12 Cara Membersihkan Lampu Mobil Buram, Kusam & Berembun

Cara Membersihkan Lampu Mobil – Keamanan dalam sebuah kendaraan tentu menjadi hal begitu penting dan wajib untuk selalu diperhatikan. Ada begitu banyak faktor yang cukup memberi pengaruh terhadap keamanan dalam mengendarai sebuah kendaraan, khususnya mobil.

Dimana dari begitu banyaknya faktor tersebut, lampu utama atau headlamp menjadi penentu keamanan saat menggunakan mobil. Apalagi ketika kalian sering melakukan perjalanan di malam hari. Tentu saja kondisi lampu utama benar-benar harus terang.

Namun namanya barang, semakin lama di pakai, tentu saja akan mengalami penurunan kualitas. Termasuk pada bagian lampu utama pada mobil. Dari banyak kasus yang ada, sekian lamanya masa pakai, lampu mobil biasanya akan mulai menunjukan kualitas yang sedikit demi sedikit menurun.

Ciri-cirinya, terkadang nyala lampu sudah mulai redup, atau bahkan mika lampu utama mulai kusam atau bahkan buram. Selain itu kasus lain paling sering terjadi yakni lampu sering berembun, terutama pada saat melakukan perjalanan di kondisi hujan.

Panduan Cara Membersihkan Lampu Mobil Kusam Buram dan Berembun

Apabila kondisi lampu utama mobil kalian sudah mulai terasa seperti itu. Kami sarankan untuk segera membersihkan lampu mobil tersebut atau bahkan mengganti mika lampu dengan kondisi baru. Tujuannya agar intensitas pencahayaan di malam hari terasa lebih terang.

Cara Membersihkan Lampu Mobil

Menjadi JENIS LAMPU UTAMA MOBIL dengan peran begitu penting. Maka wajib bagi kalian untuk selalu rutin membersihkan bagian lampu tersebut. Adapun cara membersihkan lampu mobil sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Apa saja kira-kira cara membersihkan lampu mobil yang sudah mulai buram, kusam dan mudah berembun? Apabila kalian penasaran dan ingin mengetahui apa saja metode yang bisa digunakan, berikut sudah otoflik siapkan beberapa rekomendasi cara untuk membersihkan lampu mobil.

1. Menggunakan Autan

Menggunakan Autan

Mungkin jarang orang tahu bahwa membersihkan lampu mobil sebenarnya begitu mudah. Kenapa? karena untuk dapat membersihkan headlamp sebuah mobil kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab membersihkan lampu mobil bisa dilakukan dengan autan.

Penggunaannya pun bisa dibilang begitu mudah, karena kalian cukup mengoleskan autan pada bagian mika lampu mobil kemudian tunggu sekitar 1 – 2 menit. Setelah dirasa sudah cukup, kalian hanya perlu menggosok polesan autan tersebut menggunakan kain lap bersih dan kering.

READ  12 Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci Dari Dalam & Penyebab 2021

2. Memakai Cairan Pembersih Kaca

Menggunakan Wax Pembersih

Bila cara membersihkan lampu mobil dengan autan dianggap tidak masuk akal meskipun banyak pengguna yang sudah merasakan khasiatnya. Kalian bisa mencoba cara lain untuk dapat membersihkan mika kaca mobil yang berembun, buram atau kusam.

Cara tersebut yakni dengan menggunakan cairan pembersih kaca. Khusus untuk lampu mobil berembun, kami sarankan untuk melepas cover lampu dan keringkan. Bila sudah kalian bisa menyemprotkan cairan pembersih kaca ke bagian lampu kemudian lap hingga bersih.

Sebagai informasi tambahan, cairan pembersih kaca memiliki zat pengikis yang dibuat begitu lembut. Dengan begitu jika diaplikasikan untuk membersihkan mika lampu mobil, maka hasil akhir yang di dapat akan begitu jernih dan membuat tidak lagi buram atau kusam.

3. Bersihkan Pakai Odol (Pasta Gigi)

Bersihkan Pakai Odol

Ada banyak sekali metode atau cara bisa kita gunakan untuk bisa membersihkan lampu mobil. Salah satunya dengan memanfaatkan odol atau pasta gigi. Yapz, selain autan kita juga bisa membersihkan lampu mobil kotor, buram, kusam dan berembun dengan menggunakan pasta gigi.

Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, usahakan memakai odol dengan kandungan baking soda. Caranya cukup oleskan odol pada permukaan mika lampu mobil dan gosok memakai kain lap bersih kering. Dengan menggunakan cara ini setidaknya kecerahan lampu akan kembali terang.

4. Menggunakan Sabun Pencuci Mobil

Menggunakan Sabun Pencuci Mobil

Cara ini mungkin sudah tidak lagi asing bagi setiap pemilik mobil. Kenapa? karena sesuai namanya, cara ini hanya memanfaatkan cairan sabun pencuci mobil yang mungkin sudah sering kita pakai. Hanya saja cara ini mungkin tidak akan bisa diaplikasikan pada lampu mobil berembun.

Namun kami sarankan jika lampu mobil sudah mulai buram dan  menguning atau kusam. Silahkan rutin menggosok lampu mobil dengan memakai cairan pencuci mobil. Hasil akhirnya tentu akan begitu kinclong dan membuat intensitas cahaya kembali terang.

5. Menggunakan Wax Pembersih (Poles)

Menggunakan Wax Pembersih 1

Rekomendasi cara membersihkan kaca mobil berikut yang bisa kalian pakai yakni dengan memanfaatkan cairan atau krem Wax khusus pembersih mika lampu mobil. Dalam penggunaannya Wax sendiri hampir serupa dengan kompon yang sering dipakai untuk memoles bodi mobil.

Adapun cara menggunakannya hampir sama seperti penggunaan cairan pembersih kaca. Jadi cukup semprotkan atau oleskan wax pembersih kaca kemudian gosok menggunakan kain lap bersih serta kering. Untuk hasil maksimal usahakan lakukan secara rutin yah.

READ  Fungsi Ring Piston dan Cara Kerjanya

6. Memakai Amplas Halus

Memakai Amplas Halus

Mungkin anda beranggapan bahwa cara ini justru akan membuat lampu tergores dan menambah parah kondisi lampu. Namun ternyata cara membersihkan lampu mobil memakai amplas bisa dibilang cukup maksimal. Namun usahakan untuk memakai amplas dengan ukuran 600.

Menggunakan amplas dengan ukuran 600 setidaknya akan membuat goresan – goresan kecil. Namun nanti goresan tersebut bisa kita hilangkan menggunakan ampal berukuran 1.200, 2.000 atau bahkan 2.500 dan ukuran yang lebih tinggi lagi.

Jangan lupa pada bagian celah-celah kalian tutup lebih dulu memakai selotip agar kotoran tidak masuk ke dalam. Untuk memaksimalkannya, sebaiknya olesi kompon plastik pada mika lampu tersebut dan tunggu hingga 5 menit lalu bersihkan memakai kain kering bersih.

7. Cuci Lampu Mobil Setelah Hujan

Cuci Lampu Mobil Setelah Hujan

Cara paling mudah untuk membersihkan lampu mobil agar tetap kinclong, tidak buram dan kusam yakni dengan mencuci bagian lampu mobil dengan menggunakan air bersih mengalir ketika habis terkena air hujan. Cara ini merupakan cara paling sederhana untuk dapat kalian pakai.

Akan tetapi efek yang di dapat ketika kalian sering melakukan terapi ini pada lampu mobil sesaat setelah terkena air hujan. Lampu mobil benar-benar bisa tetap mengkilap dan kinclong.

Tips Merawat Lampu Mobil Agar Tetap Bening

Setelah mengetahui beberapa metode atau cara membersihkan lampu mobil yang kusam, buram, dan menguning dan berembun seperti di atas kami sampaikan. Setidaknya ada beberapa tips yang dapat kalian pakai agar tetap membuat lampu mobil bisa tetap tampil kinclong dan bersih.

  1. Tips pertama pastikan selalu memperhatikan tempat atau posisi parkir, usahakan parkir di tempat teduh.
  2. Kemudian selalu gunakan lampu dengan spesifikasi yang telah ditentukan untuk mobil kalian.
  3. Bisa memakai cairan anti sinar UV khusus lampu mobil.
  4. Pilihlah penggunaan bohlam lampu mobil bermerek dan punya kualitas tinggi.
  5. Usahakan bersihkan dengan memakai kain lap kering atau kanebo ketika telah bepergian.

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi cara membersihkan lampu mobil yang bisa kali ini otoflik.com sampaikan. Semoga apa yang telah kami rangkum bisa menjadi wacana menarik dan bisa menjadi media pembelajaran kita bersama.

Tags: , ,