13 Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet dan Tahan Lama 2020

Cara Merawat Ban Mobil – Seperti yang kita ketahui bersama, ada cukup banyak hal yang perlu untuk selalu kita perhatikan ketika memiliki sebuah kendaraan roda empat atau mobil. Salah satunya selalu memperhatikan kondisi ban mobil. Pasalnya ban sendiri merupakan sebuah piranti atau komponen yang amat sangat penting keberadaannya sebagai kaki mobil.

Bahkan dalam beberapa kasus, kondisi ban juga menjadi penentu apakah mobil tersebut layak jalan atau tidak. Hal tersebut karena pada komponen ini seluruh beban yang ada didalamnya akan di tumpu. Selain itu ban sendiri menjadi komponen yang akan langsung bersentuhan dengan medan jalan. Dengan begitu kondisi ban benar-benar harus selalu prima.

Untuk memastikan ban mobil dapat digunakan ada baiknya sebelum kita bepergian selalu periksa kondisi ban mobil. Atau kalian juga bisa melakukan beberapa perawatan agar kondisi ban bisa awet dan tahan lama. Bicara mengenai cara merawat ban mobil sebenarnya cukup mudah dan simple layaknya cara merawat radiator mobil.

Hanya saja kebanyakan para pengguna atau pemilik mobil justru mengabaikan hal ini. Padahal seperti diawal tadi kami katakan, ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki sebuah mobil, termasuk perawatan ban mobil baik yang dipakai atau perawatan ban mobil yang tidak dipakai alias cadangan atau serep.

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet & Tahan Lama

Tips Cara Merawat Ban Mobil Terbaru

Perawatan ban mobil sendiri tidak sebatas merawat tampilan luar agar tetap mengkilap menggunakan semir ban mobil. Melainkan ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan. Bahkan perawatan ban sendiri tidak memerlukan tenaga yang besar ataupun biaya yang banyak.

Tips Cara Merawat Ban Mobil

Jadi bagi kalian yang menginginkan ban mobil kalian awet dan bisa bertahan lama, berikut otoflik.com, rangkumkan secara rinci beberapa tips dan cara melakukan perawatan ban mobil yang baik dan benar.

1. Cari Tahu Tekanan Angin yang  Pas

Cari Tahu Tekanan Angin yang Pas

Setiap jenis dan tipe ban mobil tentu memiliki spesifikasi tersendiri. Baik itu dari ukuran ban ataupun tekanan angin yang mampu ditampung oleh ban tersebut. Maka dari itu, sebelum kalian melakukan pengisian angin, pastikan kalian tahu batas maksimal tekanan angin yang bisa digunakan. Hal ini biasanya dapat kalian temui pada stiker di pintu pengemudi, doorpost atau bahkan di buku manual.

READ  30 Merk Ban Mobil Terbaik, Awet dan Harga 2020

2. Memeriksa Tekanan Angin

Memeriksa Tekanan Angin

Tekanan angin menjadi penentu ban dapat bertahan lama atau tidaknya. Pasalnya penggunaan tekanan angin yang tepat akan membuat kinerja ban akan sesuai dengan ketentuannya. Lalu berapa kiranya tekanan ban mobil yang ideal ? Kembali lagi pada point pertama diatas, pastikan selalu menggunakan tekanan angin sesuai dengan kemampuan ban tersebut.

3. Merotasi Ban Mobil

Merotasi Ban Mobil

Bukan hanya pada tekanan angin, cara merawat ban mobil yang baik dan benar juga disarankan untuk selalu melakukan rotasi ban mobil. Cara ini dianggap dapat memperpanjang masa pakai ban. Rotasi disini biasanya melakukan pemindahan ban depan ke bagian belakang mengingat ban depan biasanya akan lebih cepat botak karena lebih rentan terkena gesekan.

4. Bersihkan Tapak Ban Dari Batu

Bersihkan Tapak Ban Dari Batu

Hal sepele yang mungkin juga menjadi salah satu cara paling mudah merawat ban mobil adalah membersihkan kotoran yang menempel pada bagian tapak ban baik dari tanah yang menempel ataupun batu. Pasalnya batu-batu kecil yang menempel disela-sela telapak jika tidak dibersihkan dapat melukai permukaan ban yang jika tidak segera dibuang akan dapat merusak lapisan ban dalam mobil.

5. Selalu Memperhatikan Kondisi Ban

Selalu Memperhatikan Kondisi Ban

Kenapa kami katakan tidak perlu biaya yang mahal dalam melakukan perawatan ban mobil ? karena kalian masih tetap bisa merawatnya tanpa perlu membawa mobil ke bengkel. Salah satu cara sederhana yang bisa kalian lakukan setiap hari yaitu selalu mengecek ban mobil secara visual. Jika ternyata ada benjolan atau sayatan ada baiknya kalian ganti.

6. Tutup Pentil Harus Selalu Terpasang

Tutup Pentil Harus Selalu Terpasang

Bukan saja hanya merawat ban dari sisi tekanan anginnya. Hal sederhana lain yang dapat kalian lakukan untuk membuat penggunaan ban awet dan tahan lama adalah selalu menggunakan tutup pentil. Karena ketika kalian lupa menutup kembali pentil ban, bisa saja membuat angin akan keluar dan menjadikan tekanan anging berkurang.

7. Keseimbangan Ban Mobil

Keseimbangan Ban Mobil

Bukan hanya sampai disitu, perawatan ban mobil juga bisa kalian lakukan dengan selalu menjaga keseimbangan ban dengan selalu melakukan spooring dan balancing. Yang dimana perawatan ban dengan metode ini biasanya dilakukan ketika pergantian ban baru atau ketika kalian melakukan rotasi ban.

8. Membawa Barang Secukupnya

Membawa Barang Secukupnya

Nah tips atau cara merawat ban mobil yang baik dan benar juga dapat kita lakukan dengan selalu membawa barang secukupnya. Karena ketika membawa barang terlalu banyak tentu akan membuat beban meningkat. Padahal yang namanya ban sendiri memiliki batas maksimal beban yang bisa di tampung. Jika terlalu banyak tentu akan membuat ban lebih cepat rusak.

READ  6 Cara Pasang Stiker Motor Yang Benar dan Anti Lepas

9. Selalu Mewaspadai Lubang

Perhatikan Lubang

Ketika mengendari mobil dan melihat adanya lubang ataupun polisi tidur, ada baiknya kalian hindari atau jika memang tidak bisa. Usahakan ketika ban menghantam lubang ataupun polisi tidur kalian gunakan kecepatan yang rendah. Karena bukan hanya ban mobil yang rusak, bagian lain dari mobil pun bisa rusak ketika terkena terkena hentakan yang besar.

10. Perhatikan Ukuran Ban

Ukuran Ban mobil

Banyak para pemilik atau pengguna mobil yang biasanya melakukan perubahan ukuran ban mobil sesuai keinginan. Hal ini tentu akan membuat mobil tidak sesuai dengan standar. Dan perlu kalian ketahui bahwasannya ukuran ban mobil city car akan berbeda dengan ukuran ban mobil jenis MPV atau yang lainnya. Maka dari itu selalu gunakan ban sesuai dengan ukuran aslinya.

Tips Merawat Ban Mobil Cadangan

Diatas merupakan beberapa cara merawat ban mobil yang bisa kalian lakukan untuk ban yang terpasang atau yang sedang digunakan. Selain itu bagi kalian yang memiliki ban cadangan pun ada baiknya harus selalu di rawat. Dan bertikut beberapa tips cara merawat ban mobil yang tidak dipakai atau ban cadangan.

1. Bersihkan Ban

Bersihkan Ban

Karena fungsinya sebagai ban serep atau cadangan, tentu saja ban ini akan jarang digunakan. Maka dari itu salah satu cara merawatnya yaitu dengan selalu membersihkan ban tersebut dari kotoran.

2. Tutup dengan Cover

Tutup Dengan Cover

Kemudian perawatan ban yang tidak dipakai atau ban serep juga bisa kalian lakukan dengan memberikan lapisan penutup atau cover ban. Hal ini agar ban tetap terlindungi dari paparan sinar matahari yang mungkin akan bisa membuat ban lebih mudah rusak.

3. Simpan Ban di Tempat Aman

Simpan Ban di Tempat Aman

Jika tidak menggunakan cover, ada baiknya selalu simpan ban cadangan ini di tempat yang aman dengan tujuan agar ban mobil tetap terhindar dari terpaan sinar matahari langsung ataupun cair hujan.

Dari keseluruhan tips cara merawat ban mobil diatas, bisa kami katakan bahwa semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan simple. Jadi bagi kalian yang ingin memiliki ban mobil dengan masa pakai yang lama ada baiknya gunakan tips dan cara yang otoflik.com rangkum diatas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian semuanya.

Tags: ,