3 Cara Hitung CC Motor dengan Benar dan Wajib Diketahui

Cara Hitung CC Motor – Motor pastinya dilengkapi dengan mesin-mesin yang berkapasitas berbeda-berbeda, yaitu mulai dari kapasitas 110 cc hingga 1000 cc. Kapasitas tersebut juga pastinya didukung dengan jenis atau tipe mesin yang berkualitas. Berbicara masalah kapasitas mesin, pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai cara hitung cc motor dengan benar dan wajib diketahui oleh kalian semua para pecinta otomotif terlebih bagi kalian yang hobi mengoprek motor untuk dijadikan motor balap.

Berbicara mengenai cc, cc sendiri adalah singkatan dari Centimeter Cubic, dimana di dalam dunia otomotif hal ini dapat juga dinamakan dengan volume ruang bakar. Dimana setiap ruang bakar masing-masing sepeda motor pastinya berbeda-beda, maka dari itu kalian semua dapat mengetahui besaran volume yang terdapat di ruang bakar masing-masing motor tersebut. Walaupun mesin tersebut sudah ditetapkan oleh pabrik, akan tetapi banyak dari mereka yang masih belum puas dengan tenaga mesin tersebut, maka tak sedikit dari mereka yang melakukan perubahan mesin tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mengubah mesin motor tersebut menjadi lebih gahar dan garang dengan cara menaikan kapasitas mesin motor tersebut. Istilah tersebut biasa kita dengar dengan nama Bore Up. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu Bore Up, Bore Up adalah mengganti piston asli pabrikan dengan piston yang memiliki ukuran lebih besar. Dengan tujuan untuk mengubah tenaga motor menjadi lebih besar dan gahar. Bukan hanya itu saja, istilah lainnya juga ada yaitu Stroke Up. Stroke Up sendiri adalah menaikkan langkah piston dengan cara menggeset atau mengganti Big End asli dengan Pen Strocker lainnya.

Baik Bore Up ataupun Stroke Up, keduanya banyak dilakukan oleh para penggemar otomotif. Akan tetapi yang jadi masalah adalah dimana setelah dilakukan Bore atau Stroke ternyata pemilik motor malah menjadi bingung berapa kapasitas mesin motor tersebut? Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan informasi mengenai cara hitung cc motor dengan benar dan wajib diketahui yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

READ  Pengertian Transmisi, Tipe, Fungsi, dan Komponennya

Daftar Isi

Cara Hitung CC Motor dengan Benar dan Wajib Diketahui

Cara Hitung CC Motor dengan Benar dan Wajib Diketahui

Cara Hitung CC Motor dengan Benar dan Wajib Diketahui

Cara Hitung CC Motor dengan Benar

Cara menghitung cc motor dapat menggunakan rumus yang dapat kalian simak berikut ini.

  • П = Rumus absolute sebuah lingkaran “3,14”
  • D = Diameter silinder atau piston
  • L = Panjang langkah piston atau stroke

Atau dapat juga menggunakan rumus 0,785 x Bore x Bore x Stroke. Rumus tersebut juga sama dengan rumus diatas. Dimana O,785 sendiri adalah hasil dari 3,14 : 4 dari rumus diatas. Untuk menghitung cc motor dapat dicoba dengan contoh Yamaha Mio J yang mana memiliki diameter piston standar yaitu 50 mm dengan stroke 57,9 mm. Kalian dapat melakukan bore up dengan menggunakan piston berdiameter 58 mm. Seperti apa jawabannya kita simak dibawah ini.

  • Rumus :

0,785 X Bore X Bore X Stroke

Diketahui bahwa diameter piston Mio J setelah dilakukan Bore Up 58 mm. Panjang langkah piston tetap 57,9 mm jadi dapat dihitung dengan rumus:

0,785 X 58 mm X 58 mm X 57,9 mm = 152898,8 mm

Hasil diatas dapat kalian bagi 1.000. Jadi 152898,8 mm : 1.000 = 152,8 cc. Bagaimana mudah bukan cara menghitungnya?

Cara hitung cc motor memang cukup mudah, jadi wajib untuk kalian ketahui, terlebih bagi kalian yang hobi mengoprek motor balap pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Bore Up dan juga Stroke Up. Kalian juga dapat membaca cara membuat suara turbo pada mobil dan cara memasang alarm mobil di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai cara hitung cc motor dengan benar dan wajib diketahui dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

READ  7 Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Memperbaiki
Tags: