25 Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Suzuki Semua Tipe 2021

Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Suzuki – Peran oli mesin di dalam sebuah kendaraan bermotor bisa dibilang begitu besar. Bukan hanya digunakan untuk menjadi pelumas agar tiap komponen mesin dapat bergerak dengan sempurna saat melakukan kerjanya.

Advertisements

Namun oli mesin juga memiliki kemampuan untuk membantu pelepasan suhu panas mesin yang di hasilkan saat proses pembakaran berlangsung. Bahkan beberapa produsen oli mesin juga menyematkan teknologi agar oli juga mampu menjaga kualitas dan umur mesin mobil.

Tidak heran apabila pemilihan oli mesin yang tepat sesuai dengan tipe mesin kendaraan menjadi salah satu faktor penting. Disamping itu, masa penggantian oli mesin yang tepat dan teratur juga sangat berpengaruh pada kesehatan mesin kendaraan itu sendiri.

Advertisements

Semua faktor yang sudah kami sebut di atas setidaknya akan berlaku bagi semua merek mobil, termasuk mobil keluaran pabrikan Suzuki. Seperti Suzuki Sx4, New Carry Pick Up atau Suzuki Escudo dan Karimun Wagon R dan lainnya.

Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Suzuki

Oleh karena itu setelah sebelumnya sudah pernah kami bagikan pembahasan mengenai OLI MOBIL TERBAIK dengan harga terjangkau. Seperti pada judul di atas, kali ini otoflik akan membagikan daftar kapasitas oli mesin mobil Suzuki yang mungkin akan sangat kalian butuhkan saat ganti oli.

Waktu Tepat Ganti Oli Mesin Mobil

Waktu yang Tepat Ganti Oli Mesin Mobil

Kapan waktu yang tepat ganti oli mesin mobil Suzuki? mungkin ada dari kalian bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Maka dari itu, sebelum kita mulai membahas daftar kapasitas oli mesin mobil Suzuki, tidak ada salahnya kita pahami dulu waktu tepat ganti oli mesin.

Mengetahui waktu tepat untuk mengganti oli mesin mobil setidaknya akan membuat perawatan mesin semakin maksimal. Sebab, dengan mengganti oli mesin tepat waktu dan dilakukan secara rutin dalam masa penggunaan akan dapat membuat performa mesin tetap terjaga.

Nah bicara mengenai kapan waktu paling tepat, setidaknya ada beberapa faktor penentu dapat kalian jadikan sebagai acuan. Dan faktor penentu tersebut antara lain meliputi:

  1. Ketika sudah menempuh jarak perjalanan sejauh 10.000 km disarankan untuk segera mengganti oli mesin mobil.
  2. Atau setidaknya ganti oli mesin setiap 6 bulan sekali secara rutin dan berkala.
  3. Jika menggunakan oli mesin bercampur mineral, sebaiknya ganti segera setelah dipakai untuk menempuh perjalanan sejauh 5.000 km.
  4. Atau juga bisa di lakukan jika oli mesin sudah berubah warna menjadi coklat hitam dan keruh.
READ  15 Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Honda Matic & Manual 2021

Jadi agar tetap menjaga kondisi mesin mobil Suzuki agar tetap bisa mengeluarkan performa terbaiknya. Sangat otoflik.com sarankan untuk mengacu pada beberapa faktor sudah kami sampaikan di atas.

Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Suzuki

Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Suzuki Terlengkap

Setelah kalian mengetahui apa saja faktor penentu penting dapat digunakan sebagai acuan ketika ingin melakukan penggantian oli mesin mobil Suzuki ataupun mobil lain seperti di atas sudah kami sampaikan.

Buat kalian para pemilik mobil Suzuki, setidaknya juga harus paham dan tahu daftar kapasitas oli mesin mobil Suzuki. Maka dari itu, di bawah ini akan kami sampaikan secara lengkap dan detail daftar kapasitas oli mesin mobil Suzuki semua tipe.

Advertisements

Tipe Mobil SuzukiKapasitas Dengan Filter Oli
Suzuki Karimun Kotak3.5 lt
Suzuki New Karimun Estilo3.1 lt
Suzuki Karimun Wagon R3.1 lt
Suzuki Karimun Estilo3.5 lt
Suzuki Swift4.2 lt
Suzuki Swift Sport 1.64 lt
Suzuki New Swift 1.43.5 lt
Suzuki Grand Vitara 20005 lt
Suzuki Grand Vitara 24005.2 lt
Suzuki Carry 1.0i3.5 lt
Suzuki Carry 1.54 lt
Suzuki Neo Baleno4 lt
Suzuki Baleno 1.54 lt
Suzuki Baleno 1.64 lt
Suzuki Baleno Next-G4 lt
Suzuki Sx44 lt
Suzuki APV4 lt
Suzuki Carribian4 lt
Suzuki Futura Euro 24 lt
Suzuki Ertiga3.4 lt
Suzuki Katana3.5 lt
Suzuki Splash3.4 lt
Suzuki Mega Carry4 lt
Suzuki Aerio4 lt
Suzuki Escudo 1.64 lt
Suzuki Grand Escudo Xl-75.5 lt
Suzuki Ciaz4 lt

PENTING!
Untuk hasil lebih detail, kami sarankan agar menanyakan langsung ke pihak ATPM Suzuki di daerah kalian.

Berapa kapasitas oli mesin Suzuki Sx4? Dari penjelasan di atas bisa kita ketahui bahwa kapasitas oli mesin Suzuki Sx4 yaitu sekitar 4 liter. Kapasitas tersebut merupakan kapasitas dengan oli filter sekaligus. Sedangkan kapasitas tanpa oli filter hanya membutuhkan sekitar 3.6 liter.

READ  3 Mobil Listrik Hyundai Terbaru & Terbaik di Indonesia 2021

Lalu berapa kapasitas oli mesin mobil Suzuki Karimun Wagon R? buat kalian para pemilik dan pengguna mobil Suzuki Karimun Wagon R, maka kapasitas oli mesin harus kalian gunakan yakni sekitar 3.1 liter. Jadi pastikan untuk gunakan kapasitas sesuai ukuran atau takaran yah.

Efek Buruk Oli Mesin Lebih / Kurang

Efek Buruk Oli Mesin Lebih atau Kurang

Tidak jauh berbeda dengan DAFTAR KAPASITAS MESIN MOBIL TOYOTA yang sebelumnya sudah kami sampaikan. Setidaknya penggunaan oli mesin mobil terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit pada mesin mobil Suzuki juga sedikit banyak akan mempengaruhi performa mesin.

Jadi, sebelum kita menutup pembahasan menarik mengenai daftar kapasitas oli mesin mobil Suzuki. Tak ada salahnya jika kami juga akan menjelaskan dampak atau efek buruk penggunaan oli mesin mobil Suzuki terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Efek Buruk Oli Mesin Kurang

  • Kurangnya volume oli mesin mobil dapat membuat komponen mesin cepat aus atau rusak.
  • Kemudian juga berpotensi menjadikan mesin mobil cepat panas atau bahkan mengalami overheat (panas berlebih).
  • Mesin mobil menjadi lebih mudah mogok.
  • Keluarnya suara kasar saat mesin hidup atau bahkan saat berjalan.

Efek Buruk Oli Mesin Berlebihan

  • Kelebihan volume oli mesin mobil juga akan membuat dampak buruk, salah satunya adalah terjadinya penurunan kualitas oli mesin mobil.
  • Menyebabkan langkah piston terasa lebih berat sehingga membuat mesin tidak maksimal dalam bekerja.
  • Mengganggu kinerja pompa oli mesin mobil dalam menghantarkan atau mendistribusikan oli ke semua bagian mesin.

Akhir Kata

Itulah kiranya dampak atau efek buruk akan terjadi di saat penggunaan oli mesin kurang dari kapasitas diperlukan atau bahkan melebihi kapasitas diharuskan. Jadi, pastikan kalian untuk selalu membaca buku petunjuk perawatan mobil.

Dengan tujuan untuk membuat penggantian oli dilakukan sesuai daftar kapasitas oli mesin mobil Suzuki baik dengan ataupun tanpa filter oli. Nah kiranya sekian dulu informasi yang dapat otoflik.com sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Advertisements

Tags: , , , , ,