8 Cara Merawat Remote Keyless Motor Semua Tipe Agar Awet

Cara Merawat Remote Keyless Motor – Sistem keamanan dalam kendaraan bermotor terus dibenahi. Hal tersebut bertujuan untuk membuat setiap pemilik kendaraan tidak perlu merasa khawatir dan cemas berlebihan ketika meninggalkan kendaraan di tempat umum atau di garasi rumah.

Advertisements

Menariknya, tidak hanya ada pada sektor kendaraan roda empat. Sistem keamanan juga terus ditingkatkan para produsen sepeda motor pada produk terbaru mereka. Berbagai macam inovasi pun terus menjadi buah bibir masyarakat para pecinta otomotif.

Dari banyaknya teknologi sistem keamanan pada sepeda motor. Mungkin hadirnya fitur Smart Key System menjadi salah satu hal yang begitu menarik perhatian. Pasalnya pemakaian fitur Smart Key System memungkinkan pengendara mengontrol motor hanya dari remote.

Advertisements

Bahkan untuk mengoperasikan motor, setiap pengendara tidak membutuhkan anak kunci. Namun dengan disertakannya fitur tersebut, sudah tentu sebagai pengguna kalian juga harus menjaga kondisinya agar bisa tetap bekerja dengan baik dan pastinya awet.

Cara Merawat Remote Keyless Motor Semua Tipe

Nah bicara mengenai perawatan remote keyless motor, setidaknya ada beberapa tips khusus untuk merawat remote keyless motor. Dan sesuai judul otoflik.com di atas, berikut ini adalah beberapa tips cara merawat remote keyless motor bisa kalian gunakan.

Mengenal Teknologi Remote Keyless

Mengenal Teknologi Remote Keyless

Meski mungkin sudah ada begitu banyak sepeda motor yang disertai adanya teknologi remote keyless. Pub begitu, tidak sedikit dari mereka belum tahu apa sebenarnya teknologi remote keyless serta fungsi utamanya.

Jadi sebelum kita membahas poin utama artikel kita kali ini. Tidak ada salahnya jika kita mengenal lebih dulu apa yang dimaksud dengan teknologi remote keyless.

Teknologi remote keyless pada sepeda motor merupakan fitur modern untuk memungkinkan setiap pengendara dapat menyalakan dan mematikan mesin tanpa anak kunci yang sudah menempel langsung pada bagian kontak motor dan biasanya dibuat seperti knop.

READ  10 Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Tidak berkedip

Dengan begitu setiap kali akan MENGHIDUPKAN atau mematikan mesin, cukup tekan remote keyless hingga indikator menyala kemudian putar knop anak kunci. Jika remote keyless rusak tentunya motor pun tidak dapat digunakan.

Cara Merawat Remote Keyless Motor

Untuk menjaga kondisi remote keyless tetap bisa berfungsi dengan baik, setidaknya seperti di atas kami sampaikan. Ada beberapa cara merawat kunci keyless motor agar bisa awet dan tahan lama. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tips cara merawat kunci motor keyless.

1. Hindari Tekanan Berlebih

Hindari Tekanan Berlebih

Didesain menggunakan struktur cukup sederhana, remote keyless motor dilengkapi adanya beberapa tombol sesuai dengan fungsinya. Terkadang bagian tersebut yang sering mengalami kerusakan.

Maka dari itu cara merawat remote keyless bisa dibilang paling mudah yakni dengan memberikan tekanan sewajarnya pada bagian tombol-tombol yang ada. Alhasil tombol fungsi remote pun tetap aman.

2. Usahakan Tetap Kering

Usahakan Tetap Kering

Sama halnya seperti REMOTE MOBIL, remote keyless motor pun dibuat dengan susunan komponen elektronik dengan ukuran kecil dan saling terhubung untuk menghantarkan arus listrik dan informasi penting.

Maka dari itu, penggunaan remote keyless motor sendiri di sarankan jangan sampai terkena air. Bila memang sampai terkena air, satu-satunya cara yakni dengan melepas baterai serta mengeringkan di bawah terik matahari.

3. Hindari Radiasi Elektromagnet

Hindari Radiasi Elektromagnet

Advertisements

Bekerja menggunakan jaringan gelombang sinyal elektromagnetik untuk menghantarkan setiap informasi penting. Setidaknya untuk merawat remote keyless bisa dilakukan dengan menghindari tempat-tempat yang memiliki gelombang tersebut.

Termasuk jangan pernah meletakkan remote keyless di dekat radio, televisi, laptop, HP, komputer, atau bahkan di dekat tower pemancar sinyal. Hal tersebut karena akan sangat berpengaruh terhadap sinyal frekuensi remote.

4. Posisikan Remote Off Saat Tidak Digunakan

Posisikan Remote Off Saat Tidak Digunakan

Selain menggunakan cara cara di atas, perilaku penggunaan remote keyless motor dengan baik pun akan menjadi salah satu cara paling tepat untuk merawat kondisi remote tetap dalam keadaan bagus.

Dari banyaknya perilaku penggunaan yang kami maksud, satu hal paling penting yakni memposisikan remote ke off ketika sudah tidak lagi digunakan. Hal ini akan bertujuan untuk membuat koneksi sinyal akan terputus.

5. Usahakan Kondisi Baterai Jangan Sampai Habis

Usahakan Kondisi Baterai Jangan Sampai Habis

Siapa sih yang tahu umur masa penggunaan baterai? tentu saja hal ini akan sulit untuk bisa kita prediksi. Apalagi penggunaan tergolong sering, maka arus tegangan baterai pun akan semakin cepat habis.

READ  10 Cara Menyetel Karburator Motor Agar Kencang & Irit 2021

Kondisi baterai remote habis dan tetap kalian biarkan tentu akan mempengaruhi kualitas sinyal serta kondisi komponen remote. Maka dari itu cara merawat remote keyless motor agar tetap awet yakni dengan memperhatikan tegangan baterai.

Untuk hal ini, biasanya akan dapat diketahui ketika  indikator lampu remote sudah mulai meredup. Itu artinya arus tegangan baterai sudah mulai berkurang. Sebelum benar-benar habis, sebaiknya segera ganti yah.

6. Hindari Meletakkan Remote di Dalam Bagasi

Hindari Meletakkan Remote di Dalam Bagasi

Meletakkan remote keyless pada tempat aman tentu juga menjadi salah satu cara merawat remote keyless motor yang paling kami rekomendasikan. Akan tetapi terkadang banyak pengguna meletakkan remote pada tempat tidak semestinya.

Termasuk meletakkannya di dalam bagasi. Bukan saja hanya dapat terkunci di dalam. Remote keyless motor yang tersimpan di dalam bagasi juga akan terus mendapatkan suhu panas. Dan hal ini sedikit banyak akan dapat mempengaruhi kualitas komponen remote.

7. Jangan Dibanting

Jangan Dibanting

Jika kunci motor biasanya terbuat dari bahan logam kuat, berbeda dari remote keyless motor yang biasanya terbuat dari material plastik dengan terisi komponen elektronik.

Maka dari itu, hal paling penting yang sudah pasti harus kalian ingat adalah jangan pernah membanting remote ke bidang atau material keras seperti keramik atau aspal. Bahkan jika perlu untuk merawat keyless motor tetap aman, minimalisir terjatuh dari ketinggian.

8. Bersihkan dari Kotoran

Bersihkan dari Kotoran

Cara merawat remote keyless motor terakhir sudah pasti akan dapat kalian lakukan setiap saat adalah membersihkan remote dari debu dan kotoran menempel. Lakukan pembersihan secara rutin 1 minggu sekali.

Dengan begitu remote akan tetap awet dan tidak akan tersumbat kotoran yang membuatnya tidak bisa berfungsi. Terutama pada bagian tombol untuk mengontrol fungsi utamanya.

Akhir Kata

Nah seperti itulah kiranya penjelasan yang dapat otoflik.com sampaikan di kesempatan kali ini terkait tips dan cara merawat remote keyless motor. Semoga apa yang sudah kami sampaikan dan jelaskan di atas bisa menjadi referensi menarik dan membantu.

Advertisements

Tags: , , , ,