√ Apa Itu Blind Spot Pada Mobil : Penyebab & Cara Mengatasi

Apa Itu Blind Spot Pada Mobil – Berkendara menggunakan mobil setidaknya akan dapat memberikan rasa nyaman serta aman di setiap perjalanan. Sebab, tidak sedikit pabrikan mobil kini sudah melengkapi mobil – mobil keluaran terbaru mereka dengan berbagai macam teknologi serta fitur canggih di dalamnya.

Tidak sekedar sebagai fitur tambahan yang meningkatkan harga jual. Tetapi beberapa teknologi canggih yang kini dapat kita jumpai pada kendaraan baru juga memungkinkan visibilitas pandangan para pengemudi semakin sempurna. Dengan hal tersebut, diharapkan pengemudi tidak mengalami blind spot.

Mendengar kata “Blind Spot” sadar atau tidak sadar, sebagai pengguna jalan raya pastinya pernah mengalami serta merasakan blind spot saat mengendarai kendaraan. Bahkan tidak bisa di pungkiri blind spot sendiri merupakan salah satu pemicu kecelakaan yang cukup sering terjadi.

Sayangnya meski banyak sekali pengemudi merasakannya ketika membawa mobil di jalan raya, tidak sedikit dari mereka mengetahui apa itu blind spot dalam berkendara. Jika kalian adalah salah satu di antaranya, kami rasa tepat sekali masuk ke artikel otoflik ini.

Apa Itu Blind Spot Pada Mobil dari Pengertian Penyebab Cara Mengatasi

Karena seperti judul yang sudah kami tulis di atas, kali ini otoflik akan secara rinci menjelaskan apa itu blind spot pada mobil, faktor yang memungkinkan terjadinya blind spot, contoh blind spot serta bagaimana cara mengatasi blind spot pada mobil. Jadi pastikan simak penjelasan lengkapnya sampai akhir.

Apa Itu Blind Spot Pada Mobil?

Memahami Arti Blind Spot Pada Mobil

Menjadi faktor sangat berpengaruh terhadap keamanan berkendara. Blind spot atau dalam bahasa Indonesianya diartikan sebagai “Titik Buta” memang kerap menjadi penyebab kecelakaan. Nah pertanyaannya apa sih arti dari blind spot pada mobil itu?.

Apa yang dimaksud dengan blind spot adalah titik buta atau area visibilitas dan bidang padang yang sama sekali tidak terlihat oleh pengendara di saat mengendarai kendaraan baik mobil ataupun motor. Terutama kendara lain yang ada di bagian samping kiri atau kanan baik itu dari kaca spion maupun kaca samping kendaraan itu sendiri.

READ  5 Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi & Cara Mengatasi

Area blind spot pada kendaraan pun tidak akan pernah sama dan pasti berbeda-beda. Hal tersebut karena area blind spot pada kendaraan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk model serta jenis kendaraan yang digunakan. Sebagai info penting, kendaraan JENIS TRUK sampai saat ini tercatat memiliki area blind spot paling besar.

Faktor Penyebab Blind Spot

Faktor Penyebab Blind Spot

Setelah memahami apa itu blind spot pada mobil seperti yang sudah otoflik.com jelaskan di atas. Kita bisa tahu bahwa, ternyata area titik buta atau blind spot pada mata saat berkendara menggunakan mobil memang disebabkan oleh banyak faktor.

Yang dimana dari banyak penuturan para pengemudi mobil, diketahui bahwa area blind spot pada mobil ternyata di sebabkan dari beberapa faktor berikut ini :

  1. Dimensi kendaraan
  2. Lingkungan dimana kendaraan itu melaju
  3. Kondisi lalu lintas yang sedang terjadi
  4. Cuaca saat berkendara memakai mobil/motor
  5. Serta muatan di dalam kabin yang menumpuk serta menghalangi pandangan pengemudi saat mengendarai.

Dari data di atas, tidak bisa dipungkiri bahwa dimensi kendaraan menjadi faktor yang begitu berpengaruh terhadap titik buta atau blind spot pada  mobil. Semakin besar dimensi kendaraan, maka akan semakin besar juga area blind spot di mobil itu. Tidak heran jika truk menjadi jenis kendaraan paling besar area blind spot-nya.

