3 Cara Memasang GPS di Motor Sport, Bebek, Matic dan Cara Kerja

Cara Memasang GPS di Motor – Kasus pencurian motor sekarang ini terbilang sangat marak sekali, tidak hanya di wilayah perkotaan saja tindakan pencurian motor juga terjadi di wilayah pedesaaan. Melihat kondisi seperti itu, maka pemiliki kendaraan bermotor was-was takut motor mereka hilang ketika parkir di halaman rumah ataupun di tempat lainnya. Ada beberapa cara agar motor aman dari tindakan pencurian salah satunya adalah dengan memasang GPS di motor anda.

Memasang GPS di motor memang sekarang sudah hal wajib untuk motor aman. Karena dengan memasang GPS di motor, kalau motor hilang anda bisa mengetahui posisi motor yang hilang dimana. Jika sudah mengetahui lokasinya, maka anda bisa menghubungi kantor polisi terdekat untuk meminta bantuan. Selain cara memasang GPS di motor ada juga alternatif lainnya dengan memasang alarm motor.

Cara memasang GPS di motor yang benar dan dijamin bekerja memang membutuhkan ketelitian serta keahlian khusus. Karena sistem kerja GPS di motor ini tidak jauh berbeda dengan GPS yang ada di mobil. Jika ada salah sedikit dalam pemasangannya maka GPS tidak akan bekerja.

Oleh karena itu sangat penting buat anda mengetahui cara memasang GPS di motor yang akan kami beritahukan dibawah ini. Selain penting mengetahui cara memasang GPS ini pada motor, anda juga penting untuk mengetahui cara kerja GPS di motor agar nantinya dalam pengoperasiannya anda sudah paham betul bagaimana melihat posisi motor secara realtime. Untuk lebih jelasnya mengenai cara memasang GPS di motor silahkan anda simak informasinya dibawah ini.

Daftar Isi

READ  7 Cara Menghidupkan Motor PCX Menggunakan Smart Key System

Cara Memasang GPS di Motor dan Cara Kerja GPS

Cara Memasang GPS di Motor dan Cara Kerja GPS

Cara Memasang GPS di Motor dan Cara Kerja GPS

Mengenal Sistem Cara Kerja GPS di Motor

Mengenal Sistem Cara Kerja GPS di Motor

Mengenal Sistem Cara Kerja GPS di Motor

  1. GPS motor akan menerima informasi lokasi dan posisi koordinat bumi dari 3 satelit
  2. GMS yang ada di GPS motor akan mengirimkan sinyal GPRS lewat tower power operator kepada server GPS
  3. Pada server nantinya semua posisi kendaraan bermotor akan diproses dulu untuk bisa mendapatkan informasi secara lengkap dari lokasi, peringatan dan informasi lainnya
  4. Jika sudah nantinya data posisi akan bisa anda lihat lewat web browser, aplikasi dekstop, mobile klien, aplikasi mobile dan lewat media lainnya tergantung dari merk dan tipe GPS motor yang anda beli

Cara Mengetahui Lokasi Motor dengan GPS Tracker

Cara Mengetahui Lokasi Motor dengan GPS Tracker

Cara Mengetahui Lokasi Motor dengan GPS Tracker

  1. Lewat smartphone dengan pilihan sms ataupun telepone
  2. Lewat situs atau website tracking yang disediakan alat GPS tersebut

Dalam mengetahui lokasi motor dengan GPS tracker dibutuhkan koneksi internet atau biaya pulsa dari masing-masing operator seluler yang anda pilih. Pastikan untuk alat GPS motor anda mempunyai kartu SIM yang sudah ada pulsa ataupun paket data internet.

Cara Memasang GPS di Motor

Cara Memasang GPS di Motor

Cara Memasang GPS di Motor

1. Daftarkan kartu SIM

Disarankan menggunakan kartu Telkomsel karena sinyalnya lebih kuat. Jangan lupa untuk aktifkan kartu SIM tersebut dan belikan kartu SIM tersebut paket data internet yang cukup untuk pemakaian bulanan.

2. Memasang kartu SIM pada perangkat GPS

Jika sudah di daftarkan dan diisi paket data internet, tinggal anda masukkan kartu SIM tersebut ke perangkat GPS. Pastikan alat GPS motor sudah dalam kondisi mati. Lalu masukkan kartu SIM setelah itu hidupkan GPS tersebut. Selanjutnya baru aktifkan GPS dan lihat apakah sinyal GPS sudah kuat atau belum. Penting untuk diketahui bahwa stiker hologram yang ada di alat GPS sudah dihadapkan ke bumi agar sinyal GPS kuat.

READ  11 Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil dengan Mudah
3. Memasang GPS di Motor
Memasang GPS di Motor

Memasang GPS di Motor

Kebanyakan alat GPS motor sudah menyediakan buku panduan bagaimana cara memasang GPS pada semua motor bebek, sport ataupun matic. Namun kami memiliki cara sendiri agar anda mudah dalam memasangnya. Hal yang pertama dilakukan adalah anda perlu mengambil 2 buah kabel yang ada di perangkat GPS tersebut kabel itu adalah kabel plus dan kabel minus. Setelah itu anda bisa menyambungkan kabel minus GPS ke kabel minus yang ada di aki motor. Sedangkan kabel plus GPS dihubungkan ke kabel plus aki motor.

Agar posisi alat GPS tidak mudah diketahui, anda bisa memasangnya berjauhan dengan aki motor. Tempat yang aman dan tidak mudah diketahui oleh pencuri motor adalah bagasi motor.

Sekarang anda sudah mengetahui cara memasang GPS di motor beserta cara kerja GPS pada motor matic, sport, ataupun bebek. Untuk harga GPS motor anti maling sendiri dipasaran saat ini berkisar di harga Rp 500 ribuan. Anda bisa membelinya lewat Tokopedia, Bukalapak ataupun toko aksesosir motor yang ada di daerah anda.

Tags: