Kapasitas Tangki Megapro: Konsumsi & Jenis Bahan Bakar Semua Tipe

Kapasitas Tangki Megapro – Kalian pastinya mengenal nama Honda Megapro dimana sudah sejak lama memiliki tingkat penjualan tinggi. Diawali dengan seri Neotech ditahun 1999 memang popularitas Megapro semakin dikenal sebagai motor pria. Sayangnya memang line up motor ini sudah dihentikan semenjak tahun 2008 kemudian berganti nama dengan nama Honda Verza. Meski begitu penggunanya memang masih banyak bahkan mulai trend dimodif dengan berbagai aliran.

Apabila sedang mencari motor yang irit maka Megapro bisa jadi pilihannya karena konsumsi BBMnya termasuk sedikit. Namun seiring berkembangnya jaman kini Megapro banyak dimodif untuk memaksimalkan performa mesinnya, salah satunya menggunakan velocity stack. Kami sudah bahas fungsi velocity stack karbu dimana mampu memaksimalkan fungsi ruang pembakaran sehingga motor kebih bertenaga.

Mesin Megapro terbagi atas jenis injeksi serta karburator dimana dibawakan tangki bahan bakar dengan ukuran berbeda. Karena ada banyak seri dan tipenya maka penting mengetahui kapasitas tangki Megapro. Selain sebagai bahan perhitungan pemakaian BBM, kamu juga akan dapat dengan mudah membedakan antara satu tipe dengan tipe lainnya berdasarkan tangkinya.

Kemudian kapasitas tangki Megapro juga akan mempengaruhi ketika kalian akan mengisi BBM. Kamu bisa tahu berapa takaran full tangki sehingga lebih mudah dalam mengisinya. Terlebih dengan harga BBM yang semakin mahal akan memudahkan kalian memperkirakan saat pengisian. Dari penunjuk jarum juga dapat dilihat berapa sisa bahan bakarnya apalagi ketika sedang dalam perjalanan jauh.

Kapasitas Tangki Megapro

Memang penting tahu akan kapasitas tangki Megapro karena juga berpengaruh pakah membutuhkan pengisian ataupun tidak. Tak semua tipe Megapro memiliki tangki sama, hal ini karena terjadinya perubahan baik dari segi bentuk maupun tampilannya. Terlebih diiringi dengan teknologi dimana mampu merubah sistem kerja mesin dari tahun ke tahun.

Kapasitas Tangki Megapro Semua Tipe

Jika diurut sejarah Megapro memang cukup panjang sampai dihentikan ditahun 2008. Terdapat cukup banyak tipe atau seri yang dirilis kepasaran dimana masing masing membawa spesifikasi berbeda. Pastinya spesifikasi Megapro old memilki perbedaan jauh dengan versi new.

Perubahan kapasitas tangki memang juga disesuaikan dengan mesin yang dibawanya. Semakin besar cc nya secara otomatis pemakaian BBM lebih boros sehingga membutuhkan kapasitas tangki lebih besar. Agar lebih jelasnya kamu bisa menyimak penjelasan kapasitas tangki Megapro dibawah ini.

Kapasitas Tangki Megapro Neotech

Pertama ada Megapro Neotech dimana dirilis mulai dari tahun 1999 sampai 2001. Soal harganya lebih murah dibanding Tiger sehingga banyak orang beralih ke motor ini. Dikenal juga dengan nama Megapro Hiu dimana belum memiliki starter namun sudah membawa mesin dengan kapasitas 156cc.

Berapa liter isi tangki megapro

TipeTahunKapasitas Tangki
Neotech1999-20018 liter

Dari sisi tampilannya memang dirasa sudah berusia lama, namun tidaklah terlalu klasik. Dengan kapasitas tangki 8 liter memang dirasa cukup dijaman itu dimana mampu menempuh jarak cukup jauh. Selain itu masih memakai CDI dibagian pengapiannya sehingga ketinggalan jaman.

Kapasitas Tangki Megapro 160 Facelift

Ditahun 2002 rilis versi faceliftnya dimana membawa spesifikasi yang sama namun tampilannya diubah. Kelebihannya memiliki double starter sehingga lebih mudah untuk dikendarai. Masih membawa kapasitas yangki 8 liter namun teknologinya lebih maju dibandingkan versi sebelumnya.

kapasitas tangki megapro old

TipeTahunKapasitas Tangki
160 Facelift2002-20058 liter

Kemudian karena dibekali dengan starter maka pengguna bisa dengan mudah menghidupkan mesinnya. Bisa dikatakan kapasitas tangki megapro 2005 memang kecil dibandingkan motor sekarang, namun dijamannya mampu memenuhi tuntutan perjalanan jarak jauh.

