Cara Pasang Power Audio Mobil 4 Channel yang Baik & Benar

Cara Pasang Power Audio Mobil 4 Channel – Mobil masih menjadi sarana transportasi yang cukup banyak di minati masyrakat di Indonesia karena memang memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan motor. Maka dari itu tidak heran apabila saat ini lalu-lalang mobil di jalanan begitu rampai dan padat. Bahkan pernah tidak sih kalian saat berkendara dengan mobil menemui jalanan yang macet ?

Kami rasa kalian semua yang memiliki mobil pernah merasakan hal tersebut dan pastinya membuat mood kalian mulai berkurang. Dan biasanya untuk meningkatkan mood saat menghadapi situasi seperti itu adalah dengan memainkan alunan musik di dalam mobil. Bicara soal musik, tentunya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terutama dari segi audio yang ada pada mobil agar lebih enak di dengar.

Selain pemilihan power audio yang bagus, tentunya cara pemasangan sistem audio yang ada pada mobil juga harus tepat dan sesuai sehingga audio yang kita dengan bisa lebih enak ditelinga. Dan dalam pemasangan atau instalasi power audio pada mobil sendiri bisa dibilang cukup mudah dan dapat di lakukan sendiri dirumah asalkan sesuai dengan petunjuk yang ada pada power audio yang kalian beli.

Hanya saja dalam perakitan sendiri dirumah, kalian harus benar-benar mengetahui beberapa spesifikasi serta jenis dari masing-masing audio tersebut karena dalam urusan ini, biasanya ada beberapa jenis power audio mobil seperti power amplifier 2 channel dan power amplifier 4 channel, serta apakah mendukung bridge atau tidak serta mempunyai kestabilan agar bisa bekerja impedansi speaker berapa ohm. Seperti judul diatas, berikut adalah cara pasang power audio mobil 4 channel yang bisa kalian ikuti dirumah agar kualitas audio sesuai dengan apa yang kalian harapkan.

Tips dan Cara Pasang Power Audio Mobil 4 Channel

Cara Pasang Power Audio Mobil 4 Channel

Cara Pasang Power Audio Mobil 4 Channel

Apabila kalian menginginkan untuk memasang sistem audio mobil sendiri dirumah, maka hal yang perlu kalian perhatikan adalah spesifikasi dari power audio yang kalian miliki. Misalnya ada sebuah power audio memiliki spesifikasi output 2 x 50w @ 4 ohm dan bridget mode 1x200w @ 2 ohm. Maka bisa diartika bahwa power tersebut mempunyai daya output 2 x 50 watt stereo dan mempunyai impedansi speaker yang sesuai yakni 4 ohm.

READ  Syarat Pembuatan SIM yang Wajib Kalian Ketahui !

Dan ketika berada pada bridge mode, maka power amplifier tersebut akan menjadi power dengan output mono atau tunggal dengan bridge output 200 watt dan akan bekerja engan baik pada impedansi speaker 2 ohm. Cara membaca spesifikasi setiap power audio sendiri hampir sama jadi bila kalian menemukan spesifkasi lain, maka kalian tinggal melihat cara membacanya seperti diatas kami tuliskan. Lalu bagaimana cara pasang power audio mobil 4 channel yang baik dan benar? berikut ada beberapa langkah dan tips yang bisa anda simak.

Cara Pasang Power Audio Mobil 4 Channel

Sebenarnya cara pasang power audio mobil 4 channel keseluruhannya hampir sama seperti cara pemasangan audio mobil 2 channel, hanya saja output yang di keluarkan ada 4 buah yang bisa kalian hubungkan pada dua speaker untuk sisi kanan dan kiri, serta 2 subwoofer yang masing-masing memiliki impedansi 2 ohm. Dan berikut adalah skema cara pasang power audio mobil 4 channel yang bisa anda lihat.

Skema Standar Pemasangan Power Audio Mobil 4 Channel

Skema Standar Pemasangan Power Audio Mobil 4 Channel | spiderbeat.com

Cara pasang power audio mobil 4 channel diatas memang terasa gampang untuk di kerjakan. Akan tetapi hal yang perlu anda perhatikan adalah ketika menyambung antar kabel jangan sampai salah dan jangan sampai keliru karena akan berakibat fatal. Dan jika kalian melihat skema cara pasang audio mobil 4 channel diatas, sebenarnya merupakan cara atau skema standar yang biasanya banyak di gunakan para penggila audio mobil pada umumnya.

Yang dimana pada skema diatas kalian hanya memerlukan 2 channel sebagai output untuk speaker mid-bass dan tweeter serta 1 buah subwoofer untuk menambah output suara bassnya. Dan diatas sendiri merupakan power audio mobil berjenis 4 channel yang mana 2 channel diatas dibagi agar membuat daya subwoofer semakin besar dan 2 channel yang lain digunakan untuk mid-bass serta tweeter.

READ  15 Tips Mudik Pakai Pesawat yang Aman dan Nyaman

Apabila anda menggunakan skema diatas sebagai cara pasang audio mobil 4 channel pada mobil kesayangan kalian Perlu dipehatikan bahwa konfigurasi subwoofer yang digunakan adalah 2 ohm, namun tentunya kalian juga bisa mengubahnya menjadi 1 ohm atau bahkan 4 ohm sesuai dengan kemampuan power amplifier yang kalian gunakan, karena setiap power amplifier memiliki spesifikasi yang berbeda.

Dan berikut adalah beberapa alat yang digunakan untuk memasang power audio dengan mengunakan skema diatas:

  • 1 Head Unit
  • 2 Buah Speaker Mid-Bass
  • 1 Unit Power dengan 4 Channel
  • 1 Unit Subwoofer
  • 2 Set kabel RCA
  • 1 Set Kabel REM dengan warna Biru

Menjadi salah satu aksesoris mobil yang cukup banyak di gunakan oleh setiap pemilik mobil sebagai bagian dari media hiburan saat berada didalam mobil, bisnis power audio mobil di Indonesia sendiri bisa dibilang cukup menjanjikan. Hanya saja bandrol harga yang relatif mahal untuk setiap satu set power audio mobil menjadikan bisnis ini hanya di tekuni para pemilik modal besar.

Namun apabila kalian ingin memasangnya sendiri sebenarnya tidaklah sulit seperti diatas kami sampaikan. Hanya saja cara pasang power audio mobil 4 channel ini harus benar-benar terliti dan juga harus membongkar dashboard untuk memasang dan merapikan kabel audionya.

Dan yang perlu di perhatikan selanjutnya adalah penempatan power audio mobil yang harus tepat. Karena pada umumnya power audio mobil sendiri selalu di letakan pada tempat yang aman dan tidak mudah tersentuh atau tersenggol para penumpang. Kemudian pemilihan kabel pun menjadi salah satu hal yang harus dan wajib diperhatikan agar kualitas audio semakin mantap.

Dan itulah kiranya beberapa tips cara pasang power audio mobil 4 channel yang kali ini dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang menarik untuk kalian yang memang sedang belajar memasang power audio mobil dirumah. Jangan lupa simak pula info menarik lainnya seputar Cara Melacak Plat Nomor Motor yang sebelumnya sudah kami sampaikan.

Tags: ,