Contoh Blind Spot Pada Mobil

Saat sudah paham dan tahu arti apa itu blind spot pada mobil seperti kami sampaikan di atas. Untuk membantu memahami gambaran seperti apa itu area blind spot atau titik buta pada mobil. Berikut ini beberapa contoh area blind spot pada mobil yang bisa kalian jadikan gambarannya.

Area Blind Spot Kendaraan Area Titik Buta atau Blind Spot Pada Mobil Blind Spot Pada Truk Contoh Blid Spot Pada Mobil

Cara Mengatasi Blind Spot Pada Mobil

Cara Mengatasi Blind Spot Pada Mobil

Dengan memahami apa arti blind spot pada mobil serta beberapa faktor yang memungkinkan terjadinya blind spot seperti otoflik singgung di atas. Maka untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat blind spot, ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasi blind spot pada mobil.

1. Memahami Area Blind Spot di Mobil Kita

Salah satu hal bisa kita lakukan untuk bisa menghindari kecelakaan akibat blind spot, maka hal pertama untuk bisa kita gunakan dalam mengantisipasi masalah tersebut yakni dengan memahami area blind spot pada kendaraan kita bahkan jika bisa pahami juga area blind spot pada mobil lain. Sehingga kalian bisa memprediksi bahaya apa saja yang bisa saja terjadi.

READ  30 Komponen Gardan Mobil : Pengertian, Jenis & Fungsi

2. Mengatur Posisi Kaca Spion

Sedikit tips penting untuk menghindari kecelakaan akibat blind spot pada mobil yakni dengan mengatur posisi kaca spion sebelum berkendara. Cara ini bisa dibilang menjadi solusi paling mudah dilakukan. Karena kalian hanya perlu benar-benar mengatur serta memposisikan kaca spion dengan tepat sesuai pandangan mata kalian dari dalam kabin mobil.

3. Tetap Menjaga Jarak Aman Berkendara

Kemudian selain dua hal di atas, menjaga jarak aman berkendara juga menjadi satu hal penting ketika kalian tidak ingin mengalami blind spot. Dengan kata lain, pastikan ketika membawa mobil posisikan kendaraan dari kendaraan lain dengan jarak yang ideal dan aman.

4. Jangan Pernah Menyalip dari Sisi Kiri

Jangan Pernah Menyalip dari Sisi Kiri

Etika berkendara di Indonesia saat menyalip kendaraan lain dengan baik yakni dilakukan dari jalur sebelah kanan. Jadi ketika kalian mengalami blind spot jangan pernah menyalip atau mendahului mobil / motor lain dari sisi kiri yah, apalagi itu dilakukan di jalan raya.

5. Beri Kaca Spion Tambahan

Ketika sudah memahami apa itu blind spot dan kalian juga telah memahami area blind spot mana saja yang ada di dalam kendaraan kalian. Maka tidak salah jika menambah aksesoris berupa kaca spion tambahan untuk memperluas visibilitas mata pengemudi untuk melihat area sekeliling mobil.

6. Fokuskan Mata & Pandangan Saat Berkendara

Kewaspadaan berkendara memang akan datang dari diri kita sendiri, oleh karena itu. Sangat kami sarankan ketika berkendara terutama menggunakan mobil, jangan pernah memalingkan pandangan mata dari arah depan dan juga sekitarnya. Apalagi sambil menggenggam atau memainkan HP.

7. Bunyikan Klakson & Nyalakan Lampu Sein

Ketika akan mendahului kendaraan lain di depannya, sangat disarankan untuk membunyikan klakson serta menyalakan lampu sein. Hal ini biasanya dilakukan sebagai bentuk peringatan kepada kendaraan lain bahwa kita akan mendahului mobil di depan. Atau jika perlu nyalakan lampu tembak untuk mengkonfirmasi kepada pengemudi di depannya.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa penjelasan penting yang perlu flikermania pahami serta pelajari ketika mendengar kata blind spot dalam berkendara. Dimana dalam penjelasan tersebut, otoflik.com telah memberikan sedikit pemahaman terkait apa itu blind spot, faktor yang mempengaruhi, serta contoh dan juga cara mengatasi blind spot pada mobil.

Tags: , , ,