9 Oli Gardan Motor Matic Terbaik dan Harga Murah 2021

Oli Gardan Motor Matic Terbaik – Motor matic adalah jenis motor yang untuk saat ini punya peran penting dalam pertumbuhan pasar otomotif di tanah air. Sebab, dari semua banyaknya jenis motor, saat ini tipe scooter atau matic menjadi pilihan jenis kendaraan roda dua yang begitu banyak dipilih.

Hal tersebut disebabkan karena penggunaan sepeda motor jenis matic bisa dikategorikan cukup mudah. Bahkan dari sisi perawatan pun tergolong mudah. Nah bicara mengenai perawatan, kita tahu bahwa sepeda motor matic punya dua jenis oli yang dipakai.

Kedua jenis oli tersebut adalah oli mesin dan juga oli gardan atau oli transmisi. Baik oli mesin atau oli gardan keduanya sama-sama punya peran penting untuk membuat kinerja motor maksimal. Yang mana, jika oli mesin akan membantu pergerakan dan gesekan antar komponen di dalam mesin.

Sementara untuk oli gardan akan memberikan pelumasan pada bagian sistem transmisi atau gear box. Dari pentingnya penggunaan oli gardan tersebut, sebisa mungkin sebagai pengguna dan pemilik motor mati kita harus memperhatikan kualitas oli ketika ingin melakukan penggantian.

Rekomendasi Oli Gardan Motor Matic Terbaik

Sebab tidak semua jenis oli gardan punya spesifikasi yang sama meskipun HARGA OLI GARDAN tersebut dibanderol mahal. Oleh karena itu, dibawah ini akan otoflik berikan beberapa rekomendasi merk oli gardan motor matic terbaik yang dapat kalian gunakan sebagai pilihan saat ingin mengganti oli transmisi tersebut.

Rekomendasi Oli Gardan Motor Matic Terbaik

Sama halnya seperti oli mesin, oli gardan motor matic harus selalu diganti secara berkala meski tidak terlibat dalam sistem pembakaran. Dan sebaiknya oli gardan motor matic diganti setelah menempuh jarak 6.000 km. Nah buat kalian yang mungkin sedang mencari oli gardan motor matic terbaik, berikut beberapa rekomendasi bisa kalian pakai.

1. Motul

Motul Scooter Gear Oil

HargaRp 30.000
MerkMotul Scooter Gear Oil
Viskositas80W-90
Volume120 ml

Rekomendasi pertama oli gardan motor matic terbaik yang dapat dipakai adalah Motul Scooter Gear Oil. Bukan tanpa alasan kenapa otoflik merekomendasikan oli gardan ini. Tetapi karena nama Motul sendiri sudah begitu terkenal sebagai merk oli berkualitas dan diakui dunia.

Meski harga ditawarkan murah, namun oli gardan ini punya standar API GL-4 serta punya viskositas atau kekentalan 80W-90 yang begitu ideal untuk menjaga kondisi transmisi oli gardan tetap maksimal. Selain itu, oli ini juga sudah dilengkapi adanya zat aditif dan kandungan anti korosi.

2. Shell

Shell Advance Scooter Gear Oil

HargaRp 20.000
MerkShell Advance Scooter Gear Oil
Viskositas15W-40
Volume120 ml

Rekomendasi oli gardan motor matic terbaik yang berikutnya datang dari pabrikan Shell. Sama halnya dengan Motul, nama Shell juga sudah begitu akrab dengan pabrikan oli terbaik. Untuk urusan transmisi, jika menginginkan kualitas yang bagus, tidak ada salahnya memilih Shell Advance Scooter Gear Oil.

READ  14 Fungsi dan Jenis Blok Silinder Mesin Pada Kendaraan 2021

Sebab, tak hanya punya kandungan zat aditif. Sebagai oli transmisi matic terbaik, Shell Advance Scooter Gear Oil juga punya teknologi PurePlus didalamnya. Teknologi ini memungkinkan oli akan aktif bekerja pada temperatur tinggi ataupun rendah. Ada pula teknologi Active Cleaning untuk menjaga kebersihan ruang transmisi.

3. Yamalube

Yamalube Gear Motor Oil

HargaRp 12.000 (100 ml)
Rp 15.000 (140 ml)
Rp 17.000 (150 ml)
MerkYamalube Gear Motor Oil
ViskositasSG 20W-40 JASO MB
Volume100 ml
140 ml
150 ml

Nama besar Yamaha memang sudah tidak perlu lagi kita pertanyakan. Bahkan bukan hanya untuk urusan produk sepeda motor, tetapi juga untuk beberapa produk pelengkap termasuk oli gardan untuk motor matic yang bernama Yamalube Gear Motor Oil.

Secara garis besar oli ini dibuat dari base oli mesin yang ditambah dengan kandungan formula zat aditif serta beberapa kandungan lain. Termasuk kandungan anti korosi dan juga anti busa berkualitas terbaik. Tidak heran apabila oli gardan matic terbaik dari Yamalube begitu laris di pasar Indonesia.

4. Castrol

Castrol Scooter Gear Oil

HargaRp 20.000
MerkCastrol Scooter Gear Oil
Viskositas80W-90
Volume120 ml

Berikutnya ada oli gardan matic terbaik dari Castrol dengan tipe Castrol Scooter Gear Oil. Rekomendasi yang satu ini bisa dikategorikan begitu pas untuk bisa kalian pakai di motor matic merk apapun. Sebab, dengan memiliki standarisasi viskositas 80W-90 membuat oli ini dapat memberi kestabilan komponen transmisi motor.

