Fungsi Velocity Stack Karbu: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Fungsi Velocity Stack Karbu – Ada banyak cara untuk mendapatkan perfroma kendaraan lebih kencang dimana dapat ditempuh oleh modifikator ataupun orang biasa. Banyak aksesoris aftermarket yang mampu meningkatkan kemampuan kendaraan, salah satunya bernama velocity stack. Bagi yang awam pastinya kurang memahami fungsi velocity stack karbu serta bagaimana cara kerjanya.

Nama nama bagian motor memang ada banyak, namun beberapa dapat diganti dengan spare part khusus supaya performanya jauh lebih meningkat. Sampai saat ini velocity stack memang banyak digunakan pada kendaraan karbu dimana mampu merubah sisi karakter mesinnya. Pada dasarnya memiliki hubungan erat secara langsung ke supply udara yang mengalir kedalam ruang bahan bakar.

Saat ini velocity stack karbu memang ada berbagai macam merek serta bentuknya dimana dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Disamping itu fungsi velocity stack karbu dapat menggantikan fungsi karet bagian filter udara. Jadi secara langsung pembakaran akan jauh lebih optimal karena udara yang masuk lebih banyak. Dibandingkan standarnya, akan terdapat perbedaan cukup signifikan.

Kamu juga wajib tahu fungsi velocity panjang dan pendek dimana akan berbeda penggunaannya. Pada dasarnya ukuran panjang atau pendeknya akan mengikuti karakter mesin kendaraannya. Bahkan sampai ada rumus untuk menghitungnya demi mendapatkan pembakaran yang jauh lebih maksimal. Sekarang cukup banyak velocity stack karbu pendek dimana dapat dengan mudah dibungkus menggunakan box filter.

Fungsi Velocity Stack Karbu

Kadang kala pemilik kendaraannya memang kurang puas dengan tarikan atau kecepatannya sehingga menggunakan velocity stack untuk memperbaikinya. Terlebih jika standar pabrikan, dirasa memang sudah dibatasi sehingga tak dapat mencapai performa maksimalnya. Agar lebih jelasnya silahkan lihat penjelasan serta fungsi velocity stack karbu dibawah ini.

Apa itu Velocity Stack

Velocity stack adalah komponen mesin yang memiliki bentuk terompet berukuran berbeda dan dipasangkan kebagian saluran udara moncong throttle body. Jadi velocity stack akan secara langsung terhubung dengan karbu, injeksi maupun intake sehingga mampu secara maksimal meningkatkan kemampuan pembakaran mesin. Secara langsung memang pemakaian perangkat ini mampu merubah karakter sebuah mesin.

Cara kerjanya yaitu dengan menyerap udara sebanyak mungkin dalam kecepatan tinggi sehingga mampu memaksimalkan masuk kedalam ruang pembakaran. Seperti pada gambar dibawah ini, velocity stack mampu menghisap udara dari berbagai sisi dimana akan masuk kedalam pipa flow area yang mengarah ke mesin. Bisa dibedakan dengan plain pipe atau pipa bawaan dimana udara yang masuk memang lebih sedikit.

fungsi velocity panjang dan pendek

Keunggulan velocity stack adalah mampu secara baik menerima udara masuk, sedangkan untuk pipa standarnya banyak tekukan. Dari gambar diatas memang plain pipe ketika udaranya masuk akan menekukn sehingga mengurangi air flow. Pastinya kalian bisa membedakan sendiri bagaimana udara dapat masuk kedalam mesin secara lancar ataupun tidaknya.

Fungsi Velocity Stack Karbu

Memang fungsi velocity stack karbu sangat berpengaruh kepada supply udara yang masuk kedalam ruang pembakaran kendaraan. Dapat dikatakan secara langsung aliran udaranya akan jauh lebih lancar sehingga mampu membuat mesin bekerja lebih optimal. Dapat dibedakan langsung dengan pipa bawaan pabrik dimana memang kinerjanya kurang maksimal.

Fungsi velocity stack karbu utamanya adalah untuk melakukan perubahan aliran udara yang sebelumnya mengalami turbulensi jadi laminer. Jadi dengan desain tepian yang layaknya corong mampu menangkap aliran udara kemudian menyalurkannya tanda hambatan ke bagian mesin. Fungsi selanjutnya adalah untuk menaikkan kecepatan seluruh aliran udara supaya mesin akan memiliki nafas panjang. Hal ini sangat berpengaruh supaya pembakaran jauh meningkat.

Fungsi selanjutnya adalah untuk menghindari pemborosan bahan bakar dimana akan terbuang ketika resonansinya dirasa kurang. Jadi bahan bakar akan tetap terjaga karena ketika pembukaan dan penutupan klep memiliki volume udara yang cukup. Nantinya bahan bakarnya tak akan menguap sia sia. Lalu hambatan udaranya juga akan minim sehingga semuanya lancar masuk kedalam ruang pembakaran.

Kelebihan dan Kekurangan Velocity

Fungsi velocity stack karbu memang menguntungkan, namun soal pemasangannya memang harus sesuai dengan perhitungan. Tak bisa kalian memasangnya secara sembarangan karena justru bisa jadi penyebab perusak mesin. Pada dasarnya fungsi velocity stack karbu lebih sesuai apabila dipasang dijenis kendaraan yang mempunyai filter udara. Kemudian dibagian karburator memang harus menyesuaikan radius serta ukuran moncongnya agar udara yang masuk tidak mengalami turbulensi.

Secara langsung udara yang masuk memang mampu mempengaruhi torsi sehingga wajib untuk diperhatikan. Dengan dimensi velocity stack karbu lebih lebar corongnya maka secara otomatis isapan udaranya akan lebih deras mengalir dengan kecepatan tinggi. Namun tak semuanya baik untuk digunakan, berikut kelebihan dan kekurangan velocity.

Kelebihan

Kelebihan utamanya adalah dari bagian tampilan dimana mampu lebih terlihat racing. Hal ini karena moncong yang terlihat keluar sehingga tampilannya keren. Selain itu volume udara yang masuk kedalam intake juga akan jauh lebih besar. Pengaruhnya juga pada air flow dimana akan jauh lebih lancar sehingga terhindarkan dari hambatan.

Kemudian kendaraannya juga mampu mencapai tenaga puncak meskipun putaran mesinnya memang rendah. Secara langsung torsi yang diperoleh juga lebih besar apabila pengaturan antara velocity stack karbu serta debit bahan bakar benar benar pas.

Kekurangan

Kekurangannya paling utama memang ketika banyak udara panas yang masuk kedalam mesin akan membuatnya overheat bahkan sampai drop. Lalu apabila salah memilih bahan maka akan mudah panas dan membuat kerusakan pada komponen lainnya. Pemasangannya memang tidaklah mudah karena harus memakai tambahan ECU maupun piggyback dimana lebih banyak mengeluarkan budget.

Kemudian diperlukan pengaturan bahan bakar yang harus dilakukan oleh teknisi. Ketika tak tahu perhitungannya maka akan beresiko besar kendaraan kalian mudah mengalami kerusakan. Selain itu tidak semua kendaraan mendukung fungsi velocity stack karbu karena memang hanya untuk yang memiliki filter udara terbuka saja.

Akhir Kata

Lalu fungsi velocity stack karbu berukuran panjang memang sering digunakan untuk kendaraan dengan kebutuhan road race. Sedangkan ukuran pendek memang dipakai untuk drag race dimana lebih menitik beratkan kepada putaran bawah dari mesinnya. Berikutnya ketika sudah memasang velocity stack karbu usahakan juga melakukan penyesuaikan debit bahan bakar supaya pembakarannya dapat bekerja maksimal.

Ketika mengalami pengapian ada tapi motor susah hidup maka perlu disesuaikan lagi kompresi bahan bakar dan juga tekanan udaranya. Saat ini velocity stack untuk harian memang sudah banyak dipergunakan demi menaikkan performa mesin. Dengan tahu fungsi velocity stack karbu setidaknya kamu akan lebih paham sebelum melakukan modifikasi kendaraan.

Tags: , , ,