15 Cara Menghitamkan Body Motor Kusam & Pudar Agar Mengkilap

Cara Menghitamkan Body Motor – Memiliki sepeda motor menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Apalagi jika mereka berhasil membeli dan memiliki motor tersebut dengan jerih payah mereka sendiri. Tidak heran apabila mereka selalu merawat dan menjaganya dengan begitu maksimal.

Apalagi ketika warna body motor mereka sudah mulai kusam serta pudar. Tentu ada banyak sekali orang yang langsung mencari – cari cara untuk dapat mengembalikan warna body motor mereka agar terlihat lebih mengkilap dan kinclong seperti sedia kala.

Apabila kalian adalah salah satu orang yang begitu peduli dengan kondisi eksterior atau tampilan body motor, tentu informasi ini akan begitu pas untuk kalian simak. Karena sesuai dengan judul yang otoflik.com tulis di atas, kali ini akan kalian coba bahas sedikit tips cara menghitamkan body motor saat mulai kusam atau pudar.

Tips kali ini dapat kalian manfaatkan untuk diaplikasikan pada body motor bebek, sport atau matic. Dari begitu banyaknya bagian body motor, memang ada beberapa di antaranya yang mudah sekali pudar serta kusam, padahal bagian-bagian tersebut sebenarnya cukup kalian rawat secara alami pun akan tetap menjaga warna.

Cara Menghitamkan Body Motor Pudar dan Kusam

Selain menggunakan cairan penghitam body motor, untuk dapat mengkilapkan body motor kita bisa memakai kit khusus atau dengan menggunakan bahan alami dan juga memakai bahan – bahan mudah ditemukan seperti minyak goreng atau lainnya.

Bagian Motor Cepat Kusam & Pudar

Bagian Motor yang Cepat Kusam Pudar

Untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa cara menghitamkan body motor yang kusam atau pudar. Maka seperti di awal otoflik singgung, kalian tepat sekali berada disini.

Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, di atas sudah kami sampaikan ada beberapa bagian body motor yang cukup mudah kusam dan pudar. Beberapa bagian body motor tersebut termasuk di antaranya adalah:

  • Cover speedometer
  • Batok lampu kepala
  • Spakbor depan & belakang
  • Tebeng & sayap
  • Cover tangki bahan bakar

Cara Menghitamkan Body Motor

Dari data di atas setidaknya ada beberapa bagian body motor akan mengalami pemudaran warna. Lantas bagaimana sih cara menghitamkan body motor ketika sudah mulai memudar dan kusam? Buat kalian yang penasaran, berikut ada beberapa tips dari otoflik untuk dapat kalian gunakan.

1. Gunakan Kompon Body Motor

Gunakan Kompon Body Motor

Jika kalian mencari cari cara menghitamkan body motor secara cepat serta mudah, maka kami sarankan untuk mencoba memakai metode kompon. Kalian bisa mendapatkannya secara mudah di online shop atau di toko aksesoris motor.

READ  √ Jalur Kabel Kiprok Grand : Pengertian & Fungsi Kiprok Motor

Kalian bisa memakai kompon bentuk gel atau pasta. Untuk pengaplikasiannya pun sangatlah mudah serta simple. Karena cukup oleskan kompon pada bagian body motor yang ingin kalian hitamkan, kemudian gosok dengan menggunakan kain lap kering dengan cara memutar.

2. Hitamkan Menggunakan Beeswax

Hitamkan Menggunakan Beeswax

Mungkin ada dari kalian masih tidak tahu apa itu Beeswax, nah Beeswax sendiri merupakan salah satu produk kecantikan. Namun perlu diketahui, tidak hanya bisa memberi perawatan pada kulit, tetapi Beeswax ternyata juga banyak dipakai masyarakat untuk merawat body motor mereka.

Terutama bagi pemilik motor yang ingin menghitamkan atau mengkilapkan body motor agar warna hitam pada bagian-bagian tertentu kembali kinclong. Untuk pemakaiannya sendiri pun tidak jauh berbeda dengan cara pertama di atas, cukup oleskan ke body motor dan gosok pakai kain halus kering secara merata.

3. Memakai Cairan Penghitam Body Motor

Memakai Cairan Penghitam Body Motor

Cara menghitamkan body motor selanjutnya dapat kalian gunakan yakni dengan memanfaatkan cairan khusus penghitam body motor. Jika tidak tahu apa kiranya penghitam body motor yang bagus, silahkan simak Rekomendasi PENGHITAM BODY MOTOR yang sebelumnya sudah pernah otoflik rangkum.

Dari beberapa rekomendasi tersebut, hampir semuanya memiliki metode atau cara pengaplikasian yang sama. Hanya saja ada beberapa model penghitam body motor yang memang dibuat untuk dapat digunakan dengan cara di spray atau di semprot. Jadi pilih salah satu dan perhatikan cara penggunaanya.

4. Wrapping Skotlet Full Body

Wrapping Skotlet Full Body

Cara paling simple serta cepat untuk membuat body motor mengkilap dan kinclong yakni dengan memanfaatkan skotlet atau stiker khusus untuk body motor. Dengan cara ini kalian tidak perlu lagi menunggu proses lama hanya untuk membuat body motor kembali mengkilap.

Bahkan lebih menariknya lagi memanfaatkan metode wrapping skotlet pada body motor juga tidak hanya akan menutup bagian pudar atau kusam. Tetapi juga sekaligus bagian tergores dan luka. Namun untuk wrapping skotlet full body membutuhkan budget kisaran Rp 300 – Rp 500 ribu rupiah tergantung jenis motor.

5. Olesi Minyak Kayu Putih

Olesi Minyak Kayu Putih

Menghitamkan body motor sebenarnya merupakan sebuah hal yang cukup mudah dilakukan. Selain menggunakan beberapa cara di atas, cara menghitamkan body motor dapat dilakukan dengan hanya memakai minyak kayu putih.

Nah, penasaran kan kenapa bisa? Hal ini disebabkan karena di dalam minyak kayu putih terdapat kandungan yang mampu membersihkan kotoran membandel pada body motor. Selain itu kandungan tersebut juga mampu membuat cat motor terlihat kinclong.

READ  15 Penghitam Body Motor Permanen Terbaik dan Terlaris 2021

Untuk cara penggunaannya, cukup cuci bersih bagian body motor kemudian keringkan. Setelah kering, olesi bagian body dengan memakai minyak kayu putih serta gosok secara perlahan memakai kain halus, setelah itu coba deh lihat perbedaannya.

6. Gunakan Semir Sepatu

Gunakan Semir Sepatu

Cara berikutnya dapat kalian pakai untuk menghitamkan body motor yakni memanfaatkan semir sepatu. Yah, memakai semir sepatu juga ternyata dapat membuat body motor kusam dan pudar terlihat begitu kinclong kembali. Namun tidak semua bagian bisa memakai semir sepatu.

Kami sarankan gunakan semir sepatu pada bagian body motor yang memakai bahan rubber atau plastik. Namun dari beberapa pengguna, katanya hasil memang cukup memuaskan, tetapi metode ini justru lebih membuat body motor cepat sekali terlihat kotor akibat debu yang menempel.

7. Pakai Minyak Goreng

Pakai Minyak Goreng

Metode lain untuk bisa kalian gunakan agar dapat menghitamkan body motor selanjutnya yakni dengan memanfaatkan minyak goreng. Cara ini sangat mudah dilakukan karena memang bahannya pun sangatlah mudah ditemukan. Pemakaiannya sebaiknya dilakukan setelah motor selesai dicuci.

Untuk caranya, cukup siapkan minyak goreng baru kemudian oleskan dengan menggunakan kain lap bersih serta halus. Usahakan saat proses pengolesan dilakukan secara merata, terutama pada bagian body motor bermotif kulit jeruk.

Tips Menghitamkan Body Motor Secara Alami

Tips Menghitamkan Body Motor Secara Alami

Nah itulah beberapa cara dapat kalian lakukan untuk bisa menghitamkan body motor ketika sudah mulai memudar serta kusam. Segera lakukan metode di atas agar kalian dapat memperoleh hasil maksimal. Dan pastinya lakukan secara rutin, jangan hanya satu kali saja yah.

Setelah paham serta tahu bagaimana cara menghitamkan body motor dengan menggunakan beberapa bahan di atas. Ada beberapa orang bertanya bagaimana sih cara menghitamkan body motor memakai cara alami? Apakah memang ada caranya? Tentu saja ada, dan berikut adalah beberapa cara alami tersebut.

  1. Pertama pastikan selalu hindari sinar matahari langsung terlalu sering mengenai body motor karena sinar UV matahari dapat membuat cat body motor mudah memudar.
  2. Kemudian sering-seringlah menyiram motor jika terkena air hujan.
  3. Rutin mencuci motor ketika memang sudah dirasa kotor.
  4. Serta pastikan selalu mengeringkan motor ketika sudah dicuci bersih.
  5. Sebisa mungkin parkir di tempat yang aman serta teduh.

Akhir Kata

Bagaimana cukup lengkap dan mudah bukan cara menghitamkan body motor secara alami dan juga dengan memanfaatkan beberapa metode seperti di atas otoflik.com sampaikan. Silahkan gunakan salah satu metode di atas agar warna kusam dan pudar pada motor kalian hilang dan terlihat kinclong serta mengkilap.

Tags: , ,