15 Tips Mudik Pakai Kereta Api Agar Selalu Aman

Tips Mudik Pakai Kereta Api – Ketika menjelang hari raya khususnya hari raya umat muslim yaitu Idul Fitri, kita pasti akan dilihatkan dengan pemandangan arus mudik yang sangat padat di jalanan. Mengingat di Indonesia sendiri merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Maka tak heran jika pemandangan kemacetan lalu lintas karena banyaknya masyarakat yang mudik atau pulang kampung halaman untuk menikmati hari raya bersama dengan keluarga.

Para pemudik juga banyak yang menggunakan kendaraan pribadi mulai dari motor dan juga mobil. Tapi tak hanya itu saja, adapula sebagian dari mereka yang lebih memilih menggunakan alat transportasi seperti Bus, Kapal, Pesawat dan juga Kereta Api. Berbicara mengenai transportasi yang biasa di pakai untuk mudik, kali ini kami akan membahas mengenai tips mudik pakai kereta api agar selalu aman dan dikenal akan kenyamanannya.

Kereta Api di Indonesia biasanya disiapkan oleh pemerintah untuk mengangkut para pemudik, bahkan pemerintah juga biasa menyediakan kereta api tambahan mengingat banyaknya pemudik yang pulang kampung pada hari raya Idul Fitri. Nah untuk kalian yang ingin mudik dengan menggunakan kereta api, kalian harus melakukan persiapan sebelum berangkat mudik. Kemudian alangkah baiknya jika kalian lebih dulu memesan tiket kereta api 2 bulan sebelum hari H.

Hal ini mengingat banyak sekali pemudik yang lebih memilih menggunakan kereta api dibandingkan alat transportasi lainnya. Baiklah daripada penasaran mengenai tips mudik pakai kereta api, dibawah ini kami telah menyiapkan informasi mengenai tips mudik pakai kereta api agar selalu aman dan dapat langsung kalian simak berikut ini.

Tips Mudik Pakai Kereta Api Agar Selalu Aman

Tips Mudik Pakai Kereta Api Agar Selalu Aman

Tips Mudik Pakai Kereta Api Agar Selalu Aman

1. Pesan Tiket 90 Hari Sebelum Hari H

Tips mudik pakai kereta api yang pertama adalah dengan memesan tiket kereta api terlebih dahulu. Kami juga menyarankan untuk pemesanan tiket ini dilakukan jauh hari atau 90 hari sebelum waktu keberangkatan. Jika kita memesan tiket dalam waktu yang mepet biasanya akan sangat susah, belum lagi jika sistem down sampai eror. Maka dari itu usahakan pemesanan tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan.

READ  Mesin Motor Bunyi Klotok Klotok, Begini Cara Mengatasinya

2. Siapkan Jasa Travel sebagai Antisipasi

Tips mudik pakai kereta api yang kedua adalah dengan menyiapkan jasa travel untuk memesan tiket kereta api. Pilihlah agen travel yang terpercaya, biasanya juga dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per tiket. Harga yang cukup murah dibandingkan dengan membeli melalui calo yang harganya bisa 3 kali lipat lebih mahal.

3. Usahakan Membeli di Tiket Kereta Api di Tempat Resmi

Tips mudik pakai kereta api yang ketiga adalah usahakan membeli tiket jangan lewat calo. Kalian dapat membeli tiket melalui agen travel seperti yang kami sebutkan di atas, atau mungkin membeli tiket kereta api via online yang saat ini banyak dilakukan oleh para pemudik.

4. Pastikan Menggunakan Koneksi Internet yang Stabil dan Cepat

Saat ini sistem pemesanan tiket dapat kita lakukan melalui online, kita dapat memesan tiket kereta api kapan saja dan dimanapun. Akan tetapi kita harus memastikan jika koneksi internet yang kita miliki cukup stabil dan cepat agar ketika pemesanan lebih lancar.

5. Jangan Terlalu Banyak Membawa Barang Bawaan

Selanjutnya jangan terlalu banyak membawa barang bawaan. Usahakan untuk membawa 2 tas saja, bawa barang yang kiranya penting, karena batas bawaan penumpang di kereta api adalah 20 kilogram dengan tinggi tidak lebih dari 75 cm per orang. Maksimal barang bawaan dapat mencapai 40 kilogram, hanya saja kita akan dikenai biaya lain sesuai dengan kelas kereta yang kita pesan. Biaya tersebut berkisar antara Rp 2000 hingga Rp 10.000 per kilogram tergantung kelasnya.