Dengan adanya dukungan viskositas atau kekentalan oli gardan motor matic tersebut, oli Castrol Scooter Gear ini tidak hanya dapat memberikan pelumasan terbaik pada bagian transmisi. Tetapi juga membuat proses start mesin pertama kali begitu lancar. Bahkan penggunaan oli transmisi ini memungkinkan KOMPONEN TRNANSMISI CVT punya masa pakai lama.

5. Enduro

Pertamina Enduro Gear Oil

HargaRp 15.000
MerkPertamina Enduro Gear Oil
Viskositas
Volume120 ml

Tak ingin kalah saing dari para produsen oli gardan matic terbaik lainnya, Enduro juga punya salah satu produk oli gardan motor matic berkualitas terbaik, yakni Pertamina Enduro Gear Oil yang di jual dengan harga relatif terjangkau yakni sekitar Rp 15.000 ribu rupiah untuk kemasan 120 ml.

Kualitas terbaik dari oli gardan ini tidak terlepas dari adanya pemakaian zat aditif Extreme Pressure yang memungkinkan untuk dapat menjaga kestabilan kekentalan oli walau bekerja dalam suhu tinggi. Dan perlu diketahui juga, bahwa oli ini diproduksi memakai basis oli Fuel Grup III yang merupakan oli dengan berkualitas terbaik.

6. AHM Oil

AHM Scooter Gear Oil Full Synthetic

HargaRp 17.000
MerkAHM Scooter Gear Oil Full Synthetic
Viskositas
Volume120 ml

Sama seperti Yamaha, Honda juga punya produk khusus untuk oli gardan motor matic dengan nama AHM Scooter Gear Oil Full Synthetic. Produk ini bisa dibilang terbaik di kelasnya, tidak heran bila otoflik merekomendasikannya sebagai oli gardan motor matic terbaik di kelasnya.

Meski harga oli gardan motor matic AHM di banderol murah, tetapi oli ini dibuat memakai komposisi dari oli synthetic dan komponen aditif lain yang mampu memberikan kestabilan begitu bagus pada transmisi matic. Selain itu oli gardan matic terbaik AHM juga punya teknologi Smart Film yang akan membuat lapisan film tipis pada permukaan komponen transmisi.

READ  8 Penyebab Motor Matic Mati Mendadak Saat Jalan & Solusinya

7. STP

STP Speedtron Matic Gear Oil

HargaRp 41.900
MerkSTP Speedtron Matic Gear Oil
Viskositas
Volume120 ml

Bagi para penggemar otomotif tentu sudah tidak asing dengan merk OLI STP. Selain memiliki produk oli mesin, seperti halnya Castrol ataupun Shell, STP juga punya produk khusus untuk oli gardan motor matic dengan kualitas terbaik di kelasnya.

Oli tersebut bernama STP Speedtron Matic Gear Oil. Bahkan dapat kalian lihat pada tabel diatas, oli ini di jual lebih mahal dibanding merek oli gardan matic terbaik lainnya, dengan kemasan 120 ml, kalian bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 40 ribuan.

8. Top 1

TOP 1 Gear Oil Action Matic

HargaRp 20.000
MerkTOP 1 Gear Oil Action Matic
Viskositas10W-40
Volume120 ml

Kemudian rekomendasi terbaik oli gardan motor matic berikutnya datang dari merk oli papan atas TOP 1 dengan produk bernama TOP 1 Gear Oil Action Matic. Oli gardan motor matic ini diproduksi dengan kekentalan atau viskositas 10W-40.

Dengan kekentalan tersebut oli gardan matic terbaik ini mampu menjaga kondisi komponen transmisi pada motor matic kalian dengan baik meski dalam kinerja suhu tinggi. Kestabilan oli ini tidak perlu lagi dipertanyakan, bahkan beragam formula seperti zat aditif pun sudah dibenamkan didalamnya.

9. Faito

Faito Gear Oil

HargaRp 39.000
MerkFaito Gear Oil
Viskositas80W-90
Volume140 ml

Rekomendasi terakhir oli gardan motor matic terbaik yang dapat kalian pakai yakni Fatio Gear Oil. Mendengarnya mungkin masih terasa asing di telinga. Tetapi dengan kemampuannya yang begitu bagus oli ini tergolong masuk dalam kategori oli terbaik untuk menjaga kondisi transmisi motor matic.

Sebab selain ditawarkan dengan viskositas standar oli transmisi yakni 80W-90. Oli ini juga punya kandungan penjaga kondisi komponen transmisi motor matic seperti anti korosi, anti oksidasi dan jug  anti keausan. Tidak heran jika oli ini juga bisa kalian pakai sebagai oli terbaik untuk transmisi motor matic.

Ciri Oli Gardan Motor Matic Harus Ganti

Ciri Oli Gardan Motor Matic Harus Ganti

Nah setelah mengetahui sederet pilihan oli gardan motor matic terbaik seperti di atas kami sampaikan, kapan sih kiranya waktu yang tepat untuk mengganti oli tersebut ? dan apa saja ciri oli gardan harus segera diganti?.

Oli gardan sebaiknya diganti setelah perjalanan 6.000 km atau ketika gardan motor matic sudah mengeluarkan bunyi atau suara berisik pada bagian boks CVT. Yang dimana suara tersebut akan begitu mengganggu saat saat motor berjalan.

Akhir Kata

Itulah kiranya beberapa rekomendasi oli gardan motor matic terbaik yang bisa kalian pakai ketika ingin melakukan penggantian. Bagaimana sudah cukup lengkap bukan? kami rasa itu dulu informasi yang dapat otoflik.com sampaikan, semoga bisa menjadi rekomendasi terbaik.

Tags: , , ,