44 Komponen Mesin Mobil dari Gambar, Fungsi dan Bagian

Komponen Mesin Mobil – Di dalam sebuah mobil, ada cukup banyak komponen atau bagian bagian dengan peran yang cukup penting. Salah satu di antaranya adalah mesin mobil. Bagian tersebut menjadi piranti utama yang dibutuhkan sebuah mobil sebagai sistem penggeraknya sehingga nantinya mobil bisa bergerak maju atau mundur.

Dilihat dari fungsinya yang cukup penting, mesin mobil sendiri masih akan terbagi menjadi beberapa bagian seperti kepala silinder, blok silinder sistem pendingin serta beberapa bagian penting lain. Dimana setiap bagian tersebut akan memegang peran tersendiri untuk membuat keseluruhan fungsi mesin pada mobil bisa bekerja.

Didalam bagian bagian mesin tersebut pun masih terdapat beberapa komponen lain yang akan saling berhubungan. Dan ketika ada salah satu komponen mesin mobil dari bagian tertentu yang bermasalah, hal ini biasanya akan membuat keseluruhan fungsi dari mesin mobil tidak akan bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu, untuk menjaga fungsi dari masing-masing komponen tersebut. Kita diharuskan untuk selalu melakukan perawatan, baik perawatan ringan seperti halnya membersihkan kerak pada mesin mobil dan juga perawatan berat seperti tune up mobil atau yang lainnya. Tujuan utamanya tentu saja untuk memaksimalkan kinerja mesin.

Komponen Mesin Mobil dari Gambar, Fungsi dan Bagian

Komponen Mesin Mobil dari Gambar Fungsi dan Bagian

Nah bicara mengenai bagian dan juga komponen yang terdapat di dalam mesin mobil. Pada dasarnya hampir selurh mobil memiliki kompartemen yang hampir sama, seperti halnya mesin mobil Avanza punya komponen yang hampir sama dengan mobil Honda Mobilio atau yang lainya.

Nah bagi kalian yang peansaran, pada kesempatan kali ini otoflik.com akan merangkum serta menjelasakan secara rinci tentang fungsi setiap bagian serta komponen mesin mobil dan namanya. Untuk itu bagi kalian yang sedang membutuhkannya untuk membuat sebuah makalah atau yang lainnya simak hingga akhir artikel ini.

Bagian-Bagian Mesin Mobil

Seperti sudah kami jelaskan diatas, mesin mobil merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari beberapa bagian-bagian lain yang tentu akan saling terhubung satu dengan lainnya. Berikut adalah beberapa bagian penting yang terdapat dalam sebuah mesin mobil.

  • Bagian Kepala Silinder
  • Bagian Blok Silinder
  • Bagian Front Engine Compartment
  • Bagian Sistem Pendingin
  • Bagian Sistem Pengisian
  • Bagian Sistem Pelumasan
  • Bagian Sistem Bahan Bakar

Setidaknya ada tujuh bagian penting yang bisa dibilang cukup penting di dalam kompartemen mesin mobil. Bagi kalian yang penasaran dan ingin tahu masing-masing komponen yang terdapat di dalam bagian-bagian tersebut dari fungsi, gambar dan namanya, berikut kami rangkumkan secara detail dibawah ini.

Komponen Mesin Mobil Pada Kepala Silinder

1. Kepala Silinder

Kepala Silinder

Kepala silinder merupakan bagian mesin yang ditempatkan secara bersmaan dengan blok silinder. Pada bagian ini terdapat sebuah ruang bakar serta dudukan busi. Bukan hanya itu saja, kalian juga akan melihat sebuah mekanisme katup.

2. Katup Hisap

Katup Hisap

Katup hisap menjadi komponen mesin mobil yang terdapat pada bagian kepala silinder. Fungi utamanya untuk  membuka saluran hisap agar proses intake udara yang dibutuhkan di dalam ruang bakar akan terpenuhi.

3. Katup Buang

Katup Buang

Kebalikan dari fungsi katup hisap, fungsi katup buang yaitu untuk membuka saluran buang. Dengan begitu gas sisa pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar akan bisa di lepaskan ke udara bebas melalui knalpot mobil.

4. Poros Nok

Poros Nok

Pada bagian ini terdapat yang namanya poros nok. Poros ini berfungsi untuk mengatur kapan katup hisap dan buang akan membuka. Proses pembukaan katup tersebut akan menfungsikan nok yang dibuat dengan memiliki sudut kemiringan tertentu.

