Dryer AC Mobil : Fungsi, Komponen, Harga & Cara Kerja

Dryer AC Mobil – Sekarang ini hampir semua mobil keluaran terbaru sepertinya sudah dilengkapi dengan sistem air conditioner atau AC. Yang dimana fitur ini memungkinkan kalian akan dapat merasakan kesejukan sekaligus membuat kenyamanan berkendara akan lebih sempurna.

Advertisements

AC mobil sendiri memiliki bagian atau komponen yang cukup banyak untuk membuatnya bisa bekerja dengan maksimal. Dimana dari sekian banyaknya komponen AC mobil yang ada, Dryer merupakan bagian yang punya peran penting untuk membuat AC mobil tetap bekerja.

Peran pentingnya di dalam sistem kerja AC mobil bisa di katakan cukup vital, bahkan ketika komponen yang satu ini mengalami kerusakan otomatis hal ini akan membuat kinerja sistem pendingin kabin mobil ini sama sekali tidak bisa bekerja.

Advertisements

Lantas apa sih fungsi Dryer air conditioner Mobil serta bagaimana cara kerja komponen satu ini? Nah buat kalian yang saat ini penasaran dan ingin mengetahui apa itu Dryer AC Mobil, fungsi, komponen, serta harga dan cara kerjanya.

Fungsi Komponen Harga Cara Kerja Dryer AC Mobil

Mungkin tepat sekali ada pada artikel terbaru otoflik.com satu ini. Pasalnya seperti judul sudah kami tulis di atas kali ini otoflik akan membagikan secara lengkap dan detail apa peran penting Dryer AC Mobil serta cara kerja yang mungkin perlu untuk kalian ketahui.

Apa Itu Dryer AC Mobil?

Buat kalian yang mungkin sering melakukan otak-atik mobil kami rasa mendengar nama Dryer tidak akan lagi asing. Mengingat komponen ini merupakan salah satu bagian yang cukup penting keberadaannya dalam sistem AC mobil.

Namun buat yang memang belum mengetahuinya secara pasti, kalian tidak perlu merasa khawatir karena di sini akan otoflik jelaskan lebih dulu apa itu Dryer AC Mobil. Secara umum dryer sendiri merupakan komponen untuk membantu memperlancar sirkulasi freon.

Umumnya komponen satu ini memiliki bentuk kecil dan biasanya terletak di antara condenser dan juga katup ekspansi. Dimana ketika freon AC mobil mendapatkan tekanan dari kompresor, maka freon akan mengalir ke arah condenser sekaligus akan melewati dryer sebelum akhirnya masuk ke arah katup ekspansi.

Fungsi Dryer AC Mobil

Setelah mengetahui apa itu Dryer AC Mobil seperti di atas kami sampaikan, lantas apa sih fungsi utama dari komponen satu ini?. Bicara mengenai fungsi utamanya, jika kita melihat dari sistem kerjanya, Dryer ini punya beberapa fungsi utama cukup penting.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari Dryer AC Mobil perlu untuk kalian ketahui:

Penampung Sementara Freon

Fungsi pertama di miliki receiver dryer yaitu sebagai penampung sementara freon saat masih cair. Nantinya pada saat AC mobil bekerja, freon yang masih dalam bentuk cair itu akan melewati katup ekspansi kemudian akan di ubah bentuknya menjadi sebuah gas yang disemburkan.

Proses penyemburan freon ini akan otomatis di sesuaikan dengan pengaturan yang dilakukan pengemudi pada panel kontrol di bagian dashboard.

Penyaring Kotoran di Freon

Selain itu fungsi lain dari Dryer air conditioner Mobil yakni sebagai penyaring kotoran yang terbawa oleh freon. Sehingga ketika refrigerant berjalan melewati receiver dryer secara otomatis semua kotoran ada didalam freon akan disaring sehingga keluaran freon akan tetap bersih.

Meski merupakan bagian terdapat didalam ruangan, namun freon sendiri tetap saja bisa terkontaminasi debu atau partikel lain yang ukurannya sangat kecil. Maka dari itu ketika dryer pada AC mobil ini mengalami kerusakan. Otomatis udara yang akan di keluarkan akan cukup kotor.

Advertisements

Penyerap Kandungan Air

Fungsi lain dari receiver dryer yakni sebagai penyerap kandungan air terkandung didalam freon. Air tersebut akan muncul ketika proses pergantian freon cair menjadi gas dingin dan akan membuat kandungan air secara otomatis muncul.

Dengan adanya proses penyerapan air terdapat di dalam kandungan ini otomatis akan membuat sistem kerja pada AC mobil akan tetap bekerja dengan normal. Namun jika tidak ada komponen satu ini, maka aliran freon akan bisa tersumbat karena terdapat endapan air yang berubah menjadi es.

Komponen Dryer AC Mobil

Komponen Dryer AC Mobil

Setelah kalian mengetahui seperti apa fungsi utama dari Dryer AC Mobil. Mungkin dari sini kalian bisa lebih memperhatikan kondisi dari komponen penting di dalam AC mobil. Sebab jika tidak, salah satu efek buruk akan terjadi adalah AC mobil tidak dingin atau bahkan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Selanjutnya mari kita kenali apa saja komponen yang ada di dalam dryer air conditioner mobil. Karena kami yakin masih ada beberapa pengguna mobil yang mungkin belum mengetahuinya. Jadi buat kalian yang ingin mengetahuinya, mari kita simak detail komponen dan konstruksinya di bawah ini.

  • Filter berfungsi untuk menyaring kotoran terbawa di dalam refrigerant atau freon.
  • Desiccant merupakan komponen akan membuat kandungan air di dalam freon bisa terserap.
  • Sight Glass kemudian, ini adalah komponen akan berfungsi sebagai saluran freon AC mobil.
  • Fusible Plug atau disebut juga dengan fusible socket, fungsi utamanya sebagai pengaman sistem kerja AC mobil saat terjadi tekanan tinggi.

Cara Kerja Dryer AC Mobil

Bagaimana apakah sudah mulai paham dengan fungsi utama Dryer AC Mobil? jika sudah mungkin disini ada dari kalian yang bertanya bagaimana cara kerjanya. Jadi sebelum kita akhiri penjelasan mengenai hal ini, mari kita pahami dulu cara kerja dari Dryer air conditioner mobil.

Pertama freon dengan bentuk cair akan di alirkan ke arah receiver dryer sebelum berubah menjadi gas dengan suhu dingin. Dan pada saat sudah masuk ke bagian tersebut, freon akan dibersihkan dari kandungan air yang ada didalamnya.

Ketika freon sudah dibersihkan dari kandungan air, maka proses berikutnya yaitu masuk ke tahap filter atau penyaringan. Dimana ketika proses ini berlangsung, maka freon akan di saring dari kotoran menempel sampai benar-benar bersih oleh komponen filter yang ada.

Barulah setelah proses penyaringan selesai maka freon cair akan dialirkan ke katup ekspansi untuk selanjutnya akan didinginkan, sementara sisanya akan di simpan di dryer ini sebelum di alirkan ke bagian selanjutnya.

Harga Dryer AC Mobil

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai apa itu dryer AC mobil, fungsi dan juga komponen, serta cara kerja yang perlu kalian ketahui. Yang jelas ketika komponen ini mengalami kerusakan kalian perlu memperbaikinya agar sistem AC akan tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Namun jika dalam proses perbaikan benar-benar tidak bisa dilakukan, maka satu-satunya cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menggantinya dengan komponen yang baru. Yang dimana secara umum harga dryer air conditioner mobil sendiri ada di kisaran Rp 80 – Rp 250 ribu rupiah tergantung tipe dan model mobil masing-masing.

Akhir Kata

Kiranya cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan terkait Dryer AC Mobil. Semoga apa yang sudah otoflik.com jelaskan di atas bisa menjadi referensi menarik serta menjadi gambaran seberapa penting fungsi dari komponen yang satu ini.

Advertisements

Tags: , , , ,