√ Remote Mobil Tidak Berfungsi ? Ini 8 Penyebab & Cara Memperbaiki

Remote Mobil Tidak Berfungsi – Tumbuh kembangnya teknologi yang ada saat ini erat kaitannya dengan kemajuan jaman. Ada banyak sekali hal baru bisa kita dapatkan ketika membeli produk keluaran terbaru di akhir-akhir ini. Tidak terkecuali ketika kita membeli kendaraan baru, salah satunya mobil.

Dengan semakin tingginya minat masyarakat akan jenis sarana transportasi satu ini. Hampir setiap perusahaan otomotif ternama dunia juga turut mengembangkan satu per satu teknologi canggih yang disematkan pada beberapa mobil keluaran terbarunya. Salah satu contoh teknologi baru tersebut berupa remote mobil.

Hadirnya teknologi canggih dengan mengadopsi jaringan nirkabel, memungkinkan setiap para pemilik mobil dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Seperti halnya membuka dan menutup kunci pintu mobil, menyalakan dan mematikan ALARM MOBIL, bahkan juga bisa difungsikan sebagai start & stop engine.

Dalam penggunannya remote mobil hanya perlu kita pencet sesuai tombol fungsi untuk mengatur kondisi mobil sesuai kebutuhan. Namun meski terbilang merupakan salah satu fitur atau teknologi canggih yang cukup membantu, akan tetapi remote mobil yang notabenya bisa dipakai ketika ada baterai di dalamnya pun sering mengalami permasalahan.

Remote Mobil Tidak Berfungsi dari Penyebab dan Cara Mengatasi

Satu dari sekian banyak permasalahan yang sering timbul terkait remote mobil yakni, kinerja remote mobil tidak lagi berfungsi. Hal tersebut otomatis akan membuat remote mobil tidak bisa digunakan. Pertanyaannya, apa sebenarnya penyebab serta bagaimana cara mengatasi remote mobil tidak berfungsi?. Untuk mengetahui detail lengkapnya, simak pembahasan otoflik.com dibawah ini.

Mengenal Fungsi Remote Mobil

Fungsi Remote Mobil

Sebelum masuk ke pembahasan inti  terkait penyebab serta cara memperbaiki remote mobil tidak berfungsi. Mungkin ada dari flikermania yang belum tahu apa sebenarnya fungsi utama dari remote mobil tersebut. Oleh karena itu, di bawah ini sudah otoflik siapkan penjelasan mengenai beberapa fungsi penting dan utama dari sebuah remote mobil.

  1. Sebagai tombol buka dan tutup kunci pintu mobil yang biasanya fungsi ini ditandai dengan tombol bergambar gembok.
  2. Sebagai tombol alarm mobil, umumnya tombol untuk alarm ditandai dengan gambar speaker.
  3. Ada juga beberapa tipe remote mobil dari mobil-mobil tertentu yang dilengkapi dengan fungsi untuk membuka kunci pintu bagasi.
  4. Bahkan ada pula beberapa jenis remot mobil kelas atas yang mampu digunakan untuk mengontrol start dan stop engine atau mesin.
READ  6 Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor Terlengkap 2021

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Dari fungsi utama di atas, sudah pasti bagi pemilik mobil yang mendapati remote mobil tidak berfungsi saat akan digunakan biasanya akan cukup panik. Padahal jika kalian mengetahui cara memperbaikinya, rasa panik tersebut kemungkinan besar tidak akan timbul.

Akan tetapi untuk dapat mengatasi atau memperbaiki remote mobil yang tidak bisa digunakan. Otomatis kalian juga harus tahu lebih dulu apa sebenarnya penyebab utamanya. Nah buat kalian kalian memang belum tahu, berikut sudah otoflik beberapa faktor penting yang menjadikan remote mobil tidak berfungsi.

1. Frekuensi Remote Terganggu

Frekuensi Remote Terganggu

Seperti di atas kami singgung, remote mobil bekerja secara nirkabel dengan memanfaatkan frekuensi jaringan sudah di konfigurasi sedemikian rupa oleh produsen. Maka dari itu jika koneksi jaringan frekuensi tersebut terganggu, otomatis gelombang radio penghantar perintah tidak akan sampai ke receiver.

Hal tersebut membuat remote mobil tidak berfungsi atau tidak bekerja. Kegagalan fungsi remote mobil yang terjadi akibat gangguan jaringan frekuensi biasanya terjadi di area-area berdekatan dengan gelombang elektromagnetik.

Salah satu contohnya ketika berada di area BTS Provider telepon seluler, SUTET, pemancar televisi dan jug  area tower radio. Itu bisa terjadi karena area-area tersebut memiliki gelombang cukup tinggi. Jadi ketika memang ada pada area tersebut, tidak ada salahnya untuk segera menjauhkan diri ketika ingin memakai remote mobil tersebut.

