Harga Viar E Cross 2022 dari Review, Spesifikasi & Fitur

Advertisements

Harga Viar E Cross – Mendengar nama pabrikan motor Viar mungkin sebagian besar orang akan menganggap bahwa Viar hanyalah perusahaan sepeda motor roda tiga semata. Apabila anggapan kalian seperti itu, tentu saja salah.

Karena, seperti kita semua ketahui. Viar merupakan salah satu pabrikan kendaraan  yang memiliki begitu banyak produk unggulan. Bahkan selain motor roda tiga, Viar juga kerap kali menawarkan motor roda dua yang diperuntukkan untuk medan off-road.

Sampai dengan saat ini, bahkan sudah ada beberapa jenis motor trail Viar dengan tampilan desain, fitur dan juga kualitas spesifikasi bisa di andalkan. Di lain sisi, sebagai salah satu pabrikan otomotif yang cukup aktif berinovasi.

Advertisements

Kabarnya Viar juga sudah memiliki satu motor cross super ringan namun punya kemampuan mesin powerful dan bahkan telah mengadopsi teknologi motor listrik. Kendaran Viar yang kami maksud tersebut adalah “Viar E Cross / Viar E-Cross”.

Harga Viar E Cross Beserta Review Fitutr dan Spesifikasi

Advertisements

Dari semua hal menarik ditawarkan Viar E-Cross, setidaknya salah satu unggulan yang sudah pasti akan menarik perhatian adalah desain mungil dan simpel. Bobotnya saja hanya 50 kg. Buat kalian yang penasaran dan tertarik mengetahui motor cross ini, berikut detail lengkapnya.

Spesifikasi Viar E Cross

Mesin
Tipe DinamoDinamo daya 350 watt
Tenaga6 kW (8 hp)
BateraiLiFePo4 (LFP) – 60V/32AH
Waktu Pengisian Baterai2 – 3 Jam
Top Speed45 km / jam
Jarak Tempuh100 km
Dimensi
Panjang1870 mm
Lebar780 mm
Tinggi1040 mm
Jarak Sumbu Roda1260 mm
Jarak Terendah Ke Tanah270 mm
Berat50 kg
Kaki – Kaki
Ban Depan70/100 R19
Ban Belakang70/100 R19
Rem DepanCakram
Rem BelakangCakram
Suspensi DepanUSD Fork
Suspensi BelakangMonoshock

Review Viar E Cross

Review Viar E Cross

Secara garis besar Viar E Cross bukanlah kendaraan baru yang akan segera dihadirkan pabrikan asal Indonesia ini. Karena sejak 2018 silam, produk ini memang sudah ditampilkan secara publik oleh pihak PT Triangle Motorindo sebagai salah satu kendaraan unggulan mereka di kelas motor cross.

Bila merujuk pada beberapa kabar berita mengenai Viar E Cross, meski punya tampilan mungil dengan bobot sangat ringan. Akan tetapi harga jual Viar E Cross ini tergolong mahal. Bahkan lebih dari HARGA HONDA ADV yang ada saat ini.

Punya julukan gabungan antara sepeda motor dan sepeda kayuh. Viar E-Cross benar-benar punya tampilan sangat simple. Dimana jika melihat data spesifikasi Viar E-Cross yang beredar, diketahui produk ini hanya punya dimensi 1870 x 780 x 1040 mm dengan bobot hanya sebesar 50 kg saja.

Spesifikasi Viar E Cross

Ringannya bobot motor listrik Viar E Cross sendiri tak lain karena pabrikan asal Semarang, Indonesia ini hanya menyematkan rangka saja tanpa adanya body dan juga imbuhan fairing atau apapun itu. Rangka digunakannya pun berbahan aluminium, tidak heran jika harga Viar E Cross mahal.

Masih dari sektor desain, Viar E Cross setidaknya punya ground clearance atau jarak terendah ke tanah sekitar 270 mm. Namun dengan mahalnya harga Viar E Cross, kalian jangan berharap akan dapat menggunakan Viar E Cross di jalan raya untuk bepergian ke kota-kota besar.

