Cara Memasang Alarm Mobil Terlengkap dan Terbaru 2019

Cara Memasang Alarm Mobil – Bukan hanya pertumbuhan dan populasi manusia yang semakin hari semakin meningkat, di Indonesia pertumbuhan industri otomotif pun juga cukup pesat. Bahkan hampir setiap saat kita bisa melihat ada ratusan mobil dan motor yang begitu banyak berlalu-lalang di jalan raya. Bicara soal mobil dan motor, kedua benda tersebut bisa dibilang merupakan salah satu aset yang harus kita jaga kapanpun dan dimanapun dari tindakan kriminal seperti pencurian atau yang lainnya.

Hal tersebut sudah sepantasnya untuk terus kita tingkatkan agar keamanan dari aset yang kita miliki benar-benar bisa terjaga dengan baik. Karena yang namanya kejahatan saat ini benar-benar tidak melihat kondisi dan waktu, jadi jika kita tidak memperhatikannya maka bisa saja hal buruk tersebut datang kepada kita. Untuk itu agar aset-aset berharga yang kita miliki terutama mobil agar tidak kecolongan, maka kita harus memberikan alat pelindung.

Dari sekian banyaknya alat pelindung mobil yang ada, alarm mobil adalah yang paling sering di pilih banyak orang karena selain harga alarm mobil rata-rata di jual dengan harga terjangkau, cara memasang alarm mobil pun bisa dikatakan cukup mudah dan simple hanya saja ada beberpa hal yang perlu di perhatikan agar hasilnya tidak mengecewakan. Maka dari itu saran kali agar kalian memasangkan alarm mobil yang kalin beli pada ahlinya.

Jika dahulu alarm mobil dirancang dengan cukup sederhana sehingga pemasangannya pun harus ekstra hati-hati, maka dengan meningkatnya teknologi yang semakin canggih saat ini, banyak sekali jenis alarm mobil terbaik yang sudah dirancang dengan beragam fitur dan juga terknologi termasuk dari sektor keamanannya tersebut. Dan jika kalian ingin mengetahui langkah dan cara memasang alarm mobil yang baik dan benar, silahkan simak informasi terbaru berikut ini.

Tips Cara Memasang Alarm Mobil dan Central Lock

Cara Memasang Alarm Mobil

Cara Memasang Alarm Mobil

Pemilihan Central Lock & Alarm

Sebelum anda memasng aksesoris mobil untuk keamanan yang satu ini, alangkah baiknya untuk kalian bisa memahami cara kerja alarm mobil yang mungkin belum sama sekali kalian ketahui. Selain itu dalam pemilihan alarm mobil juga benar-benar harus kalian perhatikan cocok dan tidaknya dengan tipe mobil anda. Karena meski harga alarm mobil yang kalian beli dengan harga mahal belum tentu cocok dengan tipe mobil yang anda miliki.

Hal tersebut menjadi langkah pertama yang harus kalian perhatikan agar ketika pemasangan nantinya tidak menimbulkan kesalahan dan juga kesulitan. Dan beberapa hal yang patut untuk kalian perhatikan antara lain :

  1. Penempatan yang sesuai dengan tipe mobil kalian
  2. Instalasi kelistrikan untuk mobil kalian
  3. Serta perhatikan sumber tenaga yang digunakan oleh alarm mobil kalian tersebut
READ  Mesin Motor Bunyi Klotok Klotok, Begini Cara Mengatasinya

Jika dirasa hal diatas sudah kalian perhatikan dengan benar maka langkah selanjutnya adalah kalian pilih central lock serta alarm mobil yang sesuai dengan tipe mobil kalian. Yang mana biasanya dalam satu paket central lock dan alarm setidaknya ada 4 buah pistol penggerak (lock actuator), 4 batang kawat penarik/pendorong, satu set kabel untuk 4 pintu dan juga satu central lock module dengan 8 pin konektor.

Cara Memasang Central Lock dan Alarm

Setelah kalian membeli central lock serta alarm mobil, berikut adalah cara memasang alarm mobil beserta central lock yang baik dan benar. Jika mobil yang kalian miliki adalah jenis sedan atau minibus, biasanya kalian tidak membutuhkan pelat berlubang sebagai dudukan lock actuatornya. Melainkan kalian hanya perlu mengebor pintu sisi dalam sebagai tempat meletakan lock actuatornya.

Pada pemasangan lock actuator, perlu di perhatikan bahwa pada umumnya untuk komponen lock actuatoryang memiliki 5 buah kabel berwarna hitam, putih, coklat, hijau, dan biru harus ditempatkan pada bagian pintu utama atau pintu pada sisi setir berada. Sedangkan lock actuator yang lainnya yang umumnya hanya berkabel dua warna yakni hijau dan biru untuk kalian tempatkan pada pintu yang lain.

Central Lock Diagram

Central Lock Diagram

Cara memasang alarm mobil terutama pada bagian lock actuatornya ini benar-benar harus kalian perhatikan, maka agar tidak salah seperti diatas kami sampaikan sebaiknya bawa saja mobil ke tempat pemasangan alarm mobil agar tidak kerepotan. Karena apabila salah sedikit saja biasanya alarm mobil atau alar motor tidak akan bisa bekerja.

