10 Cara Mencuci Helm Sendiri Dirumah yang Mudah dan Cepat

Cara Mencuci Helm – Helm menjadi salah satu pelindung kepala untuk kita semua yang akan mengendarai sebuah kendaraan motor, untuk saat ini memang terdapat cukup banyak sekali jenis helm. Dengan cukup banyak jenis motor saat ini, membuat beberapa produsen helm menghadirkan produknya sesuai dengan karakter dari motor. Seperti halnya untuk motor sport menggunakan helm full face, lalu untuk motor trail menggunakan helm khsusus motor trail dan sekarang terdapat juga helm retro.

Fungsi dari helm sendiri memang sangat penting sekali, oleh karena itu semua orang yang memiliki kendaraan roda dua pastinya memiliki sebuah helm. Namun kalian semua harus tahu, jika helm juga perlu perawatan agar awet dan tahan lama. Selain itu juga helm harus di cuci, karena dengan sering digunakan pastinya helm akan kotor sekali dikarenakan terkena debu atau kehujanan. Sehingga helm akan kotor dan juga kusam, sehingga kalian semua harus mencuci helm agar bersih dan wangi.

Terlebih untuk saat ini sudah bis kita bongkar sendiri, bahkan kita juga bisa mencuci helm sendiri dirumah kok. Apalagi untuk cara mencuci helm memang sangat mudah sekali, sedangkan peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Tidak seperti dudukan plat nomor jika mau dibersihkan atau diganti, karena harus menggunakan beberapa peralatan. Sama halnya dengan sarung tangan motor juga harus dibersihkan setiap kali kalian menggunakannya agar awet dan tidak bau apek karena terkena keringat dan hujan.

Meskipun sudah terdapat cukup banyak cara mencuci helm yang bisa kalian lakukan, namun terdapat banyak juga orang yang belum tahu cara mencuci helm sendiri dirumah. Oleh karena itu pada kesempatan sangat baik ini, kami akan informasikan kepada kalian semuanya bagaimana cara mencuci helm sendiri yang mudah dan cepat. Dalam melakukan sendiri dirumah memang tidak memerlukan cukup banyak perlatan yang digunakan kok. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, dapat kalian simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

READ  6 Cara Membersihkan Karburator Motor yang Baik dan Benar

Daftar Isi

Cara Mencuci Helm Sendiri Dirumah yang Mudah dan Cepat

Cara Mencuci Helm

Cara Mencuci Helm

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika cara mencuci helm memang sangat mudah sekali. Jika kalian semua ingin melakukan sendiri dirumah, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci helm. Beberapa peralatan bisa kalian persiapkan seperti sabun, lap halus atau kenebo juga bisa dan beberapa peralatan lain yang kiranya dibutuhkan untuk mencuci helm. Untuk lebih lengkapnya, dapat kalia simak langsung saja ulasan dibawah ini.

1. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Cara mencuci helm sendiri dirumah yang harus kalian lakukan pertama cukup persiapkan saja peralatannya seperti ember untuk wadah, sabun air hangat, sikat. Beberapa peralatan tersebut wajib untuk kalian persiapkan pada saat mau mencuci helnm sendiri dirumah.

2. Buka Beberapa Bagian Helm

Untuk langkah selanjutnya buka semua beberapa bagian yang bisa dibuka pada helm seperti pading helm, kaca atau visornya untuk memudahkan kita membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Pada bagian busanya terdapat tiga bagian yang bisa kalian lepas.

3. Siapkan Ember dengan Air Panas

Kemudian kalian semua persiapkan ember beserta air hangat untuk mencuci bagian helam yang sudah kalian lepas, lalu cuci dengan sabun dengan cara dikucek secara halus. Atau bisa dengan sikat jika memungkin kan untuk dikucek, sebaiknya jangan menggunakan sikat.

4. Cuci dengan Sabun

Seperti yang sudah kami sampikan kepada kalian semuanya, dimana pada bagian helm terdapat tiga bagian yang bisa dilepas. Beberapa bagian tersebut tinggal kalian cuci dengan bersih sampai benar-benar bersih dan bau harum.

READ  15 Tips Mudik Pakai Kereta Api Agar Selalu Aman

5. Bilas Padding Helm dengan Air Bersih

Bila dirasa sudah bersih dan harum, untuk langkah selanjutnya cara mencuci helm yaitu bilas dengan air bersih. Lakukan berulang kali sampai padding helm tidak ada busa yang dihasilkan oleh sabun pada saat kalian semua mencucinya tadi.

6. Keringkan Padding Helm

Terdapat tiga bagian yang tadi sudah kalian semua bersihkan dan bilas, untuk selanjutnya tinggal kalian keringkan saja. Untuk mengeringkannya bisa kalian jemur saja agar hasilnya lebih maxsimal, sehingga bau apek tidak akan kembali lagi.

7. Bersihkan Batok Helm

Sembari menunggu padding helm kering, kalian semua bisa membersihkan batok helmnya dengan pembersih atau lainnya agar mengkilap.

8. Bersihkan Kaca Atau Visor

Untuk langkah yang selanjutnya, kalian semua bisa membersihak bagian kaca atau visornya sampai bersih dan kinclong. Sehingga ketika mau digunakan lagi, kita semua dapat melihat dengan jelas.

9. Pasang Kembali Kaca Atau Visor

Cara mencuci helm selanjutnya, pasang kembali kaca atau visornya yang tadi sudah kalian bersihkan. Untuk memasang kaca atau visornya, kalian semua harus hati-hati dalam melakukannya. Karena dalam memasang kaca atau visor cukup sulit bagi kalian yang belum pernah mencobanya.

10. Pasang Padding Helm yang Sudah Kering

Untuk cara mencuci helm yang terakhir, kalian semua tinggal pasang saja padding helm yang sudah kalian cuci dan keringkan. Dalam memasng padding helm memang sangat mudah sekali, tetapi kalian semua harus perhatikan antara sebelah kanan dan kirnya agar tidak ketukar.

Itulah beberapa langkah dan cara mencucui helm sendiri dirumah yang mudah dan cepat, untuk melakukannya juga tidak perlu memerlukan peralatan yang banyak. Caranya memang sangat mudah sekali, kami yakin kalian semua bisa melakukannya sendiri dirumah. Demikianlah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi cara mencuci helm dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

Tags: , , ,