9 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis Terbaru 2020

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis –  Rusaknya fungsi atau kerja radiator pada sebuah mobil sedikit banyak akan memberikan dampak yang tidak bagus pada kesehatan mobil. Salah satu yang paling sering adalah mobil sering mogok atau sulit di hidupkan. Yah, hal tersebut bisa saja karena rusaknya fungsi radiator sebagai pendingin.

Bicara mengenai radiator mobil, tentunya ada banyak sekali komponen yang terdapat di dalamnya. Nah salah satu yang paling familiar di telinga kita mungkin air radiator. Dimana air radiator ini merupakan bagian yang akan mengalir saat mesin mobil hidup untuk membuat komponen mesin tetap bisa dingin dan tetap pada suhu stabil.

Dengan begitu bisa diartikan bahwa air didalam rangkaian fungsi dan cara kerja radiator mobil sangatlah penting. Oleh karena itu kondisi air yang tepat dan tetap penuh harus selalu di jaga agar tidak cepat habis. Lalu bagimana jika air tersebut habis? seperti kami jelaskan diatas, tentu saja banyak hal yang akan terjadi ketika air radiator habis.

Habisnya air radiator mobil juga bisa di sebabkan banyak sekali faktor. Oleh karena itu, pastikan selalu memperhatikan kondisi air radiator agar kalian tidak mengalami hal yang tidak di inginkan karena air radiator mobil habis. Nah bagi flikermania yang tetap bertanya-tanaya apa sih penyebab air radiator mobil cepat habis. Silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis Terbaru

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Seperti yang kami sebutkan dan jelaskan diatas, ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab habisnya air radiator pada mobil kalian. Dan berikut akan otoflik.com, sampaikan beberapa diantaranya untuk bisa kalian jadikan referensi agar tidak terjadi pada mobil kalian semua.

1. Sirip Radiator Bocor

Sirip Radiator Bocor

Peneyebab air radiator mobil cepat habis yang pertama bisa di sebabkan oleh sirip radiator yang bocor. Namun dengan mesin yang terus berputar dan berjalan, mungkin bocoranya sirip radiator juga tidak mudah di lihat karena sirip tersebut sudah mengering atau bisa juga karena air sudah menguap.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal ini kalian bisa melakukan perawatan rutin dengan selalu mengecek bagian ini atau lakujan service dan tune up mobil agar semua komponen yang ada bisa di periksa oleh montir dan mengetahui bagian mana yang rusak atau tidak.

READ  Kick Starter Motor Matic Macet : Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

2. Kebocoran Pada Kompresi Mesin

Kebocoran Pada Kompresi Mesin

Kemudian kebocoran pada kompresi mobil juga bisa menjadi penyebab air radiator pada mobil cepat habis. Kenapa demikian? Tentu saja karen  kebocoran ini biasanya terjadi saat tutup radiator pada mobil kalian di buka namun mesin kendaraan kalian hidupkan.

Hal ini lah yang nantinya menyebabkan terjadinya  gelembung yang tidak akan berhenti. Bahkan hal serupa juga akan tetap terjadi ketika kompresi mesin mobil tetap kalian gas. Dengan begitu sudah tentu air radiator akan habis karena keluar tanpa henti.

3. Selang Radiator Kurang Rapat

Selang Radiator Kurang Rapat

Mengalami masalah cepat habisnya air radiator pada mobil tentu menjadi hal yang tidak ingin semua orang rasakan. Namun hal ini terkadang tetap bisa menimpa siapa saja dengan berbagai penyeba. Dan tentunya selain penyebab diatas, ada juga penyebab lain kenapa air radiator mobil cepat habis.

Salah satunya adalah karena selang radiator kurang rapat. Dengan posisi selang radiator yang tidak rapat maka sudah barang tentu air radiator tersebut akan keluar dari celah antara selang dan juga besi radiator. Jika hal tersebut tidak segera di perbaiki maka air pun akan berkurang dan habis.

4. Kebocoran Pada Water Pump

Kebocoran Pada Water Pump

Seperti kita ketahui bersama, water pump atau pompa air para rangkaian radiator mobil sangatlah memiliki peranan yang begitu penting. Pasalnya komponen ini memiliki fungsi untuk memompa serta menyirkulasikan air yang ada didalam tangki bawah radiator ke mesin.

Jika water pump ini rusak atau bocor, maka akan banyak hal yang bisa terjadi termasuk juga air radiator mobil cepat habis. Bahkan ketika water pump pada radiator rusak atau bocor, maka mobil pun juga tidak akan bisa berjalan karena mesin akan terus dalam keadaan panas dan terjadi overheat.

5. Kipas Pendingin Radiator Lemah

Kipas Pendingin Radiator Lemah

Penyebab air radiator mobil cepat habis yang selanjutnya juga bisa di sebabkan karena putaran kipas pendingin radiator mulai lemah. Adapun putaran kipas radiator yang lemah juga bisa diakarenakan berbagai macam hal, termasuk juga carbon brush yang habis.

Selain itu, magnet pada cooling fan bergeser atau terlepas serta terlepasnya skun pada kaki relay juga bisa menjadi penyebab putaran kipas pendingin lemah. Apabila hal tersebut terjadi pada mobil kalian, maka air radiator akan menguap karena panas sehingga lambat laun air pun akan habis.

6. Tutup Radiator Melemah

Tutup Radiator Melemah

Hal yang sering terjadi ketika air radiator mobil cepat habis juga disebabkan karena tutup radiator mulai melemah. Hal ini biasanya terjadi dalam waktu pemakaian yang lama sehingga seal yang ada pada tutup radiator rusak dan sudah tidak lagi bisa menahan tekanan air panas yang ada.

READ  9 Air Radiator Mobil Terbaik Murah & Terbaru 2020

Sebagai solusi tentu saja kalian harus mengganti tutup radiator tersebut dengan yang baru. Dan pastikan saat menggantinya pilihlah tutup radiator dengan kualitas terbaik. Bahkan jika memungkinkan gantilah dengan menggunakan tutup radiator asli atau oroginal.

7. Radiator Core

Radiator Core

Dan salah satu hal yang juga sering menjadi penyebab air pada radiator mobil sering atau cepat habis juga bisa di karenakan Radiator Core yang sudah mulai rusak. Jadi pastikan kalian harus terus melihat dan merawat komponen radiator ini secara rutin agar tidak terjadi kerusakan.

Adapun Radiator Core sendiri emrupakan komponen radiator yang memiliki fungsi untuk menyerap panas dalam air pendingin untuk memudian panas terbus di hembuskan ke udara luar dengan adanya tambahan kipas pendingin radiator.

8. Tangki Atas Radiator Bocor

Tangki Atas Radiator Bocor

Kemudian hal yang perlu kalian lakukan berikutnya adalah memeriksa tangki atas dari radiator mobil kalian. Pastikan tidak terjadi kebocoran pada bagian tangki atas ini. Karena salah satu hal yang menjadi penyebab air radiator mobil cepat habis juga bisa di karenakan tangki atas radiator bocor.

Tangki radiator di bagian atas merupakan bagaina tau komponen radiator mobil yang akan menampung air yang memiliki suhu panas dari mesin kendaraan. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila kalian juga melakukan pengecekan pada bagian tangki atas radiator ini.

9. Tangkio Bawah Radiator Bocor

Tangkio Bawah Radiator Bocor

Terakhir silahkan kalian periksa lower tank atau tangki bawah radiator. Karena komponen ini juga sering menjadi salah satu penyebab air radiator mobil cepat habis. Hal ini hampir sama seperti tangki radiator bagian atas, namun bedanya, komponen ini akan menampung air yang sudah dingin.

Selain itu pada bagian lower tank atau tangki bawah ini juga terdapat komponen lain berupa water pump yang nantinya akan mengalirkan air radiator tersebut ke mesin kendaraan. Oleh karena itu pastikan pula bagian tangki bawah ini tidak bocor.

Demikian kiranya informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab air radiator mobil cepat habis. Semoga dengan membaca artikel terbaru otoflik.com diatas kini kalian bisa memahami bagaimana dan kenapa air di radiator mobil itu bisa cepat habis.

Tags: , ,