Langkah selanjutnya adalah memasangkan kabel bawaan dari central lock yang bisa dibilang cukup mudah karena biasanya masing-masing kabel sudah dilengkpai dengan pin konektor sehingga tinggal memasangkannya saja dengan tepat dan benar sesuai bagiannya pada modul lock actuatornya. Dan ada baiknya dalam cara memasnag alarm mobil ini sebaiknya letakan modul central lock dibawah dashboard.

Hal tersebut tentunya agar modul tersebut bisa terlindungi. Dan apabila instalasi kabel tersebut sudah selesai seluruhnya, maka langkah berikutnya dalam merakit alarm mobil adalah menyambungkan kabel power pada modul central lock ke aki atau accu. Dan umumya pada bagian ini kabel merah menjadi kabel kutub positf (+) dan hitam adalah kabel untuk kutub negatif (-).

Apabila sudah terpasang dengan benar, sebaiknya cek terlebih dahulu dengan cara menaik turunkan tuas pengunci pada pintu utama, jika pemasangannya sesuai dan benar, maka seharusnya lock actuator yang ada pada pintu lain akan mengikuti baik saat tuas pengunci di gerakan naik atau turun. Jika pemasangan sudah selesai rapikan kabel yang ada sesuai dengan tempat  yang ada pada mobil kalian.

Cara Menyambung Central Lock dan Remote Alarm Mobil

Alarm Mobil Terbaik

Alarm Mobil Terbaik

Cara memasang alarm mobil yang selanjutnya adalah menyambngkan modul central lock yang sudah kita pasang diatas dengan remote alarm mobil. Biasanya pada bagian ini kita harus benar-benar memperhatikan dalam hal penambungan kabelnya karena memang harus sesuai dengan jalurnya masing-masing agar alarm yang kita pasang bisa berkerja dengan menggunakan bantuan remote.

READ  12 Cara Membersihkan Kaca Mobil Berminyak Baret dan Jamur

Yang mana pada umumnya dalam satu set remote alarm mobil ada dua bagian kabel yang harus diperhatian, yang mana satu harus kalian hubungkan dengan rengkaian central lock yang sudah kalian rangkai dan pasang seperti pada cara diats, sedangkan yang satunya harus kalian hubungkan dengan bagian kelistrikan atau aki mobil. Dan berikut adalah beberapa warna kabel yang harus di perhatikan.

  1. Merah : Umumnya di sambungkan pada bagian aki mobil untuk kutub (+)
  2. Hitam : Biasanya kabel ini memiliki ukuran yang lebih besar karena akan di hubungkan ke bagian bodi mobil alias kutub (-)
  3. Merah Hitam : Kabel ini biasanya akan digunakan untuk di hubungkan ke bagian bagasi/trunk namun umumnya kabel ini tak digunakan
  4. Coklat : Kabel ini ada dua yang akan terhubung ke bagian lampu sein kanan dan kiri
  5. Pink : Dan yang satu ini akan terhubung ke spiker (Sirine) bawaan dalam satu paket pembelian remote alarm, jika kalian ingin memasangkannya pada klakson maka kalian perlu menambahkan relay.

Itulah cara memasang alarm mobil yang baik dan benar untuk sisi kabel yang satu, sementara itu kalian juga harus memperhatikan pemasangan kabel sisi lainnya yang terhubung ke bagian modul lock actuator diatas. Untuk itu silahkan lihat cara memasang kabelnya berikut ini.

  1. Biru : Biasanya akan di kaitkan ke swith pintu untuk kutub (-)
  2. Putih : Kabel ini akan di sambungkan ke ACC atau kontak ON
  3. Orange : Disambungkan ke Fot Brake atau pada kabel switch rem belakang
  4. Merah Kecil : Dan yang satu ini diarakhan untuk switch pintu (+) serta warna kuning yang ke arah relay starter biasanya tidak digunakan

Setelah selesai memasangnya dengan sempurna, sebenarnya ada kabel lain yang harus kalian pasang ke arah central lock. Dan umumnya pada bagian ini ada setidaknya 6 buah warna kabel yang masing-masing kabel tersebut antara lain :

Kabel Oranye serta Oranye Hitam ini di paralel untuk disambungkan ke bodi mobl sebagai kutub negatif (-). Sementara untuk kabel Kuning dan Kuning Hitam diparalel untuk disambungkan ke kabel merah sebagai kutub (+) pada aki mobil.

Kemudian untuk kabel Putih serta Putih Hitam disambungkan ke kabel berwarna Putih dan Coklat pada central lock diatas. Jika sudah maka cara memasang alarm mobil ini sudah selesai. Untuk memastikan berhasil tidak, silahkan kalian pencet tombol buka kunci serta tutup kunci dan sirine serta yang lainnya.

Jika berhasil maka selamat cara memasang alarm mobil seperti yang kami sampaikan bisa bermanfaat. Dan semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Tags: , ,