12 Cara Potong Rantai Motor yang Mudah dan Cepat

Cara Potong Rantai Motor – Sepeda motor sampai saat ini masih menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin berkendara dengan cepat dan simple. Maka tidak heran apabila banyak kita jumpai orang yang lebih memilih menggunakan sepeda motor untuk bepergian jarak jauh maupun dekat. Hal tersebut tentu saja karena bagi mereka bepergian dengan menggunakan motor jauh lebih menghemat waktu dibandingkan dengan menggunakan mobil.

Hanya saja ketika kalian akan melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi motor, selain kondisi mesin, ban, lampu dan juga yang lainnya. Salah satu bagian yang juga perlu untuk kalian perhatikan adalah rantai motor. Salah satu komponen motor yang memiliki perananan penting ini memang bisa dikatakan menjadi komponen yang cukup jarang untuk di perhatikan.

Rantai motor sendiri merupakan sebuah komponen yang berfungsi dan bertugas untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang yang umumnya terbuat dari material atau bahan logam. Dan salah satu sifat logam adalah memuai jika terkena panas. Mengacu pada sifat tersebut maka sebaiknya beberpa waktu sekali kita sebagai pengguna motor harus melepas dan memasngnya kembali dengan kekencangan yang pas.

Namun sangat banyak orang yang bingung bagaimana cara potong rantai motor ketika rantai tersebut sudah memuai dan mulai mengendor. Sebenarnya cara memotorng rantai motor bisa dibilang cukup mudah karena terdapat beberapa cara yang bisa kalian gunakan. Dalan industri otomotif saat ini, cara potong rantai motor biasanya menggunakan alat khusus yang akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai, namun ada juga cara manual. Untuk itu bagi kalian yang penasaran bagaimana cara dan langkahnya silahkan simak informasi berikut ini.

Langkah dan Cara Potong Rantai Motor

Tips Cara Potong Rantai Motor

Tips Cara Potong Rantai Motor

Sebelum memasuki langkah cara potong rantai motor yang baik dan benar serta mudah dan cepat, perlu di ketahui terlebih dahulu bahwa pemuaian rantai yang terbuat dari bahan logam tersebut terjadi karena adanya panas yang ditimbulkan saat adanya gesekan antara rantai dengan gear atau sprocket. Hal tersebut memang sudah wajar terjadi pada motor yang mengugnakan rantai sebagai media penghantar putaran mesin ke roda belakang.

READ  Speedometer Mobil Rusak dan Ngaco ? Begini Cara Memperbaikinya

Lalu apa yang terjadi jika rantai motor kendor akibat pemuaian yang terjadi karena panas tersebut? sebenarnya banyak sekali hal yang akan terjadi apabila kondisi rantai sudah mulai melar dan kendor. Salah satunya adalah membuat tarikan motor sedikit berkurang dan juga biasanya akan menimbulkan suara saat motor digunakan. Oleh karena itu langkah terbaik apabila rantai motor sudah kendor adalah dilakukan penyetelan.

Jika kalian memiliki budget lebih, mungkin cara yang paling mudah adalah mengganti rantai beserta gear set dengan yang baru. Namun bagi sebagian besar orang yang mungkin belum memiliki budget untuk mengganti rantai motor, mereka lebih memilih untuk melakukan penyetelan dengan cara memotong beberapa mata rantai agar kondisi rantai kembali seperti semula. Lalu bagaimana sih cara potong rantai motor yang baik dan benar serta mudah dan cepat? berikut langkah dan caranya.

Cara Memotong Rantai Motor Manual

Memotong rantai dengan cara manaul menjadi cara yang paling banyak di gunakan orang yang mengalami rantai motor kendor. Selain tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk membeli satu set rantai dan gear motor, biasanya cara ini juga digunakan karena memang bisa di lakukan sendiri dirumah ataupun di bengkel. Adapun alat yang biasanya di gunakan antara lain, gerinda, paku atau batang besi dengan ukuran yang kecil, serta palu dan tang. Dan berikut adalah langkah cara potong rantai motor dengan metode manual.

  1. Siapkan gerinda dengan mata yang cukup tajam untuk memotorng pin mata rantai. Adapun penggerindaan pin mata rantai ini bertujuan agar mata rantai nantinya bisa dilepas dengan mudah
  2. Jika pin mata rantai sudah terpotong silahkan tahan bagian bawah pin rantai motor dengan menggunakan mur ukuran 14 atau 17
  3. Jika sudah tertata dengan pas dan tepat, pada bagian atas silahkan anda gunakan besi yang sudah kalian siapkan untuk melepas pin rantai dengan cara di pukul menggunakan palu hingga pin terlepas
  4. Apabila sudah terlepas, silahkan kalian ukur untuk menemukan kekencangan rantai motor yang pas dan juga mengetahui berapa mata rantai yang harus kalian lepas
  5. Jika sudah silahkan pasang kembali rantai tersebut ke motor kalian
READ  Cara Hilangkan Karat Pada Rantai Motor yang Mudah dan Cepat

Cara potong rantai motor dengan metoe manual diatas memang cukup mudah dilakukan akan tetapi ada banyak resiko mungkin akan kalian alami seperti terpukul palu ataupun yang lainnya. Maka dari itu kami sarankan untuk kalian berhati-hati apabila ingin memotong rantai motor dengan cara manual ini.

Cara Memotong Rantai Motor dengan Alat

Alat Pemotong Rantai Motor

Alat Pemotong Rantai Motor

Jika dirasa cara potong rantai motor diatas cukup sulit untuk kalian kerjakan, maka sebaiknya kalian gunakan alat khusus untuk memotong rantai yang bisa kalian temukan di beberapa toko spearpart motor. Alat pemotong rantai atau biasa disebut dengan Chain Breaker akan lebih memudahkan anda untuk melepas dan memasang pin rantai motor yang ada sehingga pekerjaan pun tidak membutuhkan palu dan sejenisnya seperti langkah manual diatas. Adapun cara memotong rantai motor dengan alat ini adalah sebagai berikut.

  1. Lepas rantai motor dari motor terlebih dahulu agar mempermudah proses pekerjaan
  2. Jika sudah terlepas silahkan anda tentukan berapa mata rantai yang akan di potong
  3. Setelah itu gunakan alat bernama Chain Breaker ini untuk melepas pin rantai motor dengan cara meletakan tepat alat ini pada bagian pin rantai motor
  4. Apabila dirasa sudah cukup pas, maka segera putar ujung lain dari alat ini menggunakan tangan hingga pin rantai tertekan oleh sisi lain dari alat ini yang sudah didesain dengan ukuran yang sesuai dengan pin rantai motor
  5. Selanjutnya apabila pin sudah terlepas maka buanglah beberapa mata rantai dan sambung kembali rantai motor tersebut

Tentunya dengan menggunakan bantuan alat ini, proses pengerjaannya pun sangatlah cepat dan tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan kalian juga tidak perlu menggunakan alat lain seperti palu, tang, ataupun yang lainnya.

Dan itulah kiranya tips langkah cara potong rantai motor dengan baik dan benar serta mudah dan cepat yang kali ini bisa kami sampaikan, semoga tips dan tutorial diatas bisa bermanfaat. Jangan lupa simak pula artikel menarik lainnya seputar harga minyak rem motor apabila memang kalian sedang mencari referensi minyak rem terbaik. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.

Tags: , ,