5. Rocker Arm

Rocker Arm

Komponen berikutnya bernama rocker arm. Fungsi rocker arm sendiri menjadi tempat nok menekan batang katup buang dan hisap serta berfungsi untuk mengatur seberapa lebar celah katup.

6. Cylinder Head Cover

Cylinder Head Cover

Seperti namanya, fungsi komponen mesin mobil yang satu ini digunakan untuk menutup bagian dalam kepala silinder yang didalamnya terdisi komponen-komponen mekanisme katup.

READ  10 Contoh Surat Jual Beli Motor & Perjanjian Terbaru 2020

7. Busi

Busi Mobil

Mungkin bagi kita busi merupakan sebuah komponen yang tidak asing lagi, fungsi utamanya busi mobil yaitu untuk memercikan bunga api pada saat langkah pembakaran terjadi di dalam ruang bakar.

8. Intake Manifold

Intake Manifold

Fungsi komponen mesin mobil yang ada dibagian kepala silinder ini yaitu untuk menjadi saluran udara disaat akan memasuki ruang silinder. Tidak hanya itu saja, komponen intake manifold juga difungsikan untuk bisa menciptakan kevakuman didalam ruang bakar.

9. Exhaust Manifold

Exhaust Manifold

Sementara exhaust manifold memiliki fungsi sebagai saluran gas pembuangan sisa pembakaran. Gas tersebut akan melalui komponen exhaust manifold lalu akan disarlurkan melalui knalpot mobil agar keluar ke udara bebas.

2. Komponen Mesin Mobil Pada Blok Silinder

10. Blok silinder

Blok silinder

Ada banyak jenis blok silinder mesin yang ada saat ini. Tetapi dari semua jenis tersebut, fungsi utamanya tetaplah sama yaitu sebagai penopang berbagai komponen mesin lain serta menjadi tempat untuk naik dan turunnya piston.

11. Gasket

Gasket

Gasket merupakan komponen mesin silinder yang memiliki bentuk pipih dan terbuat dari bahan yang kuat. Fungsinya sebagai seal untuk merapatkan sambungan antara blok silinder dan juga kepala silinder agar pelumas yang terdapat didalamnya tidak keluar.

12. Piston

Piston Mobil

Didalam bagian blok silinder kita akan menemukan sebuah komponen mesin mobil bernama piston. Fungsi utamanya sebagai pengubah volume yang terdapat di dalam ruang silinder.

13. Ring Piston

Ring Piston

Ring piston menjadi salah satu komponen mesin mobil yang bisa dibilang cukup penting. Pasalnya fungsi ring piston sendiri untuk merapatkan piston dengan dinding blok silinder agar tidak terjadi kebocoran pada saat langkah kompresi berlangsung.

14. Batang Penggerak

Batang Penggerak

Sesuai dengan namanya, batang pernggerak merupakan komponen mesin mobil yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara piston dengan poros engkol.

15. Poros Engkol

Poros Engkol

Sementara poros engkol, menjadi bagian atau komponen yang akan digunakan untuk mengubah energi naik dan turunnya piston menjadi sebuah gerak putar.

16. Carter/Oil Pan

 

Carter atau Oil PanMerupakan komponen penampung oli mesin sebagai pelumas seluruh komponen mesin agar tidak keluar dari dalam mesin.

17. Drain Plug

Drain Plug

Kemudian didalam bagian blok silinder juga terdapat komponen bernama drain plug. Dimana fungsi utama dari komponen ini untuk tempat menguras atau menglurkan oli mesin saat ingin diganti.

18. Pulley Mesin

Pulley mesin memiliki fungsi sebagai media pemutar komponen lain yang bertugas sebagai pelengkap mesin mobil dengan menggunakan sebuah media sebuah driver belt.

19. Flywheel

Flywheel

Kemudian pada bagian blok silinder terdapat komponen bernama Flywheel. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan energi yang dimiliki mesin ke bagian kopling mobil. Selain itu digunakan juga untuk menyimpan energi mesin agar putaran yang dihasilkan lebih stabil.

3. Komponen Mesin Mobil Pada Front Engine Compartment

20. Timing Chain Assembly

Timing Chain Assembly

Komponen mesin mobil yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan putaran engkol dengan putaran camshaft. Tujuannya agar membuat mekanisme katup bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

21. Timing Chain Cover

Timing Chain Cover

Selain itu pada bagian ini juga terdapat komponen bernama timing chain cover. Fungsi utamanya sebagai penutup timing chain assembly agar terhindar dari berbagai macam kotoran seperti debu atau yang lainnya.

