7 Urutan Nilai Oktan Bahan Bakar Terbaik di Indonesia

Urutan Nilai Oktan Bahan Bakar – Ada cukup banyak faktor yang dapat memberi pengaruh terhadap performa mesin kendaraan bermotor. Bukan hanya dari sisi perawatan yang maksimal. Salah satu hal yang punya pengaruh terhadap kinerja mesin adalah bahan bakar.

Advertisements

Penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi diklaim menjadi salah satu bagian penting ketika menginginkan mesin bekerja dengan maksimal. Di Indonesia sendiri Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sering digunakan untuk mesin kendaraan bermotor ada berbagai macam jenisnya.

Semakin tinggi nilai oktan yang terkandung di dalam bahan bakar minyak, maka semakin cepat pula pembakaran akan terjadi di dalam ruang bakar mesin. Maka dari itu bila memang kalian menginginkan mesin kendaraan dapat bekerja dengan maksimal.

Advertisements

Sebaiknya gunakan pula jenis bahan bakar yang memiliki kandungan nilai oktan tinggi. Nah membahas mengenai nilai oktan bahan bakar kendaraan di Indonesia, setidaknya saat ini ada beberapa perusahaan penyedia bahan bakar yang punya kadar oktan tinggi untuk beberapa produknya.

Urutan Nilai Oktan Bahan Bakar Terlengkap di Indonesia

Bukan hanya Pertamina, Shell juga punya beberapa produk bahan bakar minyak dengan oktan tinggi. Dan berikut ini adalah urutan nilai oktan bahan bakar kendaraan yang ada di Indonesia. Buat flikermania yang mungkin belum tahu, simak terus informasinya sampai akhir.

Apa Itu Nilai Oktan Bahan Bakar?

Apa Itu Nilai Oktan Bahan Bakar

Sebelum kita membahas daftar urutan nilai oktan bahan bakar kendaraan yang ada di Indonesia. Mungkin ada dari kalian yang belum tahu apa itu nilai oktan di dalam bahan bakar. Maka dari itu, berikut ini akan kami jelaskan secara singkat apa yang dimaksud nilai oktan.

Secara garis besar, nilai oktan pada bahan bakar atau istilah lainnya disebut Research Octane Number (RON). Merupakan nilai yang akan merujuk pada tingkatan seberapa besar tekanan bisa diberikan sebelum bahan bakar terbakar secara spontan di ruang bakar mesin.

Penentuan besaran nilai oktan bahan bakar juga dipengaruhi adanya campuran udara saat masuk ke dalam ruang bakar sebelum di tekan piston untuk mencapai volume paling kecil. Dimana setelah mencapai titik maksimal tekanan, percikan api dari busi akan membakarnya.

READ  7 Komponen Kaki Kaki Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap 2021

Urutan Nilai Oktan Bahan Bakar di Indonesia

Urutan Nilai Oktan Bahan Bakar di Indonesia

Ketika sudah paham dengan apa yang dimaksud nilai oktan bahan bakar seperti sudah otoflik sampaikan di atas. Mungkin ada di antara kalian yang sudah tak lagi sabar untuk mengetahui urutan oktan bahan bakar di Indonesia.

Maka dari itu, mari kita cari tahu apa kiranya bahan bakar dengan oktan tertinggi dan bahan bakar dengan nilai oktan terendah berikut ini.

Advertisements

1. Pertamax Racing 100

Bila kalian mencari bahan bakar kendaraan dengan kandungan nilai oktan tinggi. Maka produk BBM milik Pertamina dengan jenis Pertamax Racing menjadi jawabannya karena punya nilai oktan minimal 100.

Pertamax racing diperuntukkan bagi kendaraan balap atau kendaraan yang punya kompresi mesin lebih dari 13:1. Keuntungan dari jenis bahan bakar ini akan membuat mesin lebih stabil, responsive serta punya daya tahan tinggi.

2. Pertamax Turbo 98

Urutan nilai oktan bahan bakar terbaik di posisi kedua ada Pertamax Turbo. Dirancang secara khusus untuk jenis kendaraan dengan teknologi mesin tinggi. Kandungan oktan yang ada pada Pertamax Turbo mencapai 98.