Kenapa? karena secara tampilan desain, Viar E-Cross sama sekali tidak dilengkapi adanya kelengkapan kendaraan layak jalan di jalur perkotaan. Spion, lapu utama, lampu rem dan lampu belok bahkan sama sekali tidak disematkan sedikitpun oleh Viar.

Dapur Pacu Motor Listrik Viar E Cross

Alasannya karena memang Viar E Cross benar-benar difokuskan untuk menjadi kendaraan off-road sangat nyaman digunakan. Oya, hampir saja lupa, Viar E-Cross juga hanya memiliki satu jok atau single seat yang bahkan dibuat rata dan tipis.

Geser ke bagian dapur pacu, sebanding harga Viar E Cross yang dirumorkan cukup mahal. Salah satu motor baru yang akan keluar di Indonesia dalam waktu dekat ini adalah motor listrik bukan kendaraan konvensional pada umumnya. Yah, sebagai kendaraan berbasis listrik tentu saja dapur pacu akan menggunakan dinamo.

Namun belum di ketahui jenis dan tipe dinamonya. Yang jelas dalam pemasarannya, Viar menawarkan dalam dua model yakni Viar E Cross Advance dan Viar E Cross Lite. Untuk versi Adventure mengusung baterai 60 Volt/32 Ampere sementara versi Lite 48 Volt/25 Ampere.

Suspensi Kaki Kaki Viar E Cross

Dalam kondisi penuh, diketahui Viar E Cross mampu melaju dengan kecepatan maksimal 45 km / jam. Dan baterai akan dapat di isi hingga penuh dalam waktu 2-3 jam. Jarak tempuh maksimal bisa di jangkau sekiar 100 km.

Untuk membuat laju Viar E Cross semakin responsif. Sisi depan sudah disertakan suspensi upside down sementara di sisi belakang memakai suspensi monoshock. Kedua jenis suspensi tersebut sudah terintegrasi langsung dengan ban kotak berukuran 70/100 R19.

Adapun sektor keamanan, kendaraan dengan harga mahal dari Viar ini sudah memakai rem dengan tipe cakram atau disk pada kedua sisinya. Hanya saja sematan fitur ABS (Anti-Lock Braking System) masih belum kita jumpai.

Fitur Unggulan Viar E Cross

Fitur Unggulan Viar E Cross

Sama halnya dengan beberapa sepeda motor Viar lainnya. Viar E Cross juga dilengkapi adanya usungan fitur unggulan siap membuat berkendara di medan off-road semakin asik. Dan jika bicara masalah fitur, berikut adalah beberapa fitur unggulan Viar E Cross.

  1. Sudah pasti punya bobot sangat ringan yakni hanya 50kg saja,
  2. Kemudian mampu dikendarai dengan medan kemiringan 35 – 45 derajat.
  3. Terdapat dua mode berkendara yakni standar dan sport.
  4. Terdapat layar berukuran kecil menampilkan laju kecepatan.

Harga Viar E Cross

Harga Viar E Cross

Dirumorkan akan segera dipasarkan pada bulan November mendatang, sampai dengan saat ini belum ada info resmi dari pihak Viar terkait banderol harga Viar E Cross.

Namun jika mengacu pada kabar berita yang ada, Viar E Cross sepertinya akan punya harga jual begitu mahal. Bahkan baik model Advance maupun Lite akan berada di angka Rp 50 juta rupiah.

Akhir Kata

Jika benar harga Viar E Cross tersebut, setidaknya mahalnya harga Viar E Cross akan lebih mahal dari harga motor listrik Solaris. Namun benar tidaknya mari kita tunggu kabar selanjutnya dari Viar terkait Viar E Cross tersebut.

Harga Viar E Cross

IDR 50000000
9.3

Performa

9.5/10

Eksterior

9.6/10

Interior

8.5/10

Keamanan

9.4/10

Kenyamanan

9.4/10

Kelebihan

  • Desain Simple & Minimalis
  • Bobot Ringan
  • Suspensi Empuk

Kekurangan

  • Harga Tergolong Mahal
Advertisements
Tags: , , ,