5 Perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS 2020 Terlengkap

Perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS – Ada banyak sekali tipe sepeda motor matik yang dimiliki oleh pabrikan motor Honda. Kebanyakan motor matik milik PT Astra Honda Motor dirilis dan dipaskan dengan beberapa varian berbeda. Hal tersebut diperuntukan agar para konsumen dapat memilih sesuai dengan selera dan juga kemampuan finansial.

Pasalnya perbedaan tipe dan varian pada motor matic Honda akan sangat berpengaruh terhadap harga jual yang ditawarkan. Contohnya ada pada motor matic Honda Beat. Dimana sepeda motor matik yang dipasarkan untuk mengisi pasar di segmen mengengah ini memiliki beberapa varian seperti Honda Beat CBS dan Honda Beat CBS ISS.

Meski sepintas dua varian tersebut mempunyai tampilan atau desain yang serupa. Akan tetapi jika di teliti lebih dalam, ada beberapa perbedaaan Honda Beat CBS dan CBS ISS. Bagi sebagian besar orang, terutama orang awam yang baru ingin membeli motor, mungkin tidak akan paham dengan perbedaan tersebut.

Ini mengingat beberapa perbedaan yang ada tidak terlalu mencolok. Namun akan sangat terasa pada faktor harga jualnya. Lantas apa saja sih perbedaan pada kedua varian tipe motor Honda Beat selain dari sektor harga? Untuk mengetahui daftar perbedaan tersebut, silahkan simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS  Terlengkap

Perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS Terlengkap

Jika dilihat dari desain, mungkin perbedaan tidak akan ketara. Karena dua motor ini hampir memiliki desain yang sama. Begitu juga dengan performa mesinnya, karena Honda membuat Beat CBS dan CBS ISS dengan bekalan mesin 110cc dengan tipe mesin 4 langkah SOHC berteknologi eSP. Berikut adalah beberapa daftar perbedaan honda Beat CBS dan CBS ISS.

READ  Honda CRF 150L Harga, Spek, Review, Warna & Promo

1. Harga Honda Beat

Harga Honda Beat

Hampir sama seperti perbedaan PCX ABS dan CBS yang sudah kami rangkum sebelumnya. Perbedaan paling mendasar dari Beat CBS dan CBS ISS adalah harga jual yang ditawarkan PT AHM (Astra Honda Motor) kepada masyarakat Indonesia.

Dimana harga pasaran untuk OTR Jakarta dibandrol sebesar Rp 16.450.000 untuk varian CBS, dan Rp 17.150.000 untuk varian CBS ISS. Dari dua harga tersebut, kita bisa melihat bahwa selisih yang bisa didapat sekitar Rp 700.000 ribu rupiah.

2. Pilihan Warna

Pilihan Warna Honda Beat

Selain harga, perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS berikutnya yang bisa dilihat secara kasat mata adalah pilihan warna. Yah, warna pada setiap varian Honda Beat sengaja di bedakan oleh pihak produsen agar mempermudah calon pembeli bisa membedakannya dengan mudah.

Pada varian Beat CBS, kalian akan mendapatkan opsi pilihan warna Techno Blue White, Funk Red Black, Hard Rock Black, serta Dance White. Sementara pada CBS ISS memiliki pilihan warna Garage Black, Electro Blue, Fusion Magenta Black, Deluxe Black, dan Deluxe Silver.

3. Fitur

Fitur Idling Stop System ISS

Dengan harga jual yang memiliki selisih, tentu saja ada beberapa perbedaan lain yang bisa didapat setiap konsumen. Salah satunya datang dari segi fitur terutama apada fitur ISS atau (Idling Stop System). Hanya varian CBS ISS saja yang memiliki fitur tersebut lengkap denga sistem pengereman berteknologi CBS (C0mbi Brake System).

Sementara pada versi CBS, kalian tidak akan mendapatkan fitur ISS (Idling Stop System) tersebut. Melainkan hanya mendapatkan fitur Combi Brake System pada sistem pengeremannya. Nah ISS sendiri merupakan teknologi yang akan mematikan mesin secara otomatis ketika berhenti lebih dari 3 detik. Untuk menghidupkannya kalian hanya perlu menarik tuas gas saja.

READ  3 Merk Coating Mobil Terbaik Termurah dan Berkualitas

4. Berat atau Bobot

Botot Atau Berat

Jika dilihat dari segi desain dan dimensi, memang kedua varian tersebut tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok. Dimana desain keduanya sam dibuat sama persis. Bahkan dari segi dimensi pun masih sama yaitu 1.877 x 669 x 1.074 mm.

Namun dari segi bobot atau berat, PT AHM sebagai produsen pembuat motor matik Honda Beat ini membedakannya dengan bobot lebih berat pada versi CBS ISS yaitu sekitar 90 kg. Sedangkan untuk varian Beat CBS hanya seberat 89 kg. Atau dengan kata lain selisih bobot kedua varian ini hanya 1 kg.

5. Tipe Baterai atau Aki

Tipe Baterai Aki

Menjadi piranti yang sangat penting pada sebuah motor matic, Aki, Accu atau baterai memang di tempatkan pada bagian yang tidak mudah untuk dilihat. Karena secara fungsi, baterai pada sepeda motor Beat hanya digunakan untuk penyuplai arus listrik untuk kebutuhan penerangan dan saat pertama kali menghidupkan Motor Starter diawal agar mesin dapat hidup.

Namun tahukah kalian, bahwa selain perbedaan diatas. Honda membuat motor Beat CBS dan CBS ISS dengan tipe baterai atau aki berbeda. Hal ini bisa dilihat dari kode baterainya. Untuk Beat CBS memakai tipe 12V-3Ah sedangkan untuk varian CBS ISS memakai bateraibertipe 12V-5Ah.

Dengan mengetahui beberapa perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS seperti diatas otoflik sampaikan. Tentu kini kalian akan dapat menentukan pilihan varian Beat sesuai dengan kebutuhan dengan mudah.

Meski dari beberapa perbedaan diatas tidak terlalu mempengaruhi performa, namun ada beberapa fitur yang tidak akan bisa kalian dapatkan pada salah satu varian. Fitur tersebut adalah ISS atau Idling Stop System. Jadi silahkan tentukan pilihan sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan juga pastinya kondisi keuangan kalian.

Tags: , , ,