisa di pilih.

Akan tetapi tidak sekedar hanya bisa memiliki, sebagai pengguna setidaknya kita sebagai pemilik harus dituntut untuk bisa mengetahui komponen mobil beserta fungsi yang dimiliki dari tiap-tiap komponen tersebut. Tidak terkecuali komponen bernama Washer.

Menjadi salah satu bagian dari sistem kelistrikan layaknya LAMPU MOBIL, Washer pada mobil juga memiliki peran begitu penting. Hanya saja tidak banyak para pemilik kendaraan mengetahui apa itu washer dan juga apa fungsi utama washer pada mobil.

Komponen Washer Mobil Beserta Fungsinya

Apalagi jika ditanya apa saja komponen washer mobil. Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini, otoflik akan menjelaskan dan membagikan informasi terkait apa itu washer mobil lengkap dengan apa saja komponen washer mobil itu sendiri.

Apa Itu Washer Mobil?

Apa Itu Washer Mobil

Washer pada mobil merupakan sebuah air pembersih kaca depan mobil yang akan dapat kita kontrol keluarannya dengan menggunakan rangkaian elektronik. Dengan begitu pandangan mata pengemudi tidak akan terhalang apapun.

Ketika washer digunakan, maka wiper sebagai komponen keamanan dan keselamatan dalam berkendara pun akan membantu mengusapnya dari bagian kaca mobil. Maka dari itu dua komponen mobil yakni wiper dan washer menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Komponen Washer Mobil

Seperti otoflik jelaskan di atas, washer akan bekerja dengan cara disemprotkan ke bagian kaca mobil. Tentunya akan bisa kita manfaatkan untuk membersihkan kaca. Namun proses penyemprotan tersebut tentu saja membutuhkan bantuan berbagai macam komponen penting.

READ  98 Harga Truk Hino Termurah Baru Bekas dan Terbaru 2021

Nah berikut ini adalah beberapa daftar komponen washer mobil yang mungkin perlu untuk flikermania ketahui dan pahami lengkap dengan fungsi masing-masing komponen yang ada di dalam rangkaian washer pada mobil beserta cara kerjanya.

1. Tangki Washer

Tangki Washer

Komponen washer mobil yang pertama adalah tangki washer. Komponen ini umumnya memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan jenis mobil dan kebanyakan memiliki warna putih susu. Dibagian kanan-kirinya terdapat tambahan belalai sebagai tempat mur dan baut untuk pengikat ke bagian dudukan.

Tangki washer atau washer tank sendiri memiliki fungsi untuk menampung cairan pembersih, fluida atau setidaknya air biasa sebagai cairan yang akan disemprotkan ke bagian kaca mobil. Kemudian cairan tersebut akan di usap dengan bersih oleh WIPER MOBIL.

2. Motor Washer

Motor Washer

Komponen berikutnya adalah motor washer. pertanyaannya motor washer berfungsi untuk apa? Nah bagi kalian yang penasaran, fungsi utama dari motor washer yakni untuk menggerakan pompa sehingga cairan pembersih atau fluida yang tertampung pada washer tank dapat disemprotkan ke kaca mobil.

Nah bicara mengenai motor washer, sampai dengan saat ini setidaknya ada tiga jenis motor washer yang paling umum digunakan. Ketiga jenis tersebut antara lain :

  1. Wound Motor : merupakan tipe motor yang gaya magnetnya dihasilkan dari kumparan coil untuk menciptakan gaya elektromagnetik.
  2. Ferrite Magnet : Merupakan tipe motor yang gaya magnetnya dihasilkan oleh magnet permanen yang dipasang pada bagian motor washer tersebut.

3. Pompa Washer

Pompa Washer

Kemudian komponen washer mobil berikutnya adalah pompa washer. Termasuk dalam satu kesatuan dengan motor washer, sampai saat ini ternyata ada beberapa jenis atau tipe pompa washer yang umum digunakan. Beberapa jenis pompa washer tersebut meliputi:

  • Tipe Roda Gigi
  • Tipe Squeeze
  • Tipe Sentrifugal

Dari ketiga jenis pompa washer tersebut, sekarang ini tipe Sentrifugal menjadi salah satu tipe pompa yang cukup banyak digunakan. Hal ini dikarenakan tipe pompa sentrifugal memiliki ketahanan dan masa pakai cukup kuat. Sebab pada tipe ini tidak banyak bagian-bagian yang saling bersinggungan.

READ  50 Mobil Mewah di Dunia dan Indonesia Paling Keren 2021

Akan tetapi meski menjadi salah satu komponen pompa washer mobil yang bagus. Sayangnya tipe ini juga punya kelemahan. Kelemahan tersebut yakni tidak akan sanggup menghisap cairan pembersih apabila posisi tangki berada di bawah pompa.

4. Selang

Selang Wahser

Selanjutnya ada komponen washer mobil lain yang bernama selang atau hose. Komponen ini mempunyai bentuk layaknya selang atau pipa pada umumnya namun dengan ukuran yang lebih kecil. Fungsi utama dari selang pada washer mobil sendiri cukup penting.

Yaitu sebagai penghubung antara pompa washer dengan nozzle. Dengan begitu cairan pembersih di dalam tangki washer yang telah dipompa akan bisa dialirkan menuju ke nozzle kemudian disemprotkan ke bagian kaca mobil.

5. Nozzle

Nozzle Washer Mobil

Tidak hanya sampai disitu, masih ada beberapa komponen washer mobil lain yang cukup penting dalam rangkaian ini. Nah komponen tersebut adalah Nozzle atau nosel yang merupakan komponen berbahan pipa tembaga, alumunium atau resin yang terdapat lubang orifice berukuran kecil.

Fungsi utama dari nozzle pada washer mobil sendiri sebagai penyemprot cairan ke kaca mobil. Bentuknya cukup kecil dan ukuran lubang orifice sekitar 0.8 mm sampai 1 mm. Dan perlu di pahami bahwa jenis nozzle normal memiliki bentuk keluaran penyemprotannya tanpa penyebaran.

6. Cairan Pembersih

Cairan Pembersih

Dan komponen washer mobil terakhir yaitu fluida atau cairan pembersih. Komponen satu ini benar-benar menjadi bagian paling penting, sebab komponen inilah yang nantinya akan menjadi pembersih kaca mobil bagian depan.

Nah cairan pembersih washer sendiri terdiri dari zat anti beku yang dilengkapi dengan adanya detergents khusus mobil serta zat anti karat yang aman untuk karet blade pada Wiper serta pada CAT BODY MOBIL.

Akhir Kata

Nah seperti itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com rangkum serta sampaikan terkait komponen washer mobil beserta fungsi dan cara kerja dari masing-masing komponen tersebut. Semoga dengan informasi di atas, kini kalian lebih paham apa saja komponen di dalam rangkaian washer mobil.

Tags: , , ,