24 Perbedaan Mobil Matic dan Manual & Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Mobil Matic dan Manual – Untuk saat ini mobil masih menjadi pilihan transportasi yang cukup banyak di jadikan pilihan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia karena dianggap mampu memberikan rasa nyaman dan aman yang lebih tinggi dibandingkan dengan motor yang mungkin tidak bisa memberikan perlindungan setiap penggunanya dari terpaan angin, hujan, dan juga teriknya panas matahari.

Bahkan tidak hanya sampai disitu, semakin hari kualitas mobil yang ditawarkan setiap pabrikan otomotif juga semakin meningkat, tidak bukan hanya dari segi tampilan, kebanyakan mobil keluaran terbaru saat ini juga sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas dan juga fitur serta teknologi yang semakin maju dan canggih. Maka tidak heran apabila harga mobil yang ada saat ini juga lebih mahal bila di bandingkan dengan harga mobil dulu.

Salah satu hal yang bisa dibilang cukup menarik dari perkembangan industri mobil saat ini adalah terdapatnya dua jenis transmisi yang bisa kita pilih ketika ingin membeli sebuah mobil. Dua jenis tersebut adalah transmisi manual M/T dan juga transmisi automatic A/T atau otomatis. Jika kalian merasa masih kurang paham mengenai pengertian transmisi, silahkan simak informasi sebelumnya di otoflik yang membahas secara detail.

Jika kalian sudah memahami dari artikel sebelumnya, maka pada artikel terbaru otoflik kali ini kita akan membahas lebih mendetail dan lebih jelas mengenai perbedaan mobil matic dan manual yang semoga saja bisa menjadi informasi yang cukup bermanfaat bagi pembaca setia otoflik. Oke langsung saja simak beberapa perbedaan yang ada pada mobil matic dan mobil manual terlengkap berikut ini.

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

1. Sistem Transmisinya

Salah satu perbedaan mobil matic dan manual yang bisa di terawang dan paling mencolok adalah pada sistem perpindahan giginya. Yang dimana untuk mobil sistem transmisi manual perpindahan giginya jelas di lakukan secara umum dengan kita sebagai pengendara membutuhkan untuk menginjak kopling dan menggeser tuas perseneling untuk bis amenaikan atau menurunkan gigi transmisi.

Sedangkan pada mobil matic jelas perpindahan giginya dilakukan menggunakan alat yang dikelan dengan gearbox. Bahkan dengan tingginya peningkatan teknologi yang semakin maju sampai dengan saat ini, tercatat setidaknya saat ini sudah ada 6 jenis transmisi otomatis atau automatic yang umumnya digunakan para pabrikan otomtif untuk mobil yang mereka produksi. Ke-6 jenis transmisi otomatis tersebut antara lain:

  • Transmisi Otomatis

Sebelum mengenal perbedaan mobil matic dan manual secara mendetail kenali dulu yah jenis-jenis transmisi otomatis yang ada saat ini. Selain jenis diatas, ada pula jenis transmisi otomatis yang mana, umumnya jenis ini menggunakan 3 buah komponen yang penting yaitu Torque Converter, Planetary Gear Unit, serat Hydraulic Control Unit. Ketiga kompnen tersebut biasanya terendam dalam genangan oli atau lebil di kenal dengan nama ATF (Automatic Transmission Fluid).

Masih masuk kedalam golong transmisi otomatis konvensional, mobil yang masih menggunaan jenis transmis ini biasanya akan dapat di lihat dengan mudah salah satunya adalah tersedianya tuas perseneling yang sudah dilengkpai dengan tombol OD atau tombol pengunci yang merupakan tombol untuk memindahkan tuas perseneling tersebut dari posisi “P” atau Parkir. Jadi ketika kalian melihat jenis mobil dengan tuas perseneling yang memiliki tombol tentunya mobil tersebut masuk kedalam mobil dengan jenis transmisi otmatis ini.

  • Transmisi Semi Otomatis

Jenis transmisi otomatis yang satu ini merupakan jenis yang bisa dibilang masih mengkombinasikan perpindahan gigi secara manual dengan menggunakan tuas perseneleng akan tetapi pengemudi tidak di haruskan untuk menginjak atau menekan pedal kopling.