2. Baterai Remote Habis

Baterai Remote Habis

Penyebab remote mobil tidak berfungsi berikutnya juga bisa saja terjadi akibat kondisi baterai remote mobil mulai habis. Dalam kasus ini, biasanya akan ada tanda-tanda menunjukan baterai sudah mulai habis. Seperti contohnya lampu indikator di remote mobil mulai tidak terang.

Atau bahkan sama sekali tidak menyala, ketika mengalami masalah seperti ini. Kalian tidak perlu merasa khawatir, sebab penyebab satu ini cukup mudah diatasi. Yakni dengan hanya mengganti baterai remote mobil baru. Usahakan ketika kalian melakukan penggantian dengan tipe baterai serupa /  sama.

3. Receiver Remote Rusak

Receiver Remote Rusak

Remote mobil tidak berfungsi dengan baik saat digunakan membuka atau menutup pintu mobil besar kemungkinan juga karena kondisi receiver remote yang mulai rusak. Nah letak dari receiver remote mobil pun berada pada bagian dalam kendaraan.

Fungsi receiver remote sendiri sebagai penangkap sinyal dari remote dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Nantinya hasil gelombang tersebut diolah dan terjemahkan kemudian diubah menjadi perintah sesuai dengan terjemahan tersebut.

Dari sini bisa kita bilang bahwa receiver remote mobil punya peran begitu penting. Jadi ketika receiver tidak berfungsi atau rusak, kemungkinan besar saat remote mobil kalian pencet untuk mengaktifkan mode yang dipilih pun tidak akan sampai dan diproses.

READ  Pajak Progresif Mobil 2021 : Cara Mengetahui dan Menghitung

4. Remote Mengalami Kerusakan

Remote Mengalami Kerusakan 1

Remote mobil menjadi salah satu kunci utama untuk dapat kalian pakai saat ingin membuka dan menutup kunci pintu mobil. Apabila kondisi remote mengalami kerusakan, jangan berharap bahwa fungsinya akan dapat bekerja dengan baik.

Rusaknya remote mobil sendiri ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebabnya. Tidak terkecuali masa pemakaian yang mungkin terus terusan. Terjatuh atau tercelup ke dalam air pun bisa menjadi salah satu faktor remote mobil tidak berfungsi.

5. Sering Disimpan Dalam Saku

Sering Disimpan Dalam Saku

Dari banyaknya pemilik MOBIL KELUARAN TERBARU dengan sudah dilengkapi adanya fitur remote mobil. Mungkin penyebab paling sering rusaknya remote tersebut akibat sering disimpan di dalam saku celana.

Hal ini biasanya karena saat tidak sadar, ketika duduk remote terbentur atau kedudukan.  Maka dari itu otoflik sarankan untuk menyimpan remote mobil di tempat yang aman seperti tas atau saku baju.

Cara Memperbaiki Remote Mobil Tidak Berfungsi

Remote Mengalami Kerusakan

Setelah paham dan mengetahui apa saja penyebab utama remote mobil tidak berfungsi dengan baik seperti otoflik.com rangkum di atas, buat kalian yang penasaran bagaimana cara mengatasi masalah seperti ini. Tepat sekali berada pada artikel otoflik.com satu ini.

Sebab ada beberapa hal penting untuk bisa kalian pahami dan ketahui terkait tata cara memperbaiki remot mobil tak berfungsi atau tidak bekerja dengan semestinya. Nah beberapa cara untuk dapat kalian pakai untuk bisa memperbaiki atau mengatasi masalah ini antara lain:

  1. Mengganti baterai remote mobil jika memang sudah dirasa habis menjadi hal cukup tepat untuk kalian lakukan dan kerjakan.
  2. Apabila memang receiver rusak, kami sarankan untuk segera ganti receiver tersebut. Namun bila memungkinkan hanya perlu diperbaiki, kami sarankan untuk segera memperbaikinya.
  3. Cara terakhir bisa kalian pakai untuk mengatasi remote mobil tidak berfungsi yakni dengan memanfaatkan fitur reset remote mobil, untuk caranya, kalian dapat melihat tutorialnya di youtube atau bisa kita bahas lagi di kesempatan berikutnya.
  4. Apabila tidak berfungsinya remote mobil hanya karena terhalang oleh gelombang elektromagnetik atau lainnya, lebih baik segera pindah lokasi untuk dapat menggunakannya kembali.

Akhir Kata

Itulah beberapa di antaranya tips cara mengatasi dan memperbaiki masalah remote mobil tidak berfungsi dengan baik dan semestinya. Lengkap dengan beberapa penjelasan terkait faktor indikasi penyebab utamanya. Semoga informasi dari otoflik.com di atas bisa menjadi referensi menarik dan bermanfaat.

Tags: , ,