Tak hanya punya nilai oktan tinggi, dirancangnya Pertamax Turbo oleh Pertamina dan Lamborghini juga membuat bahan bakar ini punya teknologi Ignition Boost Formula (IBF) serta kadar sulfur rendah. Alhasil akan membuat udara disekitar tetap aman.

3. Shell V-Power 95

Bahan bakar dengan nilai oktan tinggi selanjutnya adalah Shell V-Power. Dalam penelitian yang dilakukan, kandungan RON yang ada pada jenis bahan bakar satu ini berada di kisaran 95.

Dengan tingginya nilai oktan yang dimilikinya, tidak heran jika harga perliternya pun tergolong mahal. Meski begitu kualitas yang tinggi ini membuat mesin akan bisa bekerja dengan maksimal.

4. Pertamax 92

Pertamax menjadi bahan bakar yang memiliki nilai oktan 92. Dengan nilai tersebut, tidak bisa dipungkiri Pertamax akan sangat cocok bila digunakan untuk kendaraan dengan teknologi mesin yang tinggi.

Atau setidaknya untuk JENIS MOBIL maupun motor yang memiliki perbandingan kompresi 10-11:1. Atau bisa juga untuk kendaraan yang sudah menggunakan teknologi EFI (Electronics Fuel Injection).

READ  53 Harga Hino Ranger Terbaru dan Terlengkap 2021

5. Shell Super 92

Tidak berbeda jauh dengan Pertamax, Shell Super juga menjadi salah satu jenis bahan bakar dengan nilai oktan 92. Dengan begitu ketika kendaraan kalian punya teknologi EFI maupun punya perbandingan kompresi 10-11:1.

Sepertinya tidak ada salahnya jika menjadikan Shell Power sebagai alternatifnya. Di lain sisi kandungan teknologi yang tersemat di dalamnya juga memungkinkan emisi gas buang yang di hasilkan akan tetap menjadi kondisi udara sekitar.

6. Pertalite 90

Merupakan salah satu jenis bahan bakar minyak dengan jumlah pengguna begitu banyak di Indonesia. Pertalite sendiri memiliki kadar kandungan nilai oktan bahan bakar sekitar 90.

Masih berada di atas Premium, Pertalite bahkan bisa dibilang cocok untuk semua jenis kendaraan di tanah air. Atau setidaknya akan sangat cocok untuk kendaraan dengan perbandingan rasio 9-10:1.

7. Premium 88

Jenis bahan bakar dengan nilai oktan paling rendah dari Pertamina adalah Premium. Hanya mempunyai nilai oktan sebesar 88, penggunaan bahan bakar ini akan sangat cocok untuk kendaraan dengan perbandingan rasio 9:1.

Selain itu, penggunaan premium juga akan lebih tepat jika diperuntukkan pada jenis kendaraan roda dua. Karena tingkat kompresi pada jenis kendaraan ini cukup rendah.

Manfaat Pakai BBM Oktan Tinggi

Manfaat Pakai BBM Oktan Tinggi

Ketika sudah tahu dan paham urutan nilai oktan bahan bakar di Indonesia seperti otoflik.com sampaikan di atas. Lantas apa sebenarnya manfaat penggunaan BBM beroktan tinggi?.

  1. Membuat kinerja mesin menjadi lebih ringan sehingga membantu menjaga kondisi mesin agar tetap awet.
  2. Penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi juga membuat gas buang tetap ramah lingkungan.
  3. Tidak saja hanya sampai disitu, pemakaian bahan bakar dengan nilai oktan tinggi juga membuat umur mesin lebih tahan lama.
  4. Memungkinkan kalian bisa mendapatkan jarak tempuh yang lebih jauh karena mesin akan bekerja maksimal namun dalam kondisi yang normal.

Akhir Kata

Kiranya demikian informasi yang dapat otoflik.com rangkum serta sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan terkait daftar urutan nilai oktan bahan bakar di Indonesia ini dapat menjadi referensi terbaik untuk kalian simak.

Advertisements

Tags: , , , , ,