11 Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi yang Aman dan Nyaman

Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi – Mudik lebaran merupakan momen-momen yang sangat dinanti-natikan oleh banyak orang yang berada di luar kota atau para perantau di ibukota. Pada saat mudik, banyak sekali orang yang menggunakan beberapa transportasi baik itu transportasi umum atau transportasi pribadi. Semisalnya saja untuk trasnportasi pribadi bisa berupa mobil pribadi dan kendaraan motor roda dua, namun dari tahun ke tahun banyak pemudik yang lebih menggunakan motor.

Sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya beberapa tips mudik pakai motor untuk anda semuanya. Untuk kesempatan yang sangat baik ini, kami akan informasikan kepada kalian semuanya akan tips mudik pakai mobil pribadi yang aman dan nyaman. Untuk tips yang akan kami sampaikan kepada kalian semuanya, memang tidak jauh berbeda seperti tips mudik pakai bus atau mudik pakai kereta api. Dimana kita harus membawa barang bawaan seperluanya dan juga bekal serta uang.

Bagi kalian semua yang berniat mudik dengan menggunakan mobil pribadi, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu akan tips mudik pakai mobil pribadi. Untuk tips yang harus di utamakan adalah cek mobil pribadi kalian semua, pastikan seluruh komponen pada mobil kalian semua sudah oke dan siap untuk dibawa perjalanan jauh. Selain itu juga kalian harus membawa barang bawaan seperlunya dan membawa bekal, dan masih banyak lagi yang harus kalian persiapkan untuk melakukan perjalanan jauh atau mudik.

Perlu kalian ketahui, jika tips mudik pakai mobil pribadi memang tidak jauh berbeda dengan menggunakan alat transportasi lainnya. Dimana kita semua harus utamakan keselamatan, pastikan perjalanan akan berjalan dengan baik sampai tujuan. Mungkin sebagaian orang banyak yang belum mengetahui akan tips mudik yang aman dan nyaman. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi yang Aman dan Nyaman

Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi yang Aman dan Nyaman

Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi yang Aman dan Nyaman

Sebentar lagi momen mudik akan segera terjadi, sehingga kalian para perantau harus persiapkan segala hal yang bersangkutan. Dimana harus memastikan rute perjalanan utama dan rute perjalanan alternatif, jika rute utama tidak memungkinkan. Nah, untuk lebih jelasanya. Kalian semua bisa langsung saja simak tips mudik pakai mobil pribadi yang ada di bawah ini.

READ  15 Tips Mudik Pakai Kereta Api Agar Selalu Aman

1. Cek Keadaan Mobil

Tips mudik pakai mobil pribadi yang harus pertama kali kalian lakukan adalah cek keadaan mobil, dalam pengecekan bisa dilakukan ke bengkel langganan kalian semua. Sehingga pada saat pengecekaln ada bagian yang rusak atau harus di ganti, otomatis bisa langsung di tangani. Pastikan jika mobil kalian semua sudah siap untuk di bawa perjalanan jauh, semisalnya saja kondisi rem, tekanan ban, ac dan mesin mobil sudah oke. Dengan mobil yang sudah siap di pakai, pastinya di perjalanan akan berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

2. Bawa Barang Bawaan Secukupnya

Tips mudik pakai mobil pribadi yang selanjutnya, pastikan barang bawaan yang akan kalian bawakan seperlunya saja. Sehingga mobil tidak terasa sesak dikarenakan terlalu banyak barang bawaan, terlebih jika kalain semua membawa anak kecil atau bayi. Dengan kondisi di dalam mobil terasanya luas, pastinya penumpang akan merasakan kenyamanan pada saat perjalanan mudik.

3. Siapkan Bekal yang Cukup

Untuk mengantisipasi kelaparan di tengah perjalanan, sebaiknya kalian semua memabawa bekal yang cukup untuk menmghilangkan rasa lapar. Karena di dalam perjalanan tidak pasti selalu ada warung makan yang buka selama 24 jam, jikapun ada pastinya harganya akan lebih mahal dari yang kita duga. Dengan kita membawa bekal sendiri, otomatis akan lebih irit.

4. Bawa Penumpang Sesuai Kapasitas

Seperti yang sudah kalian ketahui, jika setiap mobil memiliki kapasitas yang sesuai dengan jenis kendaraan mobil yang ada saat ini. Semisalnya saja untuk mobil SUV atau MPV memiliki kapasitas 7 penumpang, jadi kita hars sesuaikan dengan kapasitasnya. Hal tersebut untuk memberikan rasa nyaman bagi penumpang yang ada di dalam mobil, terlebih kalian sedang melakukan perjalanan yang jauh.

5. Siapkan Uang Receh

Tips mudik pakai mobil pribadi yang selanjutnya, kalian siapkan saja uang receh atau uang pas. Karena di dalam perjalanan kita akan membutuhkannya, semisalanya saja untuk parkir, memberi orang yang membantu kita menyebrang dan lain-lain. Ketika kita berhenti di rest area juga sangat dibutuhkan uang pas untuk membeli makanan atau minuman.

6. Isitirahat yang Cukup

Hal yang harus di lakukan pada saat mudik ialah istirahat dengan cukup, dengan kita beristirahat dengan cukup. Terutama bagi si pengemudi, sehingga saat perjalanan kembali di lanjutkan akan lebih konsentrasi san menjalankan mobil dengan benar. Para penumpang juga begitu, meskipun hanya duduk di belakang tetap merasakan kelelahan dikarena hanya duduk saja.

READ  10 Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2019 PT. KAI & Syaratnya

7. Aktifkan GPS

Pastikan jika GPS pada mobil aktif, dengan menggunakan GPS. Kalian semua dapat mencari jalan alternatif atau juga bisa membantu ketika tersesat, maka dari itu GPS harus selalu aktif pada saat perjalanan mudik.

8. Gunakan Jalan yang Benar

Sebelum kalian semua berangkat mudik, pastikan terlebih dahulu jalan yang akan kalian lalui. Dengan memastikan jalan mana yang di lalui, pastinya perjalanan akan lebih cepat. Jikapun jalan yang sudah di tentukan terkena macet, kalian semua harus persiapkan jalan alternatif untuk menghindari macte. Tentunya kalian sendiri sudah tahu, jika pada saat mudik jalanan akan sangat ramai oleh kendaraan dan menyebabkan kemacetan.

9. Taati Peraturan Lalu Lintas

Tips mudik pakai mobil pribadi selanjutnya adalah, taati peraturan lalu lintas. Semisalnya saja di jalan tol, gunakan jalur yang sesuai dengan jenis mobil kalian semua, selain itu juga taati peraturan yang diatur oleh petugas yang ada di jalan. Dengan menaati peraturan lalu lintas, perjalanan akan lebih enak. Terlebih jika sedang dilakukan buka tutup satu jalur.

10. Bersabaar Pada Saat Macet

Biasanya untuk hal ini banyak sekali orang yang tidak bersabar, karena macet merupakan hal yang sangat membosankan sekali. Untuk menghindari rasa bosan ketika macet, kalian semua bisa bermain gadget atau juga membaca buku. Jika dilihat beberapa tahun belakangan ini, pada saat mudik. Seluruh jalanan akan mengalami kemacetan yang sangat panjang dan perjalanan akan tertunda hinga seharian penuh.

11. Pastikan Keselamatan

Agar mudik berjalan dengan lancar, utamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Karena sudah dapat di pastikan pada saat momen mudik, banyak pengendara ugal-ugalan yang ingin cepat sampai tujuan. Dari hal itulah, kita harus berhati-hati pada saat berjalan atau bahkan pada saat mau rest area.

Seperti itulah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, dimana tips mudik pakai mobil pribadi yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi tips mudik pakai mobil pribadi yang nyaman dan aman dapat bermnfaat untuk kalian semua yang akan melakukan perjalanan jauh pada mudik nanti.

Tags: ,