8 Cara Menghilangkan Karat di Knalpot Motor Mudah & Cepat

Cara Menghilangkan Karat di Knalpot – Problem atau masalah yang mungkin sering di hadapi para pemilik motor adalah muncul atau timbulnya karat di beberapa bagian. Bagi sebagian besar orang hal ini mungkin akan menjadi permasalahan besar. Pasalnya bukan hanya akan memberikan tampilan yang jelek, tetapi juga bisa membuat performa motor menurun.

Terlebih lagi jika karat atau korosi tersebut muncul pada bagian knalpot. Sudah bisa dpastikan hal ini tentu akan membuat knalpot terlihat kumuh dan juga bisa membuat knalpot rusak. Potensi munculnya karat pada bagian knalpot motor memang sangatlah besar, namun dengan perawatan yang benar dan teratur tentunya kita dapat meminimalisir hal tersebut.

Apa sih penyebab munculnya karat pada knalpot motor? sebenarnya ada banyak penyebab yang bisa di jadikan faktor utama. Namun yang paling sering membuat knalpot motor karatan adalah perubahan suhu yang cepat. Baik itu pada saat motor di cuci setelah di pakai ataupun motor di pakai saat musim hujan.

Jika di lihat sekilas, mungkin bagian ujung knalpot memang tidak akan terlihat karatan, karena karat pada knalpot motor biasanya sering terjadi pada bagian leher knalpot. Bagi flikermania yang mungkin baru saja membeli motor terbaru, ada baiknya rutin mencuci motor tersebut agar terhindar dari korosi pada bagian knalpot.

Cara Menghilangkan Karat di Knalpot dengan Mudah

Cara Menghilangkan Karat di Knalpot

Namun bagi kalian yang mungkin sudah menglaminya, jangan khawatir. Karena kali ini otoflik akan membagikan cara menghilangkan karat pada knalpot motor dengan cepat. Menariknya cara ini dapat di lakukan dengan menggunakan alat serta bahan seadaanya. Penasaran seperti apa berikut info lengkap yang bisa kalian simak.

1. Krim Pembersih Karat

Krim Pembersih Karat

Cara paling mudah dan paling efektif untuk menghilangkan karat membandel pada bagian knalpot motor ataupun pada bagian lainnya yaitu dengan memanfaatkan krim pembersih karat. Yang dimana krim ini memang di buat khusus untuk menghilangkan karat dengan mudah.

READ  9 Cara Mengatasi Rem Motor Bunyi yang Mudah

Memiliki cara kerja yang hampir sama dengan pelumas anti karat, krim ini bisa digunakan dan di temukan dengan mudah di pasaran. Bahkan dengan harga yang relatif terjangkau, namun kualitasnya tidak bisa di ragukan karena dengan krim ini kalian bisa menghilangkan karat dengan cepat.

2. Oli Bekas

Oli Bekas

Cara menghilangkan karat pada knalpot yang selanjutnya yakni dengan menggunakan oli bekas. Jadi bagi kalian yang punya oli bekas jangan buru-buru dibuang, karena denga oli bekas kalian bisa menghilangkan karat pada kanalpot motor ataupun pada bagikan lainnya.

Untuk mengunakannya, pastikan kalian sudah memanasi mesin motor kalian terlebih dahulu, sesudah itu silahkan kalian oleskan oli bekas tersebut ke bagian knalpot yang berkarat secara merata. Nantinya karat tersebut akan meleleh dan mengelupas secara sendirinya.

3. Oli Gemuk (Stempet)

Oli Gemuk Stempet

Nah tips selanjutnya untuk membersihkan knalpot motor yang berkarat yaitu dengan memanfaatkan oli gemuk atau juga sering di sebut Stempet. Cairan ini juga di klaim cukup ampuh untuk membersihkan knalpot dari karat dan korosi.

Cara penggunaannya pun bisa di katakan cukup mudah. Namun hal yang perlu di ingat adalah kalian harus memanaskan mesin terlebih dahulu. Setelah panas, silahkan kalian oleskan Stempet ke permukaan berkarat pada knalpot, sendirinya nanti akan melelehkan tumpukan karat tersebut.

4. Pasta Gigi

Pasta Gigi

Siapa sangka pasata gigi yang mungkin setiap hari kita gunakan untuk memutihkan gigi juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan karat pada knalpot motor. Hal ini bisa kita manfaatkan mengingat lapisan stainless steel pada knalpot juga bisa berkarat.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, karena kalian bisa langsung mengoleskan pasta gigi tersebut ke bagian knalpot yang berkarat. Namun perlu di ingat cara ini hanya untuk knalpot dengan permukaan stainless steel. Oya sebagai tambahan, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membuang karat pada rantai motor.

5. Pertamax Plus

Pertamax Plus

Flikermania dapat memanfaatkan bahan bakar pertamax plus untuk membersihkan atau menghilangkan karat pada knalpot motor dengan mudah. Cara ini bisa dikatakan cukup ampuh dan sudah banyak di buktikan.

Jika menggunakan bahan ini kalian harus mencampurnya dengan minyak tanah. Setelah itu oleskan secara merata pada bagian knalpot motor yang berkarat dan silahkan diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan menggunakan air mengalir sambil kalian sikat.

READ  25 Harga Knalpot Yoshimura Original Di Indonesia Terbaru 2020

6. Cairan Pembersih Keramik

Cairan Pembersih Keramik

Untuk membersihkan karat yang menempel pada bagian knalpot motor atau pun pada bagian lain yang ada pada sepeda motor. Kalian bisa memanfaatkan cairan pembersih keramik yang bisa dengan mudah kalian temuka di gerai minimarket ataupun di toko-toko.

Cara menghilangkan karat di knalpot motor dengan cairan pembersih keramik pun sangat mudah. Yaitu megoleskan cairkan tersebut ke area berkarat pada knalpot. Diamkan beberapa menit dan bersihkan dengan air atau dengan kain. Pastikan tidak ada cairan yang masuk ke blok mesin karena dapat menimbulkan kerusakan yang fatal.

7. Soda Kue

Soda Kue

Selain metode diatas, kalian juga bisa membersihkan atau menghilangkan karat dan korosi pada knalpot motor dengan menggunakan soda kue. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kalian juga bisa mencampur soda kue ini dengan perasan air jeruk.

Setelah berhasil mencapurnya, cukup oleskan saja cairan soda kue dan perasan air jeruk tersebut ke bagikan permukaan knalpot yang terkena korosi atau karat. Biarkan beberapa menit hingga karat memudar, lalu silahkan bersihkan dengan menggunakan air bersih dan kain pembersih.

8. Minuman Bersoda (Coca Cola)

Minuman Bersoda Coca Cola

Cara menghilangkan karat di knalpot motor yang terakhir yaitu dengan menggunakan minuman bersoda. Salah satu yang paling populer adalah Coca Cola. Dengan menggunakan minuman bersoda ini kalian akan dengan cepat membuang dan merontokan karat atau korosi pada leher knalpot.

Kalian hanya perlu membersihkan bagian leher knalpot atau bagian knalpot yang akan kalian bersihan dari karat. Setelah itu silahkan tuangkan cairan soda ke permukaan yang berkarat secara merata dan biarkan sekitar 15 menit. Jika dirasa sudah cukup, silahkan semprot dengan air bersih.

Itulah beberapa metode atau cara menghilangkan karat di knalpot motor yang bisa kami share kepada kalian. Silahkan di coba dan di praktekan sendiri untuk bisa mengerti akan hasil dari beberapa alat dan bahan seadaanya seperti yang kami tulis diatas. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.

Tags: ,