7 Perbedaan SPBU Merah dan Biru Wajib Kamu Tahu!

Perbedaan SPBU Merah dan Biru – Menjadi salah satu penguasa pasar di Indonesia untuk kebutuhan bahan bakar kendaraan bermotor. SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum saat ini sudah begitu menjamur dan mudah kita temui di tepi-tepi jalan raya di hampir seluruh Indonesia.

Advertisements

Tentu sebagian besar pengguna kendaraan bermotor baik untuk jenis motor maupun JENIS MOBIL sudah pasti pernah mampir dan melakukan pengisian bahan bakar. Hampir mustahil jika ada yang belum melakukan hal tersebut, apalagi hampir semua kendaraan bermotor pun memiliki bahan bakar sama.

SPBU sendiri merupakan fasilitas publik dari PT Pertamina Indonesia dan sudah lama menjadi perusahaan pengadaan bahan bakar kendaraan bermotor di Indonesia. Selama perjalanannya memberi kelengkapan kebutuhan bahan bakar, Pertamina terus memperbarui kualitas mereka.

Advertisements

Bahkan sadar tidak sadar sampai dengan saat ini PT Pertamina telah memiliki dua jenis SPBU yang mungkin kerap kita jumpai. Kedua jenis stasiun pengisian bahan bakar umum tersebut yakni SPBU warna Merah dan juga SPBU warna Biru. Kami yakin tentu hampir semua pengguna pernah menjumpainya.

Daftar Perbedaan SPBU Merah dan Biru Terlengkap

Namun apakah kalian tahu apa perbedaan SPBU merah dan biru ini?. Nah menyangkut masalah tersebut, sepertinya masih banyak pengguna kendaraan masih belum tahu apa perbedaan antara SPBU merah dan juga biru. Oleh karena itu disini akan otoflik jelaskan agar kalian tahu secara rinci.

Perbedaan SPBU Merah dan Biru

Jika ditanya apa beda SPBU warna merah dan juga warna biru, sebenarnya terdapat cukup banyak perbedaan yang bisa kita ketahui. Nah berikut ini adalah beberapa daftar perbedaan yang ada pada jenis stasiun pengisian bahan bakar umum PT Pertamina.

1. Jumlah

Jumlah Titip SPBU

Perbedaan pertama ada pada jumlah titik SPBU di Indonesia. Dimana seperti kita ketahui bersama, jumlah titik pengisian bahan bakar kendaraan yang ada di hampir seluruh Indonesia rata-rata merupakan SPBU warna merah.

READ  17 Komponen Power Window Mobil : Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja

Sementara untuk SPBU warna biru sendiri jumlahnya mungkin masih bisa dihitung karena memang belum terlalu banyak. Jadi point pertama perbedaan SPBU merah dan biru ada pada jumlah keberadaan titik yang tersebar di wilayah Indonesia.

2. Tampilan Fisik

Tampilan Fisik

Kemudian perbedaan juga bisa kita lihat dari tampilan fisik. yah jelas lah. Meski terlihat jelas, namun hal ini terkadang masih belum dipahami banyak orang. Jadi pada tampilan fisik, SPBU warna biru memiliki totem atau papan berwarna biru.

Sementara SPBU warna merah sudah pasti memiliki totem / papan warna merah. Tidak hanya itu saja, perbedaan fisik juga terlihat jelas pada tiang-tiang di bagian pusat pengisian bahan bakar, dimana setiap tiang yang ada selalu memiliki warna dasar serupa dengan totem/papan harga.

3. Penamaan (Nama)

Penamaan atau Nama

Advertisements

Lalu ada juga perbedaan dari penamaan atau nama dimilikinya. Dimana jika SPBU berwarna merah memiliki nama SPBU Pertamina Pasti Pas. Sedangkan untuk SPBU warna biru memiliki nama SPBU Pertamina Pasti Prima.

Dari sini jelas bahwa SPBU ingin membedakan dan memberikan pelayanan berbeda untuk kedua jenis SPBU tersebut. Jadi pahami betul apa saja perbedaan yang ada di kedua stasiun pengisian bahan bakar ini agar tidak salah dalam pengartianya yah.

4. Fasilitas

Fasilitas

Paling mencolok jika ditanya apa sih perbedaan SPBU merah dan biru yakni terletak pada sektor fasilitas pelayanan yang diberikan. Mungkin kalian pernah menganggap bahwa pelayanan di SPBU merah sudah lengkap. Namun nyatanya SPBU biru jauh lebih lengkap.

Jika di SPBU merah hanya memiliki fasilitas umum seperti  toilet, tempat ibadah, tempat isi angin, serta ada pula beberapa minimarket. Namun tidak dengan SPBU biru. Selain memiliki semua fasilitas SPBU merah, SPBU biru memiliki tambahan lain seperti adanya:

  1. Kafe untuk bersantai dan beristirahat
  2. Gerai ATM
  3. Bengkel
  4. Tenant makanan
  5. Jasa cuci kendaraan
  6. Penjualan pelumas dan gas elpiji
  7. Nitrogen
  8. Serta restoran cepat saji
READ  √ Ukuran Celah Busi Motor Mobil Standar & Efek GAP Tidak Tepat !

Semua layanan tambahan yang dimiliki SPBU biru Pasti Prima tersebut diberi nama non-fuel retail. Karena tujuan awal dibangunnya SPBU ini untuk membuat kesan dinamis lebih terasa mengingat PT Pertamina juga ingin memberi kelonggaran pihak swasta untuk membuka bisnis lewat PT Pertamina Retail.

5. Kelir Dispenser

Kelir Dispenser

Apa itu kelir dispenser pada SPBU? kelir dispenser merupakan ujung atau kran utama yang akan terhubung langsung dengan tangki bahan bakar pada kendaraan.

Dimana, untuk Pertamina Pasti Pas umumnya mengenakan kelir dispenser berwarna hitam. Sementara untuk Pertamina Pasti Prima akan selalu memiliki kelir dispenser nozzle berwarna hijau.

6. Seragam Operator

Seragam Operator

Warna seragam operator SPBU merah dan biru juga menjadi point penting jika kalian tanya apa perbedaan SPBU merah dan biru yang ada di tanah air. Kenapa, karena seperti kita ketahui seragam operator SPBU Pasti Pas tentu akan memakai warna merah sebagai ciri khasnya.

Sementara ciri khas seragam operator SPBU Pasti Prima akan mengkombinasikan warna merah serta abu-abu. Jadi  jika melihat operator SPBU menggunakan seragam yang mungkin cukup asing, bisa jadi itu merupakan petugas operator SPBU Pasti Prima.

7. Tahun Pendirian

Tahun Pendirian

Perbedaan SPBU merah dan biru terakhir yakni ada pada pendirian stasiun pengisian bahan bakar umum ini. Dimana jika kira merujuk pada situs resmi Pertamina, kita akan tahu bahwa SPBU Pasti Pas merupakan SPBU pertama yang lahir secara resmi pada tahun 2006 silam.

Sedangkan SPBU Pasti Prima merupakan hasil pengembangan dari SPBU Pasti Pas yang berhasil didirikan dan diperkenalkan mulai tahun 2015 lalu.

Akhir Kata

Jadi itulah kiranya beberapa perbedaan SPBU merah dan biru yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan serta jelaskan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah kami rangkum di atas bisa menjadi referensi serta memberi pemahaman terkait perbedaan di antara kedua SPBU tersebut.

Advertisements

Tags: , , , ,