15 Tips Mudik Pakai Motor yang Nyaman, Aman & Tak Mudah Lelah

Tips Mudik Pakai Motor – Tidak akan lama lagi, mudik lebaran 2019 akan segera menhampiri kita semua dan serentak di seluruh jalanan kota-kota besar akan mendadak padat dan ramai dengan dipenuhi kendaraan sepeda motor ataupun mobil. Aktifitas ini sudah bukan lagi tradisi baru di Indonesia, karena sudah berjalan begitu lama dari tahun ke tahun. Dan seketika itu pula jalanan ibu kota akan sepi karena mayoritas para pemudik datang dari Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Seperti kita ketahui bersama perjalanan mudik bukanlah perjalanan yang singkat, melainkan sebuah perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Maka dari itu kondisi fisik yang bagus akan sangat dibutuhkan agar kita bisa tetap berkonsentrasi ketika berada di tengah jalan. Tidak saja hanya kondisi tubuh yang harus dalam keadaan baik, hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan yang akan kita gunakan untuk mudik baik itu motor ataupun mobil.

Banyak para pemudik yang lebih prepare menggunakan sepeda motor untuk menemani mereka ketika mudik. Hal tersebut dikarenakan sepeda motor dianggap bisa lebih cepat dan efisien ketika menyusuri jalanan yang pasti akan padat merayap di penuhi kendaraan. Oleh karena itu tips mudi pakai motor yang akan kita bagikan dibawah ini mungkin bisa menjadi bahan referensi bagi anda yang ingin melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman nanti.

Tips-tips mudik pakai sepeda motor yang akan kami bagikan mungkin merupakan hal simple dan sepele namun terkadang banyak orang yang mengabaikan hal tersebut dan membuat mereka bisa merasakan lelah yang cepat karena kondisi motor yang tidak prima. Berbeda jika anda mudik dengan kereta api ataupun dengan menggunakan mobil pribadi. Oleh karena itu silahkan simak beberapa tips mudik dengan sepeda motor terbaru dan terlengkapnya berikut ini.

Tips Mudik Pakai Motor yang Nyaman, Aman & Tak Tak Mudah Lelah

Tips Mudik Pakai Motor

Tips Mudik Pakai Motor

1. Periksa Keadaan Mesin Motor

Satu dari sekian banyaknya tips mudik dengan motor adalah perhatikan kondisi mesin motor yang akan anda gunakan untuk perjalanan mudik. Adapun untuk tips yang pertama ini sangatlah mudah untuk dilakukan, dimana anda hanya perlu melihat warna elektroda pada bagian busi. Yang dimana jika anda melihat warna elektroda kecoklatan atau mera bata, itu berarti pembakaran mesin bekerja dengan optimal dan anda tidak perlu menggantinya.

Sementara apabila warna elektroda menghitam itu tandanya campiran antara udara dan bensin yang ada diruang bakar tidak seimbang. Hal ini harus segera di perbaiki karena jika tidak segera di setel ulang maka motor akan lebih cepat panas apabila campuran bensin dan udara lebih banyak udaranya. Dan bila terlalu banyak bensin daripada udara maka efeknya konsumsi bahan bakar akan semakin meningkat.

2. Cek Kondisi Kelistrikan Motor

Tips mudik pakai motor yang berikutnya dan juga tidak kalah pentingnya adalah memperiksa kondisi kelistrikan yang ada pada motor anda. Meski ini merupakan hal yang sepele, namun untuk lebih aman dan nyaman saat perjalanan mudik disiang atau di malam hari kondisi kelistrikan motor benar-benar harus dalam keadaan yang baik.

READ  11 Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi yang Aman dan Nyaman

Hal tersebut karena motor akan lebih sering menggunakan lampu utama, lampu rem, dan juga lampu sein. Selain itu apabila kondisi kelistrikan pada sepeda motor dalam keadaan baik tentu saja klakson pun juga akan berbunyi keras. Namun jika ternyata kondisi kelistrikan tidak baik, mungkin akan lebih amannya anda segera mengganti aki sebagai bagian sumber daya kelistrikannya.

3. Cek Kondisi Ban dan Pelek

Kemudian salah satu hal yang juga sering kali dilakukan para pengendara sepeda motor adalah mengganti ban dan juga pelek mereka dengan ukuran yang lebih kecil, dan bisaanya ini dilakukan para pemilik motor matic. Untuk itu ada baiknya jika anda ingin selalu aman dan nyaman saat berkendara disaat mudik sebaiknya ganti ukuran ban dan pelek ke standarnya.

Tips mudik pakai motor yang satu ini memang sangat mudah dan simple, namun jika anda tetap bersikukuh menggunakan ban dan pelek ukuran kecil, maka akan banyak resiko yang bisa anda dapatkan dan setidaknya akan membuat anda tidak akan aman ketika berada di jalanan. Salah satunya adalah pelek bisa bengkok ketika menghantam lubang ataupun juga ban yang sering bocor.

4. Periksa Kondisi Oli Mesin

Pergantian oli memang harus selalu dilakukan secara rutin setiap bulan agar kondisi mesin motor tetap prima. Namun terkadang hal tersebut tidak sempat dilakukan secara berkala oleh sebagian besar orang karena kesibukan mereka akan aktifitas harian. Namun tips mudik pakai motor yang satu ini wajib dan harus anda lakukan agar anda tetap bisa merasa nyaman saat berkendara di perjalanan mudik.

