18 Tips Mudik Pakai BUS Untuk Pemula

Tips Mudik Pakai BUS – Untuk sekarang ini memang sudah banyak sekali alat transportasi umum yang bisa kita gunakan untuk menuju tujuan kita semua. Biasanya alat transportasi umum seperti kereta, pesawat dan bus menjadi alternatif untuk kebanyakan orang. Terlebih jika sudah mendekati waktu mudik lebaran, banyak sekali orang yang sibuk untuk mencari tiket bus atau juga kereta. Untuk kalian para perantau di ibukota, pastinya sudah terbiasa dengan momen mudik setiap tahunnya.

Bagi kalian semua yang baru merasakan mudik, kami yakin kalian semua belum memiliki pengalaman mudik yang baik. Untuk itu, kalian semua harus ketahui tips mudik pakai bus yang benar agar di dalam perjalanan merasa nyaman dan tenang. Kalian bisa bayangkan sendiri deh, jika kita mudik lebaran pasti akan merasakan berdesak-desakan di terminal dan juga kita akan merasakan kemacetan parah dan bahkan bus sulit untuk berjalan. Hal tersebut dikarenak banyak sekali kendaran pribadi dan transportasi umum yang beroperasi.

Untuk kalian yang berniat untuk mudik menggunakan bus, sebaiknya kalian simak saja tips mudik pakai bus yang akan kami sampaikan kepada kalian semuanya. Jika sebelumnya kami sudah sampaikan kepada kalian semua akan tips mudik pakai motor dan tips mudik pakai kereta api kepada kalian semua. Pada kesempatan yang sangat baik ini, kami akan memberikan tips mudik pakai bus untuk anda semuanya yang baru pertama kali merasakan suasana mudik lebaran.

Namanya juga momen mudik lebaran, pastinya penjualan tiket bus akan sangat ramai sekali. Untuk mengantisipasi agar tidak kehabisan tiket, sebaiknya kalian semua memesan tiket bus jauh-jauh hari dan harganya juga masih terjangkau. Tentunya masih banyak lagi tips mudik pakai bus lainnya yang harus kalian ketahui, agar pada saat mudik bisa berlangsung dengan baik. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang ada dibawah ini.

Tips Mudik Pakai BUS Untuk Pemula

Tips Mudik Pakai BUS Untuk Pemula

Tips Mudik Pakai BUS Untuk Pemula

Meskipun untuk saat ini sudah banyak sekali jenis transportasi umum yang sudah ada, namun masih banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan bus bila dibandingkan dengan kereta atau travel. Karena untuk harga tiket bus lebih murah dengan beberapa transportasi umum lainnya, jadi tak heran jika banyak yang menggunakan bus. Untuk mengetahui lebih lengkap akan tips mudik pakai bus untuk pemula, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

READ  11 Tips Mudik Bawa Bayi Aman dan Menyenangkan

1. Pesan Tiket Bus Lebih Awal

Untuk tips mudik pakai bus yang pertama, usahakan untuk mencari tiket jauh-jauh hari. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kehabisan tiket, karena akan banyak sekali orang yang akan menggunakan bus untuk mudik lebaran. Jikapun kita membeli di hari yang siudah mendekati lebaran, kemungkinan besar untuk harga tiketnya akan semakin mahal dari hari biasa.

2. Pilih tempat duduk yang nyaman

Lalu untuk selanjutnya, pada saat pesan tiket bus. Kalian semua juga memilih tempat duduk yang nyaman, seperti pada bagian samping kanan atau samping kiri. Dengan memilih tempat duduk di bagian samping kanan atau samping kiri, otomatis kita bisa duduk dengan nyaman dan bisa bersandar di samping pada bagian bus.

3. Hindari Calo

Momen mudik memang waktu yang sangat tepat sekali untuk para calo, dimana banyak calo yang menjual tiket bus dengan harga yang lebih mahal dari harga dari agen resminya. Oleh karena itu, kalian semua harus hindari pembelian tiket bus dari calo. Pastikan kita semua membeli tiket bus ke agen resmi PO yang sudah kalian pilih dan terbukti keamanan dan kenyamanannya.

4. Gunakan Bus Terbaik

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika untuk saat ini memang sudah banyak sekali PO Bus yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua PO Bus yang ada di Indonesia memang menawarkan harga tiket murah, nyaman dan juga aman. Oleh karena itu, kalian tinggal pilih saja PO Bus yang kalian anggap terbaik dan cocok untuk di naiki seperti busnya masih baru, otomatis akan lebih nyaman.

5. Bawa Barang Bawaaan Seperlunya

Tips mudik pakai bus yang selanjutnya, kalian semua cukup membawa barang bawaan seperlunya saja. Jika kalian membawa barang terlalu banyak, dapat dipastikan kalian akan merasakan kesusahan untuk membawanya dan di bagasi juga kapasitasnya tidak terlalu luas. Selain itu juga mengantisipasi barang tidak tertukar dengan orang, karena sama-sama membawa barang bawaan untuk di bawa pulang.

6. Pisahkan Barang Berharga

Tips selanjutnya, pisahkan barang bawaan yang bernilai harganya seperti barang elektornik. Namanya juga transportasi umum, pasti ada juga yang mau ambil kesempatan dalam kesempitan. Hal tersebut juga dapat mencegah terjadinya tindakan kejahatan.

7. Paking Barang Bawaan

Kemudian paking barang bawaan dengan baik dan rajin, dengan paking dengan benar. Otomatis barang bawaan akan bisa di bawa dengan mudah, kemudian juga tandai barang bawaan kalain semua. Semisalnya di beri nama pada bagian luarnya untuk menandakan itu barang miliki kita, sehingga mudah untuk dicari.

8. Gunakan Baju yang nyaman

Tips mudik pakai bus yang selanjutnya gunakan saja baju yang nyaman untuk digunkanan, seperti pakai kaos dan celana kain. Karena pada saat di dalam bus akan banyak sekali penumpang, sehingga kita harus menggunakan baju yang nyaman dan cepat meresap keringat.

READ  10 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Agar Aman

9. Bawa jaket atau baju hangat

Bawalah jaket atau pakain yang hangat, karena kebanyakan bus untuk saat ini sudah menggunakan ac. Sehingga suhu udar di dalam bus akan dingin, jika kalian tidak tahan dengan dingin. Kalian semua bisa memakai jaket untuk memberikan kehangatan.

10. Bawa obat-obatan

Untuk tips mudik pakai bus satu ini jangan sampai kelupaan, kita semua harus menyediakan obat-obatan seperti obat anti mabok, obat pusing dan lainnya. Karena kita tidak tahu kedepan kita akan merasakan sakit atau tidak, jadi apa salahnya untuk membawa obat-obatan.

11. Pilih Agen Bus Terpercaya selain dari Terminal

Perlua kalian perhatikan, dalam memilih sebuah bus. Pastikan kalian memilih agen bus yang terpercaya, jika kalian membeli tiket bus di luar area terminal. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya penipuan.

12. Siapkan uang recehan

Jangan lupa siapkan uang receh, karena disetiap kali kita berhenti di temapt istirahat akan banyak sekali penjual asongan yang menawarkan dagangannya. Dengan menggunakan uangpas, otomatis kita akan lebih cepat dan pedagang juga tidak ada alasan tidak ada kembalian.

13. Membawa air minum, camilan dan makanan

Untuk lebih irit dalam perjalanan pada saat mudik, sebelum berangkat persiapkan bekal. Namun yang utama ialah air putih, karena pada saat perjalanan kita akan merasa haus. Kalau makanan si, kami rasa tidak terlalu dirasakan oleh kebanyakan penumpang.

14. Tetap hati-hati di tempat pemberhentian untuk istirahat

Ketika di tempat peristirahatan atau rest area, sebaiknya kalian semua waspada akan barang bawaan masing-masing untuk mencegah hal yang tidak di inginkan.

15. Bawa penghilang bosan

Namanya juga perjalanan jauh, pasti rasa jenuh bosan akan datang, Untuk itu kalian semua bawa barang penghilang bosan seperti buku untuk membaca atau gadget juga bisa kok. Dengan menggunakan gadget kita bisa membuang rasa bosan pada saat mudik.

16. Pastikan Tujuan yang benar

Sebelum kalian membeli tiket, pastikan tujuannya yang kalian pilih benar. Karena setiap PO bus memiliki trayek sendiri-sendiri, jadi kalian harus memilih dengan benar.

17. Jangan menerima minuman apapun dari orang tidak dikenal

Untuk mengatisipasi hal yang tidak di inginka, jangan teriman minuman dari orang yang tidak dikenal. Karena sekarang ini banyak modus kejahatan yang sudah ada, semisalnya pembiusan lewat makanan dan minuman.

18. Berdoa dan tegur sopir jika ugal-ugalan

Untuk tips mudik pakai bus terakhir, jangan lupa berdoa meminta sang maha pencipat agar di dalam perjalanan selamat sampai tujuan. Kalian semua juga jangan ragu-ragu jika driver bus menjalankan bus secara ugal-ugalan yang menyebabkan penumpang merasa tidak nyaman.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua akan tips mudik pakai busa untuk pemula. Bagi kalian yang sudah terbiasa mudik juga harus berhati-hati pada saat di perjalanan, karena kejahatan bisa datang kapan saja dan ke siapa saja yang lengah. Demikianlah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat bermnfaat untuk kalian semuanya.

Tags: ,