6 Perbedaan Oli MPX dan SPX Milik AHM yang Wajib Kalian Tahu!

Perbedaan Oli MPX dan SPX – Jika dilihat dari sisi fungsi dan kegunaan, memang hampir semua oli memiliki kesamaan yakni sebagai pelumas mesin kendaraan agar dapat bekerja dengan maksimal. Yah itu memang hal mendasar yang harus kita ketahui tentang oli mesin.

Advertisements

Namun jika dilihat secara detail dan jelas, ternyata setiap merk dan tipe oli mesin memiliki karakteristik serta perbedaan. Seperti contohnya oli mesin motor dari AHM (Astra Honda Motor) untuk jenis MPX dan SPX. Meski cukup laris manis di pasaran.

Akan tetapi masih ada beberapa dari pengguna yang belum tahu apa perbedaan oli MPX dan SPX dari AHM. Padahal mengetahui dengan pasti perbedaan-perbedaan yang ada bisa membuat kalian dapat menentukan pilihan jenis oli mesin paling baik untuk motor Honda kalian.

Advertisements

Jika ternyata kalian adalah salah satu dari sekian banyak pengguna oli MPX atau SPX yang belum tahu apa saja perbedaan dari kedua JENIS OLI MOTOR tersebut. Tidak perlu khawatir, karena seperti pada judul di atas.

Perbedaan Oli MPX dan SPX dari AHM Terlengkap

Pada kesempatan yang baik ini otoflik akan menjelaskan secara rinci dan detail apa saja kiranya perbedaan oli MPX dan SPX dari AHM. Untuk itu agar mendapatkan pemahaman lebih, langsung saja kita pelajari bersama penjelasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Oli AHM Oil

Jenis Jenis Oli AHM Oil

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan oli MPX dan SPX milik AHM. Mungkin ada dari kalian yang juga belum tahu bahwa oli MPX dan juga SPX pun memiliki beberapa jenis lagi. Nah jenis lain dari kedua oli tersebut yaitu:

  • Oli MPX 1 : Lebih diperuntukan bagi motor Honda yang punya presisi dan performa mesin tinggi.
  • Oli MPX 2 : Oli yang dibuat dan diformulasikan dengan performa lubrikasi terbaik agar dapat melindungi motor lebih irit tetapi tetap bertenaga.
  • Oli SPX 1 : Sebuah oli mesin motor yang dibuat dengan bahan dasar Fully Synthetic yang dapat menjaga kondisi mesin untuk keperluan performa tinggi.
  • Oli SPX 2 : Oli dengan bahan dasar Fully Synthetic extra superior yang dipakai untuk membuat motor Honda dengan tipe kopling kering lebih bertenaga.
READ  5 Jenis Transmisi Otomatis Pada Mobil & Penjelasan Lengkap 2021

Perbedaan Oli MPX dan SPX

Itulah penjelasan singkat terkait jenis oli MPX dan SPX milik AHM yang mungkin belum kalian ketahui. Setelah mengetahui jenis-jenis diatas, berikut ini adalah beberapa daftar perbedaan oli MPX dan SPX milik AHM Oil yang harus dan wajib kalian ketahui.

1. Penamaan (Nama)

Penamaan Nama

Perbedaan pertama antara oli MPX dan SPX yakni dari segi penamaan. Ya iya lah jelas berbeda, mungkin hal ini terdengar konyol. Namun sekarang kami tanya, apakah kalian paham dengan arti MPX dan SPX itu?. Jika sekedar kita dengar tentu penamaannya sudah jelas berbeda.

Namun jika dilihat dari makna atau artinya kedua nama oli tersebut jelas berbeda. Dimana untuk oli MPX sendiri singkatan dari Maximum Protection Expert sementara SPX  punya kepanjangan Superior Protection Expert.

Nah dari penamaan tersebut kita bisa simpulkan bahwa kualitas dan kuantitas oli SPX dibuat dengan lebih maksimal. Bahkan jika bisa dibilang, jauh lebih unggul dari oli MPX meskipun keduanya sama-sama diproduksi oleh AHM.

2. Kemasan

Kemasan

Perbedaan oli MPX dan SPX yang berikutnya wajib kalian ketahui dan pahami yakni dari segi kemasan. Yah selain dari segi penamaan, tampilan desain kemasan yang diberikan AHM untuk masing-masing tipe dan jenis oli MPX serta SPX benar-benar berbeda.

Advertisements

Adapun beberapa perbedaan tersebut dapat kalian ketahui dan lihat pada tabel perbedaan kemasan oli MPX dan SPX milik AHM berikut ini.

Tipe Oli AHMPerbedaan Kemasan
Oli MPX 1Warna kemasan Putih dengan tutup warna Merah
Oli MPX 2Warna kemasan Putih dengan tutup warna Biru
Oli MPX 2Warna kemasan Putih aksen biru dengan tutup warna Merah
Oli SPX 1Warna kemasan Oren dan tutup warna Merah
Oli SPX 2Warna kemasan Oren dengan tutup warna Biru

Dari perbedaan di atas jelas hampir semua jenis oli motor MPX dan SPX punya kemasan berbeda-beda. Dengan begitu kalian dapat menilai sendiri tipe oli dari kemasannya.

3. Takaran / Kapasitas

Takaran

Selain menawarkan perbedaan dari segi tampilan kemasan seperti di atas kami sampaikan. Ternyata oli MPX dan SPX milik AHM juga dipasarkan dengan ukuran kemasan atau kapasitas yang berbeda-beda. Nah berikut ini adalah perbedaan ukuran atau kapasitas takaran oli MPX dan SPX.

READ  65 Harga Oli Motul Samping Matic Motor & Mobil Murah Terbaru 2021
Tipe Oli AHMTakaran Kemasan
Oli  MPX 10.8 L, 1 L dan 1.2 L
Oli  MPX 20.8 L
Oli  MPX 30.8 L dan 1 L
Oli  SPX 10.8 L, 1 L dan 1.2 L
Oli  SPX 20.8 L

4. Bahan Baku Pembuatan

Bahan Baku Pembuatan

Selain perbedaan di atas, oli MPX dan SPX juga masih memiliki beberapa perbedaan lain yang mungkin tidak banyak diketahui para penggunannya. Perbedaan tersebut terdapat pada jenis bahan baku pembuatannya.

Dimana jika mengacu pada penjelasan tentang jenis – jenis oli AHM yang kami sebutkan diawal, maka bisa kita pahami bahwa oli MPX dibuat dengan menggunakan bahan baku mineral murni. Sedangkan oli SPX memakai bahan baku Full Sintetik.

5. Harga

Harga

Perbedaan oli MPX dan SPX milik AHM yang berikutnya yakni terdapat pada bagian harga jual pasarannya. Yah ini sudah pasti akan menjadi pembeda antara kedua jenis oli tersebut. Namun perbedaan dari sisi harga ini bisa dibilang tidak terpaut jauh antara MPX dan SPX.

Dimana dari pencarian informasi di toko online, diketahui jika oli MPX dipasarkan dengan kisaran Rp 37 – 60 ribu rupiah. Sementara untuk oli SPX dipasarkan dengan kisaran harga Rp 50 – 70 ribu rupiah. (perkiraan harga masih bisa berubah sewaktu-waktu).

6. Peruntukan / Pemakaian

Pemakaian

Dan perbedaan terakhir antara oli MPX dan SPX dari AHM Oil yakni terdapat pada peruntukan atau pada jenis motor yang memakainya. Lantas seperti apa perbedaan peruntukan pemakaiannya tersebut ?.

  1. SPX 1, MPX 1 (10W-30) dan MPX 3 (20W-40) lebih diperuntukan untuk motor dengan jenis kopling basah baik manual ataupun semi otomatis layaknya pada Honda Supra X, Honda CBR 15 dan juga lainnya.
  2. SPX 2 dan MPX 2 dengan kekentalan 10W-30 lebih diperuntukan untuk jenis motor kopling kering termasuk di antara motor matic seperti Honda Beat, Vario dan lainnya.

Akhir Kata

Itu dia beberapa perbedaan oli MPX dan SPX yang dapat otoflik.com sampaikan serta jelaskan di kesempatan baik ini. Semoga apa yang sudah kami rangkum di atas bisa menjadi referensi dan bisa memberi pemahaman lebih pada flikermania.

Advertisements

Tags: , , , , , ,