  • Double Clutch Gearbox
READ  Kick Starter Motor Matic Macet : Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Dan yang paling baru dari semua jenis transmisi otomatis yang ada yaitu jenis Double Clutch Gearbox. Jenis transmisi ini merupakan jenis transmisi yang mengunakan 2 buah tuas kopling yang sudah di atur oleh komputer, sehingga dalam perpindahan giginya akan jauh lebih terasa lebih halus. Bahkan bisa di katakan pula jika jenis transmisi ini memiliki tingkat akselerasi yang lebih baik di bandingkan dengan jenis transmisi manual yang sering kita gunakan saat ini.

  • Transmisi Otomatis Elektronik

Apabila anda sedang mencari perbedaan mobil matic dan manual, yang paling terasa lebih jelasnya adalah ketika kalian melihat jenis mobil mewah seperti BMW ataupun Mercedes, yang dimana mobil mewah seperti itu biasanya sudah menggunakan jenis transmisi otomatis elektronik. Meski sama seperti jenis transmisi otomatis yang kami jelaskan diatas, namun untuk jenis ini setiap pengguna akan dapat memindahkan gigi dengan menggunakan tuas perseneling atau tuas transmisi.

  • Sequential Manual

Jika anda memiliki budget yang lebih dan ingin merasakan sensasi menggunakan mobil dengan jenis transmisi Sequential Manual mungkin kalian bisa menjadikan jenis mobil BMW, Ferrari, Lamborghini, ataupun yang lainnya. Biasanya mobil-mobil kelas atas tersebut sudah menggunakan sistem transmisi jenis ini. Adapun prinsip kerja transmisi otomatis ini adalaah tetap bisa di operasikan dengan model manual dan juga bisa digunakan dengan model auto yang mengunakan bantukan komputer pada saat proses perpndahan giginya.

Dengan harga mobil yang lebih mahal dibandingkan tipe mobil lainnya, biasanya mobil dengan penggunaan sistem transmisi seperti ini akan mudah di kenali karena umumnya penggunaan jenis transmisi ini memberikan sebuah tuas perseneling dibawah lingkar kemudinya dan juga tidak dilengkapi adanya sebuah kopling. Penggunan transmisi ini memberikan akselerasi yang jauh lebih responsif hanya saja akan menimbulkan hentakan sehingga membuatnya masih kurang nyaman.

  • Continuosly Vatiable Transmission

Jika kalian menginginkan sistem transmisi yang tidak membuat hentakan, bisa mencoba jenis transmisi otomatis dari jenis Continuosly Vatiable Transmission. Pada jenis ini sistem transmisinya tidak menggunakan gigi melainkan menggunakan rasio belt saja. Sistem transmisi CVT ini memiliki respon ang lambat karena dalam prinsip kerjanya hanya menggunakan 1 buah gigi saja. Sedangkan dari sektor akselerasi jenis ini juga masuh jauh di bawah sistem transmisi manual.

2. Pengoperasiannya

Pengoperasian

Pengoperasian

Lalu perbedaan mobil matic dan manual selanjutnya juga bisa di lihat dari pengoperasiannya. Yang mana untuk mobil dengan sistem transmisi manual biasanya semua bagian tubuh dari kaki hingga tangan harus bekerja secara bersinanggungan. Kaki Kanan akan digunakan untuk menginjak rem dan juga gas sementara kaki kiri biasanya digunakan untuk menginjak pedal gas. Bahkan untuk mobil transmisi manual, tangan kiri pun harus selalu aktif karena digunakan untuk menggerakan tuas transmisi untuk memindahkan giginya.

Sementara untuk mobil jenis matic bisa dibilang jauh lebih mudah untuk di kendarai karena biasanya untuk kinerja kaki hanya membutuhkan kaki kanan saja. Yang mana kaki kanan tersebut akan bertugas untuk menginjak pedal gas dan juga pedal rem. Selain itu tangan kirinya pun akan jauh lebih terasa lebih leluasa untuk melakukan kegiatan lain karena memang hapir jangan digunakan meski pada saat proses pemindahan gigi sekalipun. Dengan adanya penjelasan ini mungkin kalian akan sedikit paham perbedaan mobil matic dan manual.