Kapasitas Tangki Megapro Primus atau Megapro 160 Advance

Banyak pertanyaan berapa liter isi tangki motor Megapro Primus? Nama aslinya adalah Megapro 160 Advance, namun karena Primus Yustisio menjadi bintang iklan motornya maka dikenal sebagai Megapro Primus. Disini ada peningkatkan dari sisi kapasitas tangki sehingga bisa mengakomodasi perjalanan lebih jauh.

Berapa liter isi tangki motor megapro primus

TipeTahunKapasitas Tangki
160 Advance2006-200913,2 liter

Pada dasarnya motor ini memang sering dijumpai karena cukup laris manis dikala itu. Disamping itu konsumsi bahan bakarnya juga termasuk irit sehingga cocok dipergunakan semua orang. Lalu kapasitas tangki Megapro 2008 ini juga akan mengalami perubahan pada tipe selanjutnya.

Kapasitas New Megapro 150

Masuk ke tahun 2010 muncul lagi seri New Megapro dimana memiliki tampilan yang jauh berbeda dengan tipe sebelumnya. Kapasitas tangki Megapro ini juga menjadi 12,2 liter dimana cukup untuk mengakomodasi perjalanan kalian.

New Megapro 150

TipeTahunKapasitas Tangki
New 1502010-201312,2 liter

Kapasitas Megapro FI

Untuk kapasitas tangki Megapro FI adalah 12,3 liter dimana menutup line up Megapro. Setelah tahun 2018 seri motor Megapro berubah nama menjadi Honda Verza dimana membawa bentuk serta tampilan  yang sama.

Megapro FI

TipeTahunKapasitas Tangki
FI2014-201812,3 liter

Jenis Bahan Bakar Megapro

Sesudah tahu kapasitas tangki Megapro berikutnya kamu wajib athu pilihan bahan bakarnya. Dahulunya Megapro disarankan menggunakan premium, namun seiring berjalannya jaman digantikan dengan Pertalite. Menyesuaikan kompresi rasio mesin memang Pertalite jadi pilihan utama dimana memiliki kandungan RON minimum 90.

Jadi kamu bisa memiliki BBM tersebut supaya mesin tetap terawat dan menghindari kerusakan komponennya. Dengan memakai pertalite maka membuat tarikan mesinnya jauh lebih halus. Selain itu untuk perjalanan jauh tak akan mudah panas ataupun overheat sehingga jauh lebih aman.

Konsumsi BBM Megapro

Berikutnya sesudah tahu kapasitas tangki Megapro maka untuk konsumsi bahan bakarnya akan berbeda. Dapat dikatakan tipe paling boros BBM adalah Neotech dimana masih memakai teknologi lama sehingga pengolahan pembakarannya memang belum optimal. Pada dasarnya ketika ada perkembangan teknologi akan membuat mesin semakin efisien.

TipeKonsumsi BBM
Megapro Neotech51,4 km/liter
Megapro 160 Facelift51,4 km/liter
Megapro 160 Advance40 km/liter
New Megapro 15045 km/liter
Megapro FI50,72 km/liter

Jadi dari tabel diatas kamu bisa memperoleh gambaran bagaimana pemakaian BBMnya sehingga bisa dijadikan referensi. Misalnya ketika akan membeli motor bekas Megapro kamu dapat mencari yang paling iit. Pastinya kapasitas tangki Megapro juga akan menyesuaikan mesinnya.

Akhir Kata

Kami juga merekomendasikan harga knalpot Avionic dimana bisa dipasangkan ke Megapro untuk memaksimalkan fungsi gas buangnya. Karena kapasitas tangki Megapro berbeda beda maka bisa kalian cek terlebih dahulu lewat pembahasan diatas. Selain itu tangki juga akan sangat mempengaruhi ketika akan melakukan pengisian BBM ataupun memperkirakan yang tersisa. Demikian pembahasan kali ini, mudah mudahan dapat jadi sumber informasi bagi kalian.

Tags: , ,