8 Komponen Motor Listrik & Fungsinya Terbaru 2020

Komponen Motor Listrik – Motor menjadi salah satu jenis kendaraan roda dua cukup banyak sekali peminatnya, sehingga tak heran jika saat ini ada cukup banyak jenis motor. Mungkin anda semua sudah terbiasa dengan motor trail, matic, maupun sport, namun masih sedikit orang mengetahui akan motor listrik.

Pada sebuah motor litrik memiliki cukup banyak komponen  seperti jenis motor lainnya, namun ada beberapa komponen motor listrik yang tidak di miliki oleh beberapa motor matic terbaru. Sehingga anda semua harus mengetahui apa saja komponen pada motor listrik beserta fungsinya.

Pada dasarnya pada sebuah motor listrik merupakan perangkat elektromagnetik, dimana akan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Sedangkan untuk motor listrik sendiri akan ditenagai oleh Stator atau Armature Coil, untuk komponen ini menjadi salah satu komponen sangat penting sekali.

Dari beberapa komponen yang ada memiliki fungsinya masing-masing serta memiliki cara kerja berbeda-beda. Jika anda semua ingin mengetahui lebih lengkap akan komponen motor listrik beserta fungsinya, maka kalian semua dapat simak langsung saja ulasan berikut ini.

Komponen Motor Listrik & Fungsinya

Komponen Motor Listrik Fungsinya

1. Stator Coil/Armature Coil

Sebelemunya memang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika pada kendaraan motor listrik terdapat beberapa komponen sangat penting sekali dan salah satunya adalah Stator atau Armature Coil.

Mungkin diantara kalian semua sudah banyak tahu dengan apa itu Stator dan ada juga beberapa orang belum mengetahuianya. Stator merupakan sebuah lilitan tembaga statis yang mengelilingi poros utama, dimana nantinya akan berfungsi sebagai pembangkit medan magnet diarea rotor.

READ  Inilah 5 Penyebab Mobil Mengalami Body Roll atau Limbung

2. Rotor Coil/Komutator

Rotor Coil

Untuk komponen selanjutnya pada motor ialah rotor coil, pada bagian ini memang hampir sama dengan stator. Hanya untuk rotor coil merupakan sebuah lilitan tembaga bersifat dinamis, pasalnya lilitanya menempel dengan main shaft atau poros utama.

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya jika startor coil akan semakin cepat putarannya jika semakin banyak juga lilitannya. Sedangkan untuk ujung lilitan dari startor coil akan terhubung dengan rotor lain pada ujung poros utamanya.

3. Main Shaft

Main Shaft

Main Shaft atau sering disebut juga dengan poros utama memang menjadi salah satu komponen motor listrik paling penting. Pasalnya komponen ini merupakan sebuah loga memanjang dan dijadikan tempat untuk menempel beberapa komponen lainnya.

Untuk penggunaan bahab dari poros utama biasanya menggunakan material alumuniumu, karena bahan ini anti karat. Sehingga akan awet dan tahan lama, selain itu juga memiliki kualitas tahan dengan suhu panas.

4. Motor Housing

Motor Housing

Motor Housing merupakan salah satu komponen paling luar, dimana akan berfungsi sebagai pelindung semua komponen electric motor. Mungkin banyak orang yang menyebutkan sebagai rumahnya, karena berfungsi melindung bagian didalamnya.

5. Brush

Brush

Ada cukup banayak orang yang tidak tahu dengan beberapa komponen dari sebuah motor listrik, semisalnya saja Brush. Kami yakin pasti sebagian dari kalian semua belum banyak tahu apa itu Brush, lalu apa fungsi dari komponen satu ini.

Brush merupakan sebuah sikat tembaga sebagi penghubung sunber arus listrik dengan rotor coil. Brush akan menempel pada rotor kecil yang terletak di ujung rotor utama, lalu gesekan terjadi akan didukung pegas untuk menekan brush.

6. Bearing

Bearing

Bearing salah satu komponen memiliki fungsi sebagai bantalan agar putaran berjalan dengan mulus, pada umumnya komponen ini berbahan alumunium seperti poros utama. Penggunaaan bahan ini karena alumunium memiliki gaya gesek terbilang ringan, alhasil tak menghambat putaran pada motor.

READ  8 Motor Listrik Selis Murah Terbaik dan Terbaru 2020

7. Drive Pulley

Drive Pulley

Lalu komponen dari motor listrik yang terakhir ialah Drive Pulley, komponen ini memiliki fungsi untuk mengirim putaran motor ke komponen lainnya. Untuk bentuknya, biasanya berbebntuk seperti gear atau pulley sesuai dengan jenisnya.

Itulah beberapa komponen disebuah motor listrik yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, kami juga sudah menjelaskan kepada kalian semua akan fungsinya masing-masing. Mungkin cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda semua, semoga informasi diatas dapat membantu anda semuanya.

Tags: ,