3. Segi Bahan Bakar

Selanjutnya jika di lihat dari segi penggunaan bahan bakar juga berbeda. Yang dimana umumnya mobil dengan jenis transmisi matic akan lebih boros apabila kita bandingkan dengan jenis mobil manual. Menjadi salah satu perbedaan mobil matic dan manual yang paling menonjol, namun terkadang tetap masih banyak orang yang menjadikan mobil matic sebagai pilihannya, karena dianggal lebih simple dalam penggunannya. Boronys penggnaan bahan bakar tersebut dikarenakan penggunaan mesin yang jauh lebih berat dan juga putaran mesin mobil matic juga tidak bisa di atur.

READ  Fungsi Kiprok Motor : Kendala dan Cara Memperbaikinya

4. Kenyamanan Berkendara

Perbedaan mobil matic dan manual yang selanjutnya juga bisa terlihat dari segi kenyamanannya. Seperti diatas kami banyak sampaikan, dalam penggunannya mobil matic lebih bisa dikatakan nyaman karena memang dalam pengoperasiannya kita sebagai pengmudi tidak harus memikirkan perpindahan gigi transmisi karena memang sudah didesain untuk bekerja secara otomatis mengikuti rpm mesin dan juga beban.

5. Perawatan

Jika dilihat dari segi perawatan, mungkin kami katakan masih lebih unggul mobil dengan transmisi manual karena dalam hal ini biaya perawatan yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan banyak. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan jenis mobil matic yang menggunakan sistem transmisi otomatis. Hal ini jelas karena harga kopling dan juga harga spearpart ataupun komponen-komponen lainnya lebih mahal.

Disamping itu setiap kali mobil matic menempuh jarak 50.000 km juga harus di lakukan pergaian plat. Perbedaan mobil matic dan manual yang satu ini mungkin tidak akan menjadi masalah bagi mereka yang memang mempunyai penghasilan diatas rata-rata.

6. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan

Melihat perbedaan mobil matic dan manual yang sudah kami sampaikan diatas, memang tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan pada tiap-tiap jenis mobil tersebut, maka dari itu simak juga beberapa kelebihan dan kekurangan mobil matic dan mobil manual berikut ini.

  • Kelebihan Mobil Manual:
  1. Jelas mobil jenis ini mampu menawarkan akselerasi yang lebih baik
  2. Memiliki kenyamanan yang lebih karena bisa di sesuakan dengan keinginan setiap pengemudinya
  3. Jelas jauh lebih irit dalam penggunaan bahan bakarnya
  4. Biaya perawatan pun jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil matic
  • Kekurangan Mobil Manual:
  1. Untuk para pemula yang baru saja dan sedang belajar mengemudi mobil harus benar-benar hafal pedal rem, kopling dan gas
  2. Bisa dikatakan pengemudi juga akan lebih cepat lelah
  3. Kurang nyaman ketika digunakan saat berkendara, terkecuali bagi mereka yang menginginkan sensasi dalam berkendara
  • Kelebihan Mobil Matic:
  1. Pengoperasiannya lebih nyaman dan lebih praktis yang akan membuat setiap pengendara tidak mudah lelah dan capek
  2. Akan lebih mudah di kendarai meskipun anda merupakan pengguna mobil baru yang masih dalam tahapan belajar
  3. Jauh lebih bisa di andalkan jika di kendarai di jalanan yang rawan macet
  4. Masih memiliki harga jual yang tinggi meskipun statusnya merupakan mobil bekas
  • Kekurangan Mobil Matic:
  1. Salah satu yang menjadi kekurangan mobil matic adalah harga beli yang masih cukup tinggi saat ini
  2. Jika anda mencari perbedaan mobil matic dan manual, tentu saja mobil matic masih kurang akselerasinya bila di gunakan di jalanan yang menanjak bila dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual
  3. Mobil matic juga tidak memiliki engine brake sehingga kita sebagai pengguna harus lebih berhati-hati saat menggunakan rem terlebih lagi disaat berada di jalanan yang menurun
  4. Boros dalam pemakaian bahan bakarnya
  5. Masih sedikit teknisi yang memahami sistem kerja transmisi matic atau otomatis ini
  6. Jangan sampai telat untuk masalah perawatan mobil
  7. Lebih sering diperlukan pergantian oli transmisi

Nah itulah kiranya beberapa perbedaan mobil matic dan manual serta kelebihan dan kekurangan mobil matic yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menjadi referensi yang cukup bermanfaat dan bisa menjadi media pembelajaran kita semua.

Tags: , ,