22. Motor Starter

Motor Starter

Selanjutnya ada komponen bernama Motor Starter. Komponen motor starter memiliki tugas paling penting pada saat kalian ingin menghidupkan mesin mobil diawal putarannya. Karena lewat komponen ini energi listrik dari aki mobil akan diubah menjadi energi putar.

23. Driver Belt

Driver Belt

Dibuat dari bahan karet dengan kemampuan yang cukup kuat, fungsi dari driver belt sendiri sebagai penghubung antara pulley mesin dengan komponen mesin lainnya seperti alternator atau lainnya.

24. Oil Cap

Oil Cap

Ini merupakan komponen mesin mobil yang juga bisa dibilang penting. Karena Oil Cap sendiri memiliki fungsi untuk menutup bagian oli mesin serta sebagai media untuk pengisian ulang oli ke dalam mesin ketika dilakukannya penggantian oli karena sudah kotor.

4. Komponen Mesin Mobil Pada Sistem Pendingin

25. Radiator

Radiator

Komponen mesin mobil lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah radiator mobil. Fungsi utama dari komponen radiator mobil yaitu sebagai sistem pendingin mesin dengan cara menyerap panas lewat air radiator yang kemudian akan di dinginkan melalui sirip-sirip pendingin yang ada didalam bagian radiator.

26. Tutup Radiator

Tutup Radiator

Tutup radiator merupakan komponen sistem pendingin mesin mobil yang cukup penting. Pasalnya tidak seperti tutup lainnya, pada bagian ini terdapat dua buah mekanisme katup yaitu relief valve dan vacuum valve. Sementara fungsi utama dari tutup radiator sendiri untuk dapat menaikan titik didih air radiator serta menjaga air tersebut agar tidak mendidih pada suhu 100 derajat celcius.

27. Thermostat

Thermostat

Komponen lain yang ada pada bagian sistem pendingin radiator adalah Thermostat. Fungsi Thermostat sendiri digunakan untuk menjaga suhu air pendingin yang berada di dalam radiator. Selain itu komponen mesin mobil ini juga digunakan untuk mempercepat mesin mencapai suhu kerja.

28. Cooling Fan

Cooling Fan

Sesuai dengan nanamnya, komponen mesin mobil pada bagian sistem pendingin bernama Cooling Fan merupakan komponen dengan fungsi untu membantu proses pendinginan air radiator yang memiliki suhu panas saat melewati sirip radiator.

READ  27 Mobil Terbaru 2018 Mesin Terbaik dan Desain Sporty

29. Reservoir Tank (Tangki Cadangan)

Reservoir Tank Tangki Cadangan

Reservoir atau tangki cadangan merupakan salah satu komponen sistem pendingin mobil yang berfungsi untuk tempat penampungan atau tempat cadangan air radiator. Selain itu fungsi dari komponen ini juga sebagai penampung uap air yang muncul saat mesin mobil terasa begitu panas.

30. Upper Hose dan Lower Hose

Upper Hose dan Lower Hose

Ini merupakan sebuah komponen berbebtuk selang yang memiliki fungsi untuk menyalurkan air pendingin dari mesin ke bagian radiator (upper hose). Selain itu juga untuk menyalurkan air pendingin dari radiator ke mesin (lower hose).

31. Water Temperatur Sensor

Water Temperatur Sensor

Water temperatur sensor merupakan komponen mesin mobil yang ada pada sistem pendingin mesin mobil dengan fungsi utamanya untuk mengukur suhu air radiator. Apabila sensor tersebut membaca suhu terlalu panas, maka akan memuat kipas radiator berputar dengan begitu cepat, sementara jika sensor tersebut mendeteksi suhu sudah normal, kipas radiator akan secara otomatis berhenti.

32. Water Jacket

Water Jacket

Untuk mendinginkan suhu pada mesin mobil terdapat sebuah bagian bernama water jacket yang sudah terdapat dibagian dalam blok silinder. Fungsinya sebagai jalur air pendingin yang terdapat pada sistem pendingin mobil.

33. V-belt (Sabuk Penggerak)

V belt Sabuk Penggerak

Seperti halnya Driver Belt, fungsi utama dari V-Belt sediri untuk menggerakan kipas pendingin serta beberapa komponen lainnya yang membutuhkan sebuah putaran untuk bisa bergerak. Seperti halnya pompa air, alternator AC serta yang lainnya.

5. Komponen Mesin Mobil Pada Sistem Pengisian

34. Alternator

Alternator

Bergeser pada bagian komponen mesin mobil untuk sistem pengisian, terdapat sebuah komponen bernama alternator. Fungsi utama dari komponen yang satu ini untuk menghasilkan arus listrik yang akan digunakan untuk mengisi aki mobil.

35. Regulator

Regulator

Lalu ada juga komponen lain dalam mesin mobil yang terdapat pada sistem pengisian, dan namanya adalah Regulator. Fungsi utama dari komponen yang satu ini untuk mengatur otuput tegangan yang dihasilkan alternator agar tetap stabil berada di angka 13,8 Volt sampai 14,8 Volt.

36. Baterai

Baterai

Selain itu ada juga komponen bernama baterai atau mungkin lebih di kenal dengan aki mobil. Yang dimana fungsi utama dari komponen yang satu ini untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh alternator. Untuk nantinya energi tersebut dipakai sebagai penyupli sistem pengapian, sistem kelistrikan serta sebagai penggerak awal mesin mobil.

6. Komponen Mesin Mobil Pada Sistem Pelumasan

37. Pompa Oli (Oil Pump)

Pompa Oli Oil Pump

Selanjutnya ada komponen bernama pompa oli. Fungsi utamannya jelas sebagai alat untuk memompa oli mesin agar bisa melumasi seluruh komponen mesin mobil yang berada pada jalur pelumasan.

38. Saringan Oli (Filter Oli)

Saringan Oli Filter Oli

Komponen mesin mobil pada sistem pelumasan selain diatas adalah Saringan Oli atau Filter Oil. Sebagaimana mestinya, fungsi utama dari saringan ini digunakan untuk menyaring kotoran-kotoran yang terdapat didalam oli.

39. Saringan Kasa Oli

Saringan Kasa Oli

Saringan kasa oli terletak dibagian kalter alu oil pan. Fungsi dari komponen yang satu ini untuk menyaring kotoran-kotoran yang terdapat di dalam oli mesin yang terdapat dibagian kalter. Agar disaat oli tersebut disedot dan di pompa oleeh oil pump sudah dalam kondisi bersih.

7. Komponen Mesin Mobil Pada Sistem Bahan Bakar

40. Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank)

Tangki Bahan Bakar Fuel Tank

Bagian lain dari sebuah mesin mobil adalah sistem bahan bakar. Yang dimana pada sistem bahan bakar ini terdapat beberapa komponen lain seperti halnya tangki bahan bakar atau fuel tank. Fungsi utamanya tentu saja sebagai tempat penampungan bahan bakar baik solar atau bensin.

41. Saringan Bahan Bakar (Fuel Filter)

Saringan Bahan Bakar Fuel Filter

Sama seperti saringan oli, pada bagian sistem bahan bakar juga terdapat sebuah komponen bernama saringan bahan bakar atau fuel filter. Komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat pada bahan bakar agar disaat masuk kedalam karburator dan ruang bakar sudah dalam kondisi bersih.

42. Saluran Bahan Bakar

Saluran Bahan Bakar

Untuk menyalurkan bahan bakar tersebut bisa mencapai komponen yang dituju seperti halnya karburator, biasanya terdapat sebuah komponen berupa selang atau pipa. Yang dimana selang atau pipa tersebut termasuk dalam komponen saluran bahan bakar.

43. Pompa Bahan Bakar

Pompa Bahan Bakar

Dalam rangkaian mesin mobil, bisa dibilang ada beberapa komponen pompa yang dibutuhkan. Selain pompa oli dan pompa air pendingin ada juga komponen pompa bahan bakar. Yang dimana komponen ini juga  sering disebut fuel pump.

44. Karburator

Karburator

Dan komponen mesin mobil yang terakhir adalah karburator. Pada mobil sendiri terdapat beberapa jenis karburator yang biasanya digunakan.  Dimana fungsi utama dari komponen ini yaitu untuk mencampur udara dan bahan bakar dengan perbandingan yang tepat antara bahan bakar dan udara sesuai dengan kebutuhan dan kondisi disaat mesin mobil bekerja.

Demikian kiranya informasi seputar komponen mesin mobil yang dapat otoflik sampaikan lengkap dengan gambar dan fungsinya. Sebagai informasi tambahan, dari beberapa banyak komponen diatas, salah satu komponen yang sering bermasalah adalah busi. Jadi sering-seringlah melakukan perawatan mobil seperti servcei ataupun yang lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags: , ,