13 Tips Mudik Pakai Kapal Laut Nyaman dan Aman

Tips Mudik Pakai Kapal Laut – Memasuki bulan suci Ramadhan, masyarakat Indonesia kembali akan melakukan perjalanan pulang kampung halaman. Dimana tradisi pulang kampung halaman ketika hari raya idul fitri di Indonesia diberi istilah mudik. Untuk setiap tahunnya orang yang melakukan mudik mengalami peningkatan baik yang mudik dengan kendaraan pribadi ataupun menggunakan alat transportasi umum salah satunya kapal laut.

Sebelum melakukan mudik alangkah baiknya anda untuk tahu tips meninggalkan rumah ketika mudik, agar nantinya mudik anda tenang dan tidak ada sesuatu hal yang terjadi pada rumah anda saat anda mudik. Untuk sekarang kami akan membagikan informasi tips mudik pakai kapal laut yang ditujukan untuk anda yang menggunakan transportasi jalur laut ini untuk mudik. Dimana sangat penting sekali anda tahu tips ini, supanya mudik anda aman dan nyaman.

Tips mudik pakai kapal laut memang berbeda sekali dengan tips mudik pakai mobil pribadi. Karena menggunakan kapal laut anda akan berjumpa dengan banyak penumpang serta anda harus mengantri untuk masuk kapal. Untuk barang bawaannya juga berbeda dengan barang bawaan yang menggunakan mobil pribadi ataupun motor.

Ada beberapa tips mudik pakai kapal laut yang wajib anda lakukan. Untuk itu simak informasi yang kami sampaikan disini secara cermat dan teliti. Agar nantinya anda bisa nyaman ketika mudik menggunakan kapal laut.

READ  11 Tips Mudik Bawa Bayi Aman dan Menyenangkan

Tips Mudik Pakai Kapal Laut Nyaman dan Aman

Tips Mudik Pakai Kapal Laut Nyaman dan Aman

Tips Mudik Pakai Kapal Laut Nyaman dan Aman

1. Mengatur Jadwal Berangkat dan Pulang

Mengatur Jadwal Berangkat dan Pulang

Mengatur jadwal berangkat dan pulang ini penting sekali, anda harus memperhitungkan waktu perjalanan menggunakan transportasi kapal laut yang lebih lama ketimbang menggunakan pesawat terbang. Oleh karena itu anda harus mengatur jadwal berangkat dan pulang sesuai dengan waktu perjalanan anda untuk sampai ke kampung halaman.

2. Menyiapkan Obat Anti Mabuk Laut

Menyiapkan Obat Anti Mabuk Laut

Tips mudik pakai kapal laut yang satu ini juga penting, apalagi buat anda yang sering mabuk ketika berada di laut. Pastikan sebelum mudik, anda sudah membeli obat anti mabuk laut ini.

3. Jangan Makan Makanan Yang Memicu Mabuk Laut

Jangan Makan Makanan Yang Memicu Mabuk Laut

Ketika berada di kapal laut anda jangan sekali kali memakan makanan pedas ataupun junk food. Usahakan juga untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik.

4. Mencari Tempat Duduk Yang Nyaman

Mencari Tempat Duduk Yang Nyaman

Hindarilah memilih tempat duduk di kapal laut yang berada di posisi belakang dan depan. Tempat duduk kapal laut yang bagus ada pada bagian tengah.

5. Membawa Perlengkapan Tabir Surya

Membawa Perlengkapan Tabir Surya

Perlengkapan tabir surya seperti kacamata dan topi bisa membuat perjalanan mudik anda menggunakan kapal laut lebih menyenangkan dan nyaman. Anda bisa menikmati perjalanan dan melihat pemandangan alam sekitar tanpa terganggu dengan terik panas matahari.

6. Jangan Menggunakan Perhiasan

Jangan Menggunakan Perhiasan

Alangkah baiknya tips mudik pakai kapal laut yang satu ini anda lakukan. Dimana ketika di dalam kapal laut anda jangan menggunakan perhiasan. Hal ini untuk menghindari anda dari tindakan kriminal.

7. Jangan Membawa Uang Yang Banyak

Jangan Membawa Uang Yang Banyak

Selain jangan menggunakan perhiasan, anda juga jangan membawa banyak uang. Bawalah uang secukupnya selama perjalanan mudik dengan kapal laut.

READ  10 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Agar Aman

8. Selalu Ingat dan Dengar Himbauan Awak Kapal Laut

Selalu Ingat dan Dengar Himbauan Awak Kapal Laut

Pastikan anda sudah mempelajari tips keamanan ketika berada di kapal laut. Anda harus tahu apa yang dibolehkan dan dilarang ketika berada di kapal laut. Anda juga wajib untuk mendengarn serta memperhatikan ketika ada himbauan dari awal kapal laut.

9. Jangan Sampai Dehidrasi

Jangan Sampai Dehidrasi

Usahakan anda untuk minum air secukupnya agar tubuh anda tidak dehidrasi. Anda juga harus beraktifitas dan istirahat secukupnya, agar badan tetap sehat ketika berada di kapal laut.

10. Membawa Alat Hiburan

Membawa Alat Hiburan

Untuk membuat nyaman, anda bisa membawa gadget ataupun alat hiburan lainnya untuk mengisi waktu ketika perjalanan di dalam kapal laut. Anda juga bisa foto selfie ketika ada momen pemandangan yang menarik dengan smartphone anda.

11. Tahu Fasilitas Kapal Laut

Tahu Fasilitas Kapal Laut

Tips mudik pakai kapal laut ini juga penting untuk diingat. Dimana anda harus tahu fasilitas apa saja yang disediakan oleh kapal laut yang anda tumpangi.

12. Waspada Terhadap Udara Laut

Waspada Terhadap Udara Laut

Waspada Terhadap Udara Laut

Perlu anda ketahui bahwa terkadang udara laut sangat lembap dan itu akan membuat anda cepat dehidrasi. Oleh karena itu anda harus waspda terhadap udara laut. Jangan keluar pada malam hari karena biasanya apda malam hari angin laut akan lebih kencang dari sore ataupun pagi hari.

13. Selalu Waspada

Selalu Waspada

Karena kapal laut yang anda gunakan untuk mudik adalah alat transportasi umum. Maka kemungkinan terjadi tindakan pencurian sangatlah besar. Sehingga anda harus selalu waspada terhadap barang bawaan anda.

Tips mudik kapal laut ini juga bisa anda gunakan untuk yang mudik membawa bayi dengan menggunakan kapal laut. Tentunya informasi ini hanya bersifat himbauan saja supaya anda aman dan nyaman ketika mudik menggunakan kapal laut.

Tags: ,