6. Datang 2 jam Lebih Awal Sebelum Waktu Keberangkatan

Kemudian usahakan untuk datang lebih awal di stasiun, kurang lebih 2 jam sebelum keberangkatan. Kereta api saat ini juga menerapkan sistem check untuk mengurangi penggunaan tiket palsu. Sistem ini juga sudah berlaku pada tahun 2016 di stasiun besar seperti Gambir, Bandung, Jogja dan Surabaya.

7. Cetak Tiket Kereta Api di Konter dan Siapkan Kode Booking

Tips mudik pakai kereta api yang selanjutnya kalian dapat segera mencetak tiket di konter elektronik yang sudah tersedia di setiap stasiun. Kalian hanya tinggal memasukan kode booking atau reservasi tiket untuk mudik. Untuk satu kode booking ini dapat digunakan untuk tiket rombongan. Perlu kalian ingat juga bahwa pencetakan boarding pas dapat dilakukan paling lambat satu jam hingga 5 menit sebelum waktu keberangkatan. Jika sudah lewat maka tiket kalian dianggap hangus.

8. Bawa Kartu Identitas Diri

Kartu identitas diri seperti KTP ini sangatlah penting, jadi jangan sampai kalian lupa untuk membawanya. Biasanya ketika masuk ke peron kalian wajib menunjukan kartu identitas diri dengan boarding pass yang telah dicetak.

READ  15 Cara Membersihkan Kaca Helm yang Mudah dan 100% Bersih

9. Bawa Air Minum

Lalu jangan lupa juga untuk membawa air minum, terlebih jika kalian mudik ke luar kota yang jauh tentunya air minum sangat kita perlukan. Sebenarnya pihak kereta api juga menyediakan air minum kemasan, hanya saja harganya sedikit lebih mahal.

10. Bawa Bekal Secukupnya

Kalian juga dapat membawa bekal seperti nasi bekal atau makanan lainnya untuk menemani perjalanan mudik kalian. Pihak kereta api juga menyediakan berbagai macam jenis makanan yang dapat kalian pesan. Walaupun pihak kereta api memiliki wacana agar tidak membawa makanan, namun tidak ada salahnya jika kalian membawa bekal seperti biskuit, terlebih jika kalian membawa anak-anak, bawalan MPASI, cemilan dan susu.

11. Pilihlah Tempat Duduk yang Nyaman dan Aman

Untuk selanjutnya adalah dengan memilih tempat duduk yang aman dan nyaman. Biasanya tempat duduk tersebut berada di bagian tengah, dimana tempat duduk ini jauh dari bordes sehingga tidak terlalu bising ketika pintu bordes dibuka.

12. Jangan Merokok atau Melakukan Hal-hal Aneh di Dalam Kereta Jika Tidak Ingin di Turunkan

Hal yang perlu kalian perhatikan adalah jangan pernah merokok di dalam kereta atau hal-hal aneh lain yang menyebabkan penumpang lain terganggu jika tidak ingin diturunkan oleh petugas kereta api.

13. Bawa Charger Handphone atau Powerbank

Bagi kalian yang gampang bosan, kalian dapat memanfaatkan smartphone kalian untuk bermain game atau sosial media lain agar tidak bosan. Disamping itu saat ini kereta api sudah menyiapkan colokan listrik yang dapat kalian gunakan untuk mengecas smartphone kalian agar tetap bisa berkomunikasi atau melakukan hal lain dengan menggunakan smartphone. Jika tidak ada colokan listrik kalian jangan lupa untuk membawa powerbank.

14. Pesan Fasilitas seperti Bantal dan Selimut Baru

Kereta api dengan perjalan jarak jauh tentunya telah menyediakan fasilitas penyewaan bantal dan juga selimut. Biaya sewa bantal dan juga selimut biasanya bervariasi, mulai dari Rp 10 ribu hingga 20 ribu.

15. Bawalah Smartphone atau Buku untuk Menemani Perjalanan Mudik

Dan tips mudik pakai kereta api yang terakhir adalah jangan sampai lupa membawa smartphone kalian karena barang satu ini sangat dibutuhkan. Kalian dapat mengusir rasa bosan dengan mendengarkan musik, permainan atau menonton video youtube.

Nah itulah beberapa ulasan menarik mengenai tips mudik pakai kereta api agar selalu aman. Kalian juga dapat membaca postingan lain mengenai tips mudik pakai motor dan tips mudik pakai bus di artikel lainnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Cukup sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: