Fungsi Cruise Control : Pengertian, Cara Kerja & Penggunaan

Fungsi Cruise Control – Perkembangan teknologi dalam industri otomotif membuat banyak fitur-fitur baru yang kini disematkan para produsen otomotif pada produk-produk baru yang mereka keluarkan. Bukan hanya kita temukan pada kendaraan jenis sepeda motor, beragam fitur baru dengan teknologi canggih bahkan kini dapat kita jumpai pada mobil-mobil keluaran baru.

Salah satu fitur baru dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini adalah Cruise Control. Yang dimana fitur ini merupakan salah satu penemuan yang bisa dibilang cukup baik dan cukup membantu para pengemudi mobil untuk bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

Pasalnya ketika fitur ini difungsikan atau diaktifkan, pengemudi akan dapat mengistirahatkan kaki mereka sejenak dengan menikmati perjalanan yang sedang mereka lalui. Bahkan diaktifkannya fitur ini juga akan bisa membuat penggunaan bahan baka yang jauh lebih efisien. Meski adanya fitur Cruise Control, bukan berarti pengemudi lalai dalam berkendara.

Terutama ketika mereka melewati jalan-jalan besar yang ramai lalu-lalang kendaraan. Karena pada dasarnya fitur Cruise Control sendiri dihadirkan dan diciptakan hanya untuk membantu pengemudi mengontrol mobil yang mereka kendarai saat berada di jalanan.

Fungsi Cruise Control : Pengertian, Cara Kerja & Penggunaan

Fugnsi Cruise Control Pada Mobil

Dengan begitu, penggunaan fitur Cruise Control ini tidak selalu harus di gunakan ketika mengendarai mobil. Melainkan bisa kalian aktifkan ketika kalian memang membutuhkan. Lalu apa sebenarnya Cruise Control serta apa fungsi Cruise Control, cara kerja dan bagaimana cara merawatnya. Berikut otoflik.com rangkumkan secara lengkap dibawah ini.

Pengertian Cruise Control

Pengertian Cruise Control

Cruise Control sendiri merupakan sebuah teknologi baru yang diterapkan pada mobil keluaran terbaru yang dimana teknologi cruise control ini akan dapat untuk mengatur kecepatan mobil agar tetap stabil tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas secara terus menerus.

Fungsi Cruise Control

Fungsi Cruise Control

Meski flikermania sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan cruise control. Namun kami yakin tidak sedikit pengguna mobil yang sudah mengetahui apa fungsi cruise control tersebut. Untuk itu kami akan jelaskan sedikit fungsi yang bisa kalian dapatkan dari fitur Cruise Control ini.

READ  Power Steering Apa Itu ? dan Bagaimana Cara Kerjanya

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, Cruise Control akan dapat berfungsi untuk bisa mengatur kecepatan mesin mobil agar tetap bisa stabil tanpa pengemudi menginjak pedal gas. Yang mana pada saat penggunaan kalian bisa menentukan keepatan berapa yang ingin kalian jaga.

Sebagai contoh, kalian melewati jalan tol yang notabennya memiliki jalur lurus dan halus sehingga kalian memacu dengan kecepatan 40 km/jam. Pada saat itu kalian menekan tombol Cruise Control, maka mobil dengan sendirinya akan mempertahanakan kecepatan tersebut.

Maka dari itu ada baiknya kalian tetap menggunakan fitur Cruise Control ini di jalanan yang tepat. Dan tidak otoflik.com sarankan ketika berada di jalanan yang ramai karena sanagat beresiko. Dan umumnya penggunana fitur ini juga selalu di barengi dengan adanya fitur Adaptive Cruise Control.

Apa itu Adaptive Cruise Control ?

Apa itu Adaptive Cruise Control

 

Adaptive Cruise Control merupakan level lebih advance dari fitur Cruise Control. Yang dimana fitur ini sebenarnya sama seperti Cruise Control, hanya saja dalam pembuatannya sudah dilengkapi dengan sebuah sensor agar mobil bisa mengurangi kecepatan secara otomatis apabila terdeteksi adanya kendaraan atau mobil lain di depan.

Dengan begitu mobil akan mengurangi kecepatan dengan melakukan pengereman secara otomatis dan akan menjaga jarak sesuai dengan pengaturan yang sudah kita lakukan seblum menggunakan fitur ini. Dan pada umumnya fitur Adaptive Cruise Control bisa diatur dalam tiga jarak yaitu dekat, sedang, dan jauh.

Cara Kerja Cruise Control

Cara Kerja Fitur Cuise Control

Sebagai teknologi canggih yang bisa membantu para pengemudi untuk menjaga kecepatan mesin agar tetap stabil tanpa harus pengemudi menginjak pedal gas. Tentunya teknologi ini juga dirancang dengan menggunakan prinsip kerja atau cara kerja yang baik agar fungsi cruise control tetap bisa bekerja dengan sempurna.

Bicara mengenai cara kerja Cruise Control, bisa dibilang sangatlah simple karena Cruise Control akan tetap mempertahankan kecepatan mobil dengan mengaktifkan fungsi pedal gas yang dikontrol kaki kita. Yang dimana fitur ini nantinya akan bekerja dengan menyesuaikan posisi akselelator (throttle).

Dengan begitu ketika kita mengaktifkan fitur Cruise Control, maka secara otomatif fitur ini akan menjaga katup throttle yang terhubung dengan aktuator. Dengan begitu katup throttle akan tetap berada pada posisi yang sama sehingga kecepatan mesin akan tatap stabil meski pengemudi tidak menginjakan kaki mereka ke pedal gas.

READ  Apa Itu Laher Motor ? Bagaimana Memperbaiki Laher Motor Rusak

Cara Menggunakan Cruise Control

Cara Menggunakan Cruise Control

Setelah kalian mengetahui apa itu fungsi Cruise Control dan bagaimana cara kerjanya. Kalian juga perlu memperhatikan bagaimana cara menggunakan fitur Cruise Control yang terdapat pada jenis jenis mobil tertentu terutama mobil keluaran terbuaru yang ada saat ini. Nah untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan Cruise Control, berikut kami jelaskan secara rinci.

1. Ketahui Saat yang Tepat Menggunakan Cruise Control

Pastikan kalian tidak menggunakan fitur Cruise Control di jalanan yang ramai dan padat merayap. Serta jangan pernah menggunakan fitur ini di kondisi cuaca yang buruk. Ada baiknya gunakan fitur ini pada saat kalian berada di jalanan lurus dan bebas hambatan seperti jalan tol.

2. Atur Kecepatan yang Diinginkan

Jika menginginkan menggunakan fitur Cruise Control, pasikan kalian sudah tahu standar kecepatan yang bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur ini. Jika belum tahu, pada umumnya fitur ini akan dapat bekerja dengan kecepatan minimum 40 km/jam keatas. Jadi silahkan kalian atus kecepatan sesuai dengan keinginan.

3. Tekan Tombol ‘Cruise’

Apabila sudah mendapat kecepatan yang diinginkan, silahkan tekan tombol Cruise Control yang berada di batang lingkar kemudi untuk mengaktifkan fitur Cruise Control ini. Sehingga kalian tidak perlu lagi menginjak pedal gas, melainakn hanya perlu memegang kendali lingkar kemudi.

4. Jangan Tekan Pedal Gas

Perlu diwaspadai, ketika kalian sudah mengaktifkan fitur ini, maka kalian tidak perlu lagi melakukan injakan pedal gas.

5. Tetap Waspada

Meski fungsi Cruise Control akan dapat menjaga kecepatan mesin agar tetap stabil sesuai dengan yang sudah kita tentukan. Namun fitur ini bukan merupakan fitur autopilot yang akan bisa membuat mobil berjalan tanpa pengemudi.

Melainkan fitur ini hanya untuk tetpa menjaga kecepatan mobil agar tetap stabil tanpa harus pengemudi mengijak pedal gas. Maka dari itu sikap tetap waspada ketika menggunakan fitur ini benar-benar harus kalian jaga.

6. Kembali ke Mode Normal

Apabila kalian menginginkan untuk menggunakan kembali mode normal, kalian cukup tekan tombol Cruise Control kembali. Secara otomatis mobil akan kembali ke mode normal, sehingga kalian harus menginjak pedal gas lagi.

Nah itulah kiranya informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar pengertian, cara kerja, dan fungsi Cruise Control. Semoga apa yang sudah otoflik.com rangkum diatas dapat menjadi referensi yang menarik untuk kalian simak.

Tags: ,