Yah, tips tersebut adalah ganti oli mesin sebelum anda melakukan perjalanan jauh karena akan dapat memberikan efek yang sangat besar terhadap kondisi motor. Jika oli sudah lama tidak anda ganti dan anda paksa untuk mudik dengan perjalanan yang jauh, motor akan terasa cepat panas, bahkan terkadang juga tiba-tiba mesin mati. Tentunya hal tersbeut tidak ingin anda alami bukan?

5. Cek Kondisi Sistem Pengereman

Perawatan motor yang baik tentu akan memberikan dampak yang sangat besar. Dan jika anda ingin melakukan mudik di lebaran tahun 2019 ini. Ada baiknya anda juga periksa kondisi sistem pengereman yang ada pada motor anda. Apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Namun sarana kami untuk lebih meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan sebaiknya anda ganti kampas rem baik rem depan ataupun rem belakang agar maksimal dalam kinerjanya.

6. Gunakan Jaket Sebagai Pelindung Tubuh Dari Angin

Menggunakan jaket saat perjalanan mudik dengan sepeda motor menjadi salah satu tips mudik pakai motor yang kami sarankan bagi anda, baik itu pengendara ataupun pembonceng. Hal ini tentu saja sangat penting karena anda tentu tidak akan terkena paparan sinar matahari ketika jalan di siang hari dan tidak terpapar angin malam jika anda berkendara di malam hari. Dan usahakan pula untuk menggunakan celana panjang dan jangan gunakan rok bagi wanita karena beresiko tersangkut dia rantai yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.

7. Jangan Membawa Banyak Barang

Berbeda jika melakukan perjalanan mudik dengan bus anda dapat membawa banyak barang ketika anda mudik. Namun jika anda melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor akan lebih baik anda jangan terlalu banyak membawa barang. Yang penting bawalah barang-barang yang memang dirasa perlu seperti hp, powerbank, beberapa baju dan juga tas. Hal ini meminimalisir terjadinya kecelakaan karena kelebihan muatan saat mudik.

READ  Harga Tiket Bus Lebaran 2019 Terbaru Beserta Rutenya

9. Pakai Helm Full Face, Meskipun Berat

Tips mudik pakai motor yang selanjutnya adalah gunakanlah helm full face. Kenapa? Karena berkendara dengan menggunakan helm full face yang notabennya mampu menutupi seluruh bagian kepala akan sangat bagus untuk melindugi bagian tubuh yang palin utama ini. Namun tips ini banyak sekali orang yang tidak menhiraukan karena helm full face dianggap berat. Namun jika anda tahu manfaatnya tentu saja anda akan senantiasa untuk mengunakannya.

10. Siapkan Rencana Perjalanan

Mudik memang merupakan kegiatan yang paling melelahkan karena harus menempuh perjalanan yang sangat jauh. Maka dari itu tips mudik pakai motor yang juga tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan rencana perjalanan. Catat jalur titik-titik penting dan rawan seperti nomor-nomor darurat seperti kanto polisi, rumah sakit, dan lainnya. Dan biasanya ada beberapa titik atau posko mudik yang ada disetiap daerah untuk anda bisa sejenak beristirahat bersama teman-teman pemudik lainnya.

11. Etika Berlalu Lintas

Berkendara dijalan raya bukanlah hal yang mudah karena kita akan selalu berpapasan dengan banyak kendaraan lain. Oleh karena itu agar anda tetap bisa berkendara dengan nyaman dan aman selalu patui etika berkendara. Terlebih lagi bagi anda yang akan melewati jalur pantura pulau Jawa yang terkenal sangat ramai. Selain mematuhi etika lalu-lintas, anda juga harus bersabar, tahan emosi, dan juga kendalikan motor dengan aman.

12. Pilih Jalur yang Mudah

Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi ketika mendengar peribahasa “Banyak Jalan Menuju Roma” yang mana bisa diartikan ada banyak sekali jalan yang bisa kita lewati untuk bisa menuju kampung halaman ketika kita mudik. Maka dari itu ketahuilah dengan pasti jalur-jalur alternatif yang bisa anda lewati ketika jalan utama yang sudah anda pilih ternyata macet. Dan yang paling penting, pastikan anda selalu memilih jalur yang mudah. Itulah tips mudik pakai motor yang lain.

13. Istirahat Secara Berkala

Kemudian tips mudik pakai motor yang selanjutnya adalah perhatikan kondisi fisik dan juga mental. Dimana untuk yang satu ini anda perlu melakukan istirahat secara berkala agar kondisi tubuh tetap bugar dan fit. Pastikan ketika istirahat anda gunakan benar-benar untuk mengembalikan kondisi kebugaran tubuh dengan cara tidur dan juga perbanyak minum air putih. Dengan kondisi tubuh yang bugar tentu saja perjalanan mudik akan lebih aman.

14. Sediakan Bekal yang Cukup

Bekal yang cukup menjadi salah satu tips mudik pakai motor yang selanjutnya, karena dengan membawa bekal yang cukup tentu saja anda bisa kembali memberikan asupan makanan untuk tubuh agar kembali bugar. Meski sebenarnya jika anda tidak membawa bekal pun anda bisa membeli makanan di rest area yang ada. Seperti diatas pastikan juga anda selalu minum air putih yang banyak.

15. Jangan Lupa Berdoa

Dan tips mudik pakai motor yang terakhir adalah berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Karena dengan berdoa tentu saja anda akan selalu dalam lindungan sang maha pencipta. Dengan begitu perjalanan mudik akan terasa lebih berkesan dan juga lebih aman.

Nah itulah kiranya informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar tips mudik pakai motor, semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk menjadi bahan referensi ketika ingin melakukan perjalanan mudik idul fitri nanti.

Tags: ,