√ Alarm Mobil Tidak Bunyi ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Alarm Mobil Tidak Bunyi – Menjaga keamanan kendaraan sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai pemilik. Umumnya ada banyak cara yang bisa kita aplikasi untuk memaksimalkan keamanan kendaraan, salah satunya yakni dengan memasang alarm sebagai pemberi tanda peringatan.

Cara tersebut memang bisa dibilang cukup efektif untuk menjaga keamanan pada sebuah kendaraan, terutama jenis kendaraan mobil. Punya peran begitu penting dalam hal keamanan, tidak sedikit para produsen pembuat mobil saat ini melengkapi produk baru mereka dengan fitur alarm.

Melalui bunyi yang keluar dari sistem alarm mobil, setidaknya hal ini akan memberi peringatan bahwa ada hal yang tidak beres. Dengan begitu sebagai pemilik tentu saja akan bisa langsung mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk tindak kejahatan seperti pencurian.

Dengan peran pentingnya tersebut, sistem alarm sebenarnya tidak memerlukan perawatan yang ekstra. Namun bukan berarti tidak perlu dirawat yah. Termasuk dalam barang elektronik, sistem alarm tentu punya pusat kontrol yang terbagi menjadi dua bagian.

Alarm Mobil Tidak Bunyi Penyebab dan Cara Mengatasi

Kedua bagian tersebut yakni remot dan juga perangkat penerima sinyal. Kedua bagian ini sebisa mungkin harus dalam kondisi normal. Jika tidak maka alarm mobil tidak bunyi. Apabila sudah seperti itu, maka mau tidak mau kalian harus segera memperbaikinya.

Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi

Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi

Disaat kondisi alarm tidak berfungsi dan tidak bunyi. Tentu saja hal ini akan sedikit merepotkan. Pasalnya mau tidak mau kalian harus membawa ke bengkel untuk perbaikan alarm mobil. Jika saat ini hal serupa sedang kalian alami.

Kami rasa tidak perlu khawatir akan masalah ini. Karena pada kesempatan yang baik ini otoflik akan menjelaskan secara detail penyebab serta cara mengatasi alarm mobil tidak bunyi dan tidak berfungsi saat di kunci atau lainnya.

Akan tetapi sebelum kita masuk ke tips cara mengatasi alarm mobil tidak mengeluarkan suara sirine atau bunyi. Berikut ini adalah beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab alarm mobil tidak bunyi baik saat remot ditekan maupun saat pintu mobil di kunci.

  • Baterai di central lock habis.
  • Pengaturan alarm mobil dalam mode valet.
  • Modul alarm mobil rusak.
  • Gangguan frekuensi.
  • Aki Soak.
  • Sekring jalur alarm putus.
READ  6 Cara Pasang Stiker Motor Yang Benar dan Anti Lepas

Cara Mengatasi Alarm Mobil Tidak Bunyi

Hampir sama seperti posisi ALARM MOBIL BUNYI TERUS yang sebelumnya pernah otoflik posting. Sebenarnya cara mengatasi alarm mobil tidak bunyi pun bisa dikategorikan cukup mudah. Bahkan dapat kita lakukan sendiri apabila sudah mengetahui apa sebenarnya penyebab yang membuat alarm tidak bunyi.

Nah buat kalian para pemilik mobil yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah tersebut, berikut kiranya beberapa tips cara mengatasi alarm mobil yang tidak berfungsi dan tidak mengeluarkan bunyi.

1. Ganti Baterai Central Lock

Ganti Baterai Central Lock

Kondisi baterai central lock yang habis memang menjadi penyebab utama alarm mobil tidak bunyi. Ini biasanya karena masa pakai yang sudah terlalu lama dan tidak segera kalian ganti sampai benar-benar posisi kapasitas baterai habis.

Maka dari itu, solusi paling tepat untuk mengatasi masalah ini yakni dengan mengganti baterai central lock. Untuk masalah ini kalian bisa lakukan penggantian sendiri, atau bisa juga kalian bawa ke bengkel resmi produsen mobil di wilayah kalian tinggal.

2. Ubah Mode Valet ke Normal

Ubah Mode Valet ke Normal

Mode valet pada sistem alarm mobil menjadi salah satu mode yang bisa kita gunakan. Fungsi utama mode valet pada sistem alarm mobil yakni untuk membuat alarm dalam mode senyap atau silent yang umumnya di aktifkan pada saat kalian memarkirkan mobil di beberapa lokasi tertentu.

Termasuk diantaranya parkir di mall, hotel, restoran atau tempat lainnya dengan bantuan orang lain (petugas parkir). Oleh karena itu, keamanan pada sistem parkir tersebut harus dilonggarkan.

Nah pada saat kondisi mode valet hidup maka ketika kalian menekan tombol pada central lock pun tidak akan bunyi. Untuk mengatasinya silahkan matikan mode valet atau aktifkan mode normal.

3. Perbaiki / Ganti Modul Alarm

Perbaiki atau Ganti Modul Alarm

Namanya perangkat elektronik, suatu saat tentu akan mengalami kerusakan. Hal tersebut juga berlaku pada modul sistem alarm mobil. Nah jika kondisi modul alarm rusak, biasanya hal ini akan membuat arus tidak akan mengalir untuk mengatur kerja sirine.

READ  Cara Memasang Alarm Mobil Terlengkap dan Terbaru 2021

Dengan begitu alarm mobil pun tidak bunyi baik saat di kunci maupun saat kalian tekan tombol pada central lock. Oleh karena itu satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini yakni dengan memperbaiki atau bahkan mengganti MODUL ALARM MOBIL dengan kondisi baru.

 4. Hindari Parkir di Area Pemancar

Hindari Parkir di Area Pemancar

Seperti pada penjelasan penyebab alarm mobil tidak bunyi seperti di atas, gangguan frekuensi menjadi salah satu penyebab utama yang membuat alarm tidak bisa bekerja dengan baik. Yah, hal tersebut karena besar kemungkinan terjadi akibat gelombang frekuensi terganggu oleh frekuensi lain.

Biasanya gangguan frekuensi ini terjadi pada saat kalian memarkirkan mobil di wilayah yang dekat dengan antena pemancar radio, BTS, logam protector atau bahkan pemancar CCTV. Oleh karena itu, sebaiknya hindari parkir mobil di tempat yang terindikasi punya frekuensi pemancar tersebut.

5. Periska Sensor Pintu Mobil

Periska Sensor Pintu Mobil

Sebagai salah satu sistem keamanan pada mobil, alarm mobil erat kaitannya pada sistem sensor pada pintu mobil. Seperti apa yang kita semua ketahui, ketika pintu mobil kita tutup atau buka, secara otomatis sistem alarm akan bunyi. Nah hal tersebut terjadi karena sistem alarm membaca sensor gerak pintu.

Apabila kondisi sensor pintu tersebut rusak, sudah bisa dipastikan bahwa alarm mobil tidak bunyi. Jadi kemungkinan besar jika sensor pintu rusak, maka sensitivitas sensor alarm pun akan terganggu. Oleh karena itulah alarm mobil tidak akan berfungsi dengan baik.

Akhir Kata

Dari penjelasan singkat diatas, setidaknya bisa kita ambil kesimpulan bahwa alarm mobil tidak bunyi bukan berarti modul atau perangkat alarm mobil rusak. Karena jika kita perhatikan, ada banyak sekali faktor penyebab yang membuatnya tidak berfungsi dengan baik.

Kiranya itulah penjelasan singkat yang bisa otoflik.com rangkum pada kesempatan kali ini terkait penyebab dan cara mengatasi alarm mobil tidak bunyi. Semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa menjadi referensi dan bisa menjadi bahan pembelajaran bersama.

Tags: , , ,