8 Cara Menghitamkan Ban Motor Kusam Agar Tetap Mengkilap

Cara Menghitamkan Ban Motor – Memiliki motor dengan tampilan cukup keren, bersih dan juga mengkilap, siapa sih yang tidak mau. Tentu banyak orang berharap sepeda motor mereka tetap selalu tampil kinclong di seluruh bagiannya.

Tidak terkecuali pada bagian ban motor. Yah menjadi salah satu bagian dari sepeda motor dengan peran begitu penting, bahkan akan langsung bersinggungan dengan medan jalan. Terkadang banyak orang yang mengabaikan perawatan ban.

Padahal jika dibiarkan tanpa dirawat, ban bisa saja berubah warna menjadi kusam dan pucat. Hal ini tentu membuat kesan bersih benar-benar hilang dari motor tersebut.

Nah bicara mengenai ban motor yang kusam dan pucat, sesuai dengan judul yang sudah otoflik.com tulis diatas. Berikut ini adalah beberapa tips cara menghitamkan ban motor kusam agar kinclong.

Tips Cara Menghitamkan Ban Motor Kusam Agar Mengkilap

Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana membuat lapisan ban luar motor terlihat hitam pekat? Dibawah ini ada beberapa tips dapat kalian coba gunakan.

Tips Cara Menghitamkan Ban Motor yang Kusam

Merawat kondisi ban motor memang sangat diperlukan. Mengingat bukan hanya akan menjadi tumpuan motor saat berjalan. Ban juga menjadi bagian yang akan menambah kesan gagah. Nah untuk menjaga kondisi ban tetap hitam mengkilap berikut tips cara menghitamkan ban motor.

Gunakan Semir Ban

Gunakan Semir Ban

Cara pertama dan mungkin paling umum banyak digunakan untuk membuat ban terasa lebih hitam yakni dengan memanfaatkan semir ban. Ada cukup banyak merk semir ban yang terbilang ampuh untuk membuat ban begitu kinclong.

READ  150 Daftar Harga Ban FDR Terbaru Untuk Semua Motor 2021

Dari sekian banyaknya semir ban motor, usahakan gunakan semir ban dengan memiliki bahan silikon cair. Agar mampu membuat ban bisa menjadi lebih hitam dan mengkilap.

Gunakan Pasta Gigi

Gunakan Pasta Gigi

Selain memanfaatkan semir ban, untuk menghitamkan ban motor juga bisa menggunakan pasta gigi. Yah, dengan menggunakan pasta gigi, juga memungkinkan kita bisa mendapatkan tampilan ban motor tetap hitam.

Seperti kita ketahui bersama, pasta gigi bukan hanya dapat menghitamkan ban motor, tetapi juga dapat kita manfaatkan pula untuk menghilangkan karat pada knalpot atau lainnya.

Pakai Teh Manis Kemasan

Gunakan Teh Manis Kemasan

Selanjutnya tips cara menghitamkan ban motor berikutnya yakni dengan menggunakan teh manis kemasan yang ada di pasaran. Kalian bisa memanfaatkannya dari merk apapun itu.

Mungkin hal ini terdengar aneh, akan tetapi penggunaan minuman teh kemasan memang dapat dijadikan sebagai penghitam ban motor. Caranya cukup tuang teh manis kemasan ke dalam wadah, kemudian oleskan dengan menggunakan kuas di seluruh bagian permukaan ban motor.

Gunakan Campuran Bensin & Cat Kayu

Gunakan Campuran Bensin Cat Kayu

Dari beberapa tips cara menghitamkan ban motor yang ada, mungkin cara ini bisa dibilang paling anti mainstream. Yah, untuk menghitamkan ban motor, banyak orang memanfaatkan campuran bensin dan juga cat kayu serta cairan pengkilap.

Bahkan dari beberapa pengguna yang sudah pernah memanfaatkan cara ini, mengatakan bahwa metode ini cukup ampuh. Jadi bagi kalian yang ingin mencobanya, pastikan gunakan perbandingan 3:1:1 untuk bensin, cat kayu dan cairan pengkilap.

Gunakan Minyak Goreng

Gunakan Minyak Goreng

Solusi lain dapat kalian gunakan untum menghitamkan ban motor  yaitu dengan menggunakan atau memanfaatkan minyak goreng bekas. Cara ini cukup mudah dan praktis dipakai namun efeknya ban benar-benar terlihat kincong.

Adapun cara harus dilakukan saat memanfaatkan minyak goreng bekas seabgai penghitam ban motor yaitu dengan mengoleskannya ke bagian ban motor dengan menggunakan kuas. Lakukan secara rutin apabila ingin menghasilkan kesan maksimal.

READ  7 Cara Melepas Stiker di Motor, Mudah dan Cepat

Pakai Baking Soda

Baking Soda

Selain memakai cara – cara diatas, cara lain bisa kalian manfaatkan untuk menghitamkan ban motor agar tidak lagi kusam yakni dengan memakai baking soda atau soda kue. Ini bisa menjadi alternatif lain bisa dimanfaatkan.

Untuk penggunaannya, cukup campur baking soda dengan menggunakan air kemudian aduk sampai merata. Jika sudah, silahkan oleskan baking soda tersebut ke seluruh bagian ban.

Gunakan Silikon Cair

Pakai Silikon Cair

Selain memanfaatkan semir ban seperti otoflik sampaikan diatas, untuk menghitamkan ban motor kita juga bisa mengandalkan silikon cair. Pemakaian silikon cair yang dilakukan secara rutin akan membuat tampilan kusam pada ban motor bisa hilang.

Namun pastikan saat digunakan kalian tetap mencampur silikon cair tersebut dengan beberapa bahan lain yang di rekomendasi kan seperti terpentin. Ketika proses pencampuran, menggunakan perbandingan 70:30 untuk silikon cair dan terpentin.

Pakai Minuman Bersoda

Pakai Minuman Bersoda

Nah solusi terakhir dapat kalian coba lakukan untuk menghitamkan ban motor yang kusam yakni dengan memakai minuman bersoda. Cara ini cukup banyak digunakan pemilik kendaraan karena dianggap begitu maksimal.

Sama halnya dengan pemakaian cairan baking soda, kalian cukup tuang minuman bersoda ke dalam wadah. Kemudian gunakan kuas untuk kalian oleskan ke bagian ban motor. Lakukan secara rutin agar ban terlihat tetap mengkilap yah.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips cara menghitamkan ban motor kusam agar terlihat kinclong dan mengkilap yang bisa otoflik.com sampaikan. Silahkan coba praktekan beberapa cara diatas, namun pastikan kalian selalu rutin melakukan metode tersebut agar hasil didapat maksimal serta membuat ban terlihat mengkilap.

Tags: ,