9 Cara Kerja Mesin 2 Tak : Penjelasan & Gambar

Cara Kerja Mesin 2 Tak – Berbicara mengenai motor dengan mesin 2 tak, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan motor legend seperti Yamaha F1Z R, Yamaha RX KING, Kawasaki Ninja 2 Tak dan masih banyak lagi yang lainnya. Motor tersebut mengusung mesin 2 tak yang bisa dikatakan motor keren di jamannya. Motor 2 tak yang kami sebutkan tadi juga saat ini masih menjadi primadona oleh beberapa orang yang hobi koleksi motor 2 tak.

Mmebahas seputar motor 2 tak, kali ini kami akan membahas mengenai cara kerja motor 2 tak. Cara kerja atau prinsip kerja motor 2 tak ini bisa dikatakan cukup simple dan sederhana. Dimana hanya ada sedikit bagian yang bergerak, seperti poros engkol, piston, dan beberapa komponen-komponen lainnya. Perlu kalian ketahui juga bahwa pada motor dengan mesin 2 tak ini tidak menggunakan katup dan juga noken as seperti yang ada pada motor dengan mesin 4 tak.

Nah sebagai gantinya, motor mesin 2 tak ini menggunakan membrane yang berada setelah karburator. Keunggulan mesin 2 tak ini menjadi lebih ringan, sederhana dan lebih murah dalam hal biaya produksinya.Disamping itu juga karena mesin 2 tak ini juyga memiliki responsivitas yang lebih baik serta akselerasi yang baik pula. Hal ini dikarena hanya dalam 1 putaran, mesin 2 tak mampu melaksanakan 4 siklus, yakni hisap, kompresi, ekspansi dan buang.

Namun dalam urusan bahan bakar, mesin 2 tak lebih boros dibandingkan dengan motor yang mengadopsi mesin 4 tak, karena pada saat RPM tinggi dibutuhkan tenaga yang besar sehingga akan banyak mengkonsumsi bahan bakar. Kombinasi ringan dan dua kali kekuatan memberikan mesin 2 tak rasio power-toweight lebih besar dibandingkan mesin 4 tak. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara kerja mesin 2 tak berikut penjelasan serta gambarnya berikut ini.

READ  Biaya Denda Telat Bayar Pajak Motor Terbaru 2020

Cara Kerja Mesin 2 Tak : Penjelasan & Gambar

Cara Kerja Mesin 2 Tak

Cara Kerja Mesin 2 Tak : Langkah Isap

Prinsip Kerja Motor 2 Tak Langkah Isap

Piston Bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas)

  1. Saat bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil campuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Pencampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi.
  2. Ketika melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston sendiri akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar.
  3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai ke TMA.
  4. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi tidak terjadi saat piston sampai ke TMA melainkan terjadi sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran di dalam ruang bakar dapat terjadi ketika piston mulai bergerak dari TMA ke TMB. Karena proses pembakaran membutuhkan wkatu untuk dapat membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala percikan api busi.

Cara Kerja Mesin 2 Tak : Langkah Buang

Prinsip Kerja Motor 2 Tak Langkah Buang

Piston Bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah)

  1. Ketika bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada pada bagian bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, akan semaki meningkat pula tekanan di ruang bilas.
  2. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang masuk gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
  3. Ketika ring piston melewati lubang pembuangan, gas yang ada di dalam ruang bakar akan keluar melalui lubang pembuangan.
  4. Pada saat ring piston melewati lubang masuk, gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar dan sekaligus mendorong keluar gas yang ada di dalam ruang bakar ke lubang pembuangan.
  5. Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar.
READ  Komponen Rem Tromol : Pengertian, Fungsi, & Cara Kerja

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai cara kerja mesin 2 tak mulai dari pengertian, prinsip kerja dan gambarnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan pengetahuan kalian mengenai otomotif, khususnya mesin motor 2 tak.

Tags: