Ban Mobil Habis Sebelah ? 6 Penyebab & Cara Mengatasi

Ban Mobil Habis Sebelah – Kondisi ban mobil yang bagus sudah bisa dipastikan akan dapat menunjang rasa nyaman dalam berkendara. Maka sudah seharusnya sebagai pemilik dan pengguna mobil, kita harus selalu memperhatikan kondisi ban agar tetap bagus.

Salah satu bentuk perhatian yang tidak bisa kita elakkan dalam perawatan ban yakni memperhatikan kondisi permukaan ban. Ban dengan alur yang rata di seluruh permukaan akan selalu membuat grip atau cengkraman ke medan jalan seperti tanah ataupun aspal akan lebih kuat.

Kondisi tersebut sudah bisa dipastikan akan menjadikan ban tidak mudah selip dan akan tetap bisa membuat laju kendaraan tetap stabil. Meski perawatan yang kita lakukan sudah cukup maksimal, tak bisa kita pungkiri bahwa seiring penggunaan begitu sering.

Ban mobil tetap akan mengalami aus atau botak akibat gesekan tidak ada hentinya dengan medan jalan. Dan umumnya dalam kondisi yang baik, botaknya permukaan ban seharusnya akan terjadi secara bersamaan di seluruh bagian permukaan.

Ban Mobil Habis Sebelah dari Penyebab Cara Mengatasi

Hanya saja tidak sedikit pemilik mobil yang mungkin pernah mengalami ban mobil justru botak atau habis sebelah. Jika kondisi ini tetap dibiarkan sudah barang tentu akan memberikan rasa nyaman berkendara sedikit berkurang. Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi ban mobil botak sebelah?.

Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah

Untuk flikermania yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah seperti ini pada ban mobil kalian. Tentunya hal paling mendasar untuk bisa kalian pahami adalah penyebab ban mobil habis sebelah. Maka dari itu, disini akan sedikit kami jelaskan apa saja kiranya penyebab-penyebab tersebut.

Dengan tujuan agar kalian bisa lebih maksimal lagi dalam hal perawatan ban mobil. Sehingga kasus ban mobil habis sebelah tak akan terjadi lagi. Nah tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah beberapa kondisi dan faktor yang membuat ban mobil botak sebelah.

1. Sudut Kemiringan Ban Tidak Lurus

Sudut Kemiringan Ban Tidak Lurus

Sentuhan permukaan ban ke medan jalan sudah seharusnya rata. Sehingga permukaan pun akan memberikan tapak cukup sempurna. Namun saat pengaturan sudut kemiringan ban tidak lurus, maka permukaan yang seharusnya menapak secara sempurna dan rata tak akan lagi bisa didapat.

Tidak heran apabila kondisi kemiringan sudut ban tidak lurus menjadi salah satu penyebab utama ban mobil habis sebelah. Kondisi sudut tak rata membuat ada sebagian permukaan akan lebih condong ke luar dan mengakibatkan tapak ban akan tergerus aspal lebih dulu.

READ  Biaya Mutasi Motor 2021 : Syarat & Cara Mengurusnya

Kondisi sudut kemiringan ban tak lurus biasanya banyak dikarenakan setelah tidak sempurna saat melakukan SPOORING, tepatnya saat proses mengatur setelan toe in dan toe out tidak sesuai dengan standar. Alhasil permukaan ban tak akan rata saat menyentuh permukaan jalan.

2. Tekanan Angin Ban yang Dipakai

Tekanan Angin Ban yang Dipakai

Penyebab lain tidak akan kalian sadari saat ban mobil habis sebelah yakni tekanan angin yang digunakan. Umumnya setiap jenis ban punya ukuran TEKANAN ANGIN BAN MOBIL berbeda-beda. Hal itu bisa kalian lihat pada bagian pedoman setiap ban yang digunakan.

Jika tekanan angin ban mobil terlalu sedikit, maka hal ini dapat membuat sisi bagian tengah akan lebih cepat aus. Sementara jika tekanan angin ban digunakan terlalu berlebihan. Maka bagian tengah ban akan lebih cepat termakan.

Kurang atau lebihnya tekanan angin yang digunakan pada ban mobil memang tidak akan pernah baik untuk kesehatan ban itu sendiri. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan tekanan ban sesuai dengan ukurannya yah.

3. Setelan Suspensi

Setelan Suspensi

Tidak saja hanya masalah pengaturan sudut kemiringan dan juga tenganan angin ban yang salah. Ban mobil habis sebelah juga bisa dikarenakan setelan suspensi dipakai tidak tepat. Alhasil membuat sudut tegak lurus dengan tanah menjadi tidak sesuai.

Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan adanya satu sisi dari ban yang akan menapak ke medan jalan dengan tidak sempurna. Dan hal inilah salah satu faktor membuat kondisi permukaan ban akan lebih cepat aus atau habis.

Selain akan membuat ban mobil habis sebelah baik sisi depan maupun belakang, setelan suspensi tidak lurus juga dapat mempengaruhi bagian camber. Dimana saat ban miring ke luar, dampak buruknya membuat bagian ban dalam akan lebih cepat habis dan begitu juga sebaliknya.

Cara Mengatasi Ban Mobil Habis Sebelah

Saat kondisi ban mobil habis sebelah sering kalian alami, pastikan penyebab-penyebab di atas telah kalian benahi terlebih dahulu dengan membawa mobil ke bengkel langganan.

1. Periksa Kondisi Ban

Periksa Kondisi Ban

Atau jika ingin melakukannya sendiri pun bisa dibilang cara mengatasinya cukup mudah. Bahkan kalian tidak perlu membawanya ke bengkel. Nah cara untuk dapat mengatasi masalah ban mobil cepat habis sebelah yaitu :

  • Pertama cukup siapkan DONGKRAK MOBIL kemudian silahkan dongkrak dengan memasangnya tepat pada bagian sasis mobil.
  • Saat posisi ban sudah terangkat, kalian cukup goyangkan ban tersebut ke semua arah dan perhatikan pergerakan serta rasakan goyangannya.
  • Apabila saat digoyangkan ban terasa oblak atau goyang, maka sudah bisa dipastikan posisi ban memang bermasalah.
  • Untuk mengatasi masalah tersebut kami sarankan segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan bagian kaki-kakinya.
READ  8 Jenis Kompresor AC Mobil 2021 : Fungsi, Tipe & Cara Kerja

2. Ganti Ball Joint

Ganti Ball Joint

Selain menggunakan cara tersebut, ada pula cara lain bisa kalian pakai untuk mengatasi ban mobil habis sebelah. Nah cara tersebut yakni dengan:

  • Lepas dongkrak dan biarkan ban menyentuh kembali ke permukaan jalan.
  • Perhatikan posisi ban dengan cara melihatnya secara detail baik dari sisi depan maupun belakang dan perhatikan posisinya apakah ban lurus atau tidak.
  • Apabila terlihat miring, maka bisa jadi bagian ball joint sudah mulai aus, dan untuk mengatasinya kalian cukup ganti ball joint tersebut.
  • Akan tetapi jika kondisi ball joint ternyata masih dalam kondisi yang bagus, kami sangat merekomendasikan untuk melakukan Spooring & Balancing ulang.

3. Lakukan Rotasi Ban

Lakukan Rotasi Ban

Cara lain dapat kalian pakai untuk mengatasi masalah ban mobil habis sebelah yakni dengan melakukan ROTASI BAN MOBIL. Nah apa itu rotasi ban? Rotasi ban merupakan salah satu metode untuk memindahkan posisi ban dari satu sisi ke sisi lain.

Sebagai contoh, ban dengan sebelah kanan kalian pindah ke sisi ban belakang sebelah kiri atau lainnya. Begitu juga dengan ban dari sisi lainnya. Tujuan melakukan metode ini yakni untuk membuat permukaan ban lebih merata jika sebelumnya ban mobil habis sebelah.

Tips Menghindari Ban Mobil Botak Sebelah

Tips Menghindari Ban Mobil Botak Sebelah

Mengalami ban mobil habis sebelah memang membuat cukup mengesalkan. Karena mau tidak mau kita harus mengeluarkan budget untuk membuat kondisi ban kembali stabil. Namun sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini.

Beberapa metode atau cara yang bisa kalian lakukan untuk terhindar dari masalah ban mobil cepat habis sebelah antara lain adalah:

  1. Berperilaku baik dalam mengendarai mobil saat berada di jalan, sebisa mungkin hindari pengereman secara mendadak.
  2. Jangan terlalu membawa beban yang begitu berat.
  3. Selalu merawat dan memperhatikan kondisi kaki-kaki mobil.
  4. Dan selalu membersihkan bagian ban setiap kali mencucinya.
  5. Serta selalu lakukan spooring untuk menjaga kondisi ban tetap stabil dan rata.

Akhir Kata

Itulah kiranya beberapa hal yang mungkin bisa kalian lakukan untuk dapat membuat kondisi ban tidak mudah habis sebelah. Serta beberapa penjelasan penyebab dan bagaimana cara mengatasi ban mobil habis sebelah. Sekian dan semoga apa yang sudah otoflik.com bahas bisa menjadi referensi yang membantu.

